Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis

Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis - Saat ini instagram menjadi salah satu sosial media yang paling di gemari oleh anak muda jaman sekarang. Dahulu sosial media hanya digunakan untuk sarana komunikasi saja. Tetapi sekarang sosmed beralih dari tujuan utama nya, sekarang sosial media sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Sehingga hal inilah yang menjadi daya tarik sosmed untuk melengkapi kebiasaan di era modern yang serba cepat serta canggih ini.

Instagram merupakan salah satu sosial media yang memiliki tingkat penggunaan yang sangat tinggi, baik itu para artis, bangsawan, pejabat, hingga seluruh masyarakat di dunia ini. Dengan semakin canggihnya teknologi di era global ini, rasanya tidak akan puas jika tidak ada hiburan dan komunikasi. Nah dengan inilah instagram memiliki fungsi dan manfaat untuk orang-orang. Karena dengan instagram lah orang-orang dapat membagikan foto-foto hingga video ke belahan dunia ini.

Selain memiliki manfaat dalam sarana hiburan dan komunikasi, instagram juga bisa digunakan untuk sarana berbisnis lho. Mirip dengan layanan yang disediakan oleh Facebook yakni terdapat sarana untuk pengiklanan dengan perantara fanspage yang dinamakan Fb ads, pihak instagram juga telah menyediakan fitur yang hampir sama yakni kamu dapat berganti akun instagram menjadi profil bisnis. Jika sebelumnya di profil instagram biasa hanya terdapat pilihan menu sunting profil, lain halnya dengan akun bisnis.

Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis

Profil Bisnis Instagram adalah sebuah fitur atau alat yang diluncurkan Instagram beberapa waktu yang lalu dan bermanfaat membuat toko online kamu laris manis. Profil bisnis Instagram membuat calon konsumen atau calon pelanggan kamu di jangkau dengan lebih baik, dan membuat profil bisnis akun Instagram kamu lebih tepercaya, dah hasilnya dagangan kamu akan lebih cepat laku.

Fitur baru Instagram ini tersedia gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin akun Instagram nya dikenal sebagai akun bisnis dan bukan sebagai akun pribadi. Fitur ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan atau calon konsumen kamu.

Bila akun pribadi kamu atau akun toko online kamu sudah kamu ubah ke akun bisnis (Profil Bisnis), nantinya kamu bisa mengakses beberapa tombol atau alat bisnis yang mendukung toko online kamu bisa laris manis.

Didalam akun bisnis, menu yang ada akan bertambah menjadi lebih banyak. Dengan mengubah profil Instagram milikmu menjadi akun bisnis akan sekaligus menambahkan fitur baru seperti email, nomor telepon, lokasi, penunjuk arah hingga pekerjaan di bio atau profil instagram milikmu. Cara ini akan membuat profil instagram mu menjadi lebih menarik dan akan terlihat seperti tokoh publik di Instagram. Dan tentunya akan membuat akun instagram milikmu bisa digunakan untuk sarana berbisnis. Fitur yang dimiliki instagram ini juga telah menyediakan sarana periklanan. Yang nantinya bisa digunakan untuk mempromosikan hingga mengembangkan bisnis yang tengah kamu jalani.
Baca Juga : Cara Private Akun Instagram di Android Terbaru
Selain berguna untuk sarana berbisnis, cara yang saya bagikan ini memiliki manfaat lainnya lho, seperti halnya dibawah ini.
  1. Dengan menerapkan cara ini akan bisa membuat profil instagram milikmu menjadi lebih menarik dan unik. Kenapa bisa? Karena dengan menerapkan cara ini akan secara otomatis menambahkan tombol kontak, nomor telepon, email, lokasi atau alamat, pekerjaan hingga penunjuk arah menuju alamat rumah atau bisnis yang sedang kamu kelola yang letaknya di bio atau profil instagram milikmu.
  2. Dengan cara ini akan memudahkan usaha atau bisnis mu berjalan, karena akan memunculkan tombol kontak di profil ig milikmu. Sehingga pengunjung atau pelangganmu bisa menghubungi kamu dengan mudah, dan pelanggan mu bisa dengan mudah bertanya-tanya atau berkonsultasi mengenai barang atau bisnis yang sedang kamu kelola.Sekaligus bisa membuat pelangganmu senang dengan sikap kamu dalam menanggapi pertanyaan yang mereka tanyai.
  3. Memudahkan dalam mempromosikan produk atau bisnis yang kamu kelola, karena dengan memiliki fanspage di facebook dan sudah mengubah profil instagram milikmu menjadi akun bisnis, sehingga kamu dapat menggunakan fitur iklan yang telah disediakan oleh pihak Instagram.
  4. Dengan cara ini akan membuat para pengunjung yang datang di akunmu akan mengira bahwa kamu adalah tokoh publik atau orang terkenal.
  5. Dan sebagainya.

Untuk menggunakan fitur bisnis di Instagram, terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Apa saja syarat yang diberikan instagram untuk menggunakan fitur ini? Dibawah ini beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Untuk Membuat dan Mengubah Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis


1. Fanspage Facebook

Sebelum menggunakan fitur bisnis, kamu diharuskan untuk membuat dan terlebih dahulu memiliki fanspage Facebook. Fanspage fb sebagai syarat pertama untuk cara menambahkan tombol kontak di profil instagram atau untuk membuat akun bisnis di Instagram. Oleh karena nya jika kamu belum mempunyai fanspage, ada baiknya kamu buat terlebih dahulu fanspage facebook.

2. Akun Facebook

Sebelum membuat fanspage fb, kamu tidak bisa membuatnya jika belum atau tidak memiliki akun facebook. Karena akun facebook inilah merupakan syarat sebelum membuat fanspage. Oleh karena itu admin juga memasukan akun facebook adalah syarat untuk menambah tombol kontak di instagram. Nah untuk itu jika sobat sudah punya sobat bisa langsung melanjutkan ke langkah pembuatan fanspage, jika kalian belum punya, sobat harus membuat akun fb sebelum melanjutkan cara menggunakan akun bisnis di instagram.

3. Akun Instagram

Syarat ketiga ini adalah syarat yang mutlak, karena untuk mengganti dan menggunakan profil bisnis, diperlukan akun instagram terlebih dahulu.

4. Aplikasi Instagram

Untuk melanjutkan tutorial cara memunculkan contact di instagram ini, sayangnya sobat hanya bisa menggunakannya di aplikasi instagram saja, baik itu di sistem operasi Android ataupun iOS.

Nah setelah menyelesaikan syarat-syarat yang diperlukan, kalian bisa melanjutkan tutorial cara membuat dan mengganti profil Instagram menjadi akun bisnis dibawah ini.

Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis

Dengan mengubah profil instagram menjadi akun bisnis akan sangat membantumu dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang tengah kamu kelola. Untuk tutorial cara mengganti profil bisnis di Instagram, sobat bisa simak baik-baik tutorial nya dibawah ini.

1. Pertama-tama buka terlebih dahulu akun instagram milikmu, selanjutnya buka menu profil.

2. Selanjutnya tap opsi more atau ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas profil akun instagram milikmu.
Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis
3. Lalu scroll kebawah sampai menemukan pilihan menu Beralih ke Profil Bisnis, selanjutnya tap menu tersebut.
Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis
4. Maka secara otomatis akan muncul tampilan seperti dibawah, lalu pilih Lanjutkan.
Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis
5. Setelah itu sobat akan disuruh untuk menghubungkan akun instagram ke akun facebook yang sudah terdapat fanspage yang telah kamu buat tadi. Silahkan pilih Masuk Dengan Facebook. Silahkan log in dengan akun fb yang kamu punya, setelah itu pilih halaman atau fanspage yang akan kamu gunakan. Jika akunmu sudah pernah terhubung ke instagram, maka tampilan nya akan seperti dibawah. Selanjutnya tap Pilih Halaman.
Cara Menambahkan Tombol Kontak, Lokasi, Email, Penunjuk Arah, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat di Bio atau Profil IG ( Instagram )
6. Maka instagram akan meminta persetujuan terlebih dahulu untuk meminta izin kepada kamu. Lalu klik OK.
Cara Menambahkan Tombol Kontak, Lokasi, Email, Penunjuk Arah, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat di Bio atau Profil IG ( Instagram )
7. Selanjutnya isi data-data yang diperlukan untuk membuat dan mengganti profil dari akun Instagram milikmu ke akun bisnis. Proses atau cara ini nantinya akan ditampilkan pada bio atau profil akun mu, maka dari itu isilah data-data ini dengan jujur dan benar. Data yang diminta dan harus kamu isi seperti, alamat email, nomor telepon, dan alamat yang dapat di cari di Google Maps. Jika sudah silahkan klik tombol centang di pojok kanan atas.
Cara Menambahkan Tombol Kontak, Lokasi, Email, Penunjuk Arah, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat di Bio atau Profil IG ( Instagram )
8. Setelah itu tunggu loading sampai selesai, SELAMAT !!! Maka dengan ini kamu sudah bisa menggunakan fitur-fitur baru yang telah disediakan oleh pihak instagram untuk pengguna yang sudah mengubah akun nya menjadi profil bisnis. Dengan mengubah profil instagram mu menjadi akun bisnis akan terdapat fitur-fitur baru yang dapat kamu gunakan untuk sarana berbisnis, dan menjadikan dagangan mu laris manis. Kamu bisa lihat perbedaan tampilan dari yang semula sebelum akun dijadikan ke akun bisnis dengan tampilan sesudah dijadikan akun bisnis dengan gambar dibawah ini.
Cara Menambahkan Tombol Kontak, Lokasi, Email, Penunjuk Arah, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat di Bio atau Profil IG ( Instagram )
Untuk mengubah atau menggunakan akun bisnis di instagram ini, kamu tidak bisa menggunakan nya dalam kondisi private atau digembok. Jadi, jika kamu ingin tetap menyalakan fitur private yang disediakan instagram, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur ini. Sebaliknya pun sama, jika kamu ingin menggunakan profil bisnis di Instagram ini, kamu harus menonaktifkan fitur private.
Demikianlah artikel kali ini dari saya tentang cara mengubah akun pribadi menjadi akun profil bisnis di Instagram, semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mencari tempat untuk memperkenalkan serta mempromosikan produk atau bisnis yang sedang kamu kelola. Dan semoga dengan artikel Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis ini, bisa membuat profil instagram milikmu menjadi lebih menarik.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

2 komentar untuk "Cara Membuat dan Mengganti Profil Instagram Menjadi Akun Bisnis"

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam