Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TG yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna

Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna
Pemasangan tg yang kurang rapi, semisal ada bagian yang tidak presisi, tidak menutup sempurna seperti meninggalkan gelembung, tentu hal ini membuat rasa yang tidak nyaman dan kurang enak dilihat bagi pemakai. Apalagi kalau dibawa keluar rumah atau dikeramaian.

Memang dari kebanyakan tempered glass bila dipasang dilayar 2.5D, yang pada pinggirannya melengkung diponsel kebanyakan sekarang sering meninggalkan gelembung bila pemasangannya yang kurang tepat dan belum ahli. Faktor lain bisa juga karena membeli tempered glass murah.

Mengingat betapa pentingnya tempered glass saat ini, terutama pada smartphone saat ini yang banyak mengusung desain fullview atau layar penuh. Sehingga bentang layar yang semakin luas dan bezel yang semakin tipis. Hal ini tentu akan beresiko bilamana ponsel tidak sengaja terjatuh dan terpentok benda keras dan mengenai layar. Biasanya akan menimbulkan retak atau bahkan pecah dan lcd perlu diganti karena sentuhan layar tidak lagi berfungsi.

Namun berkat adanya tempered glass, dampak yang bisa ditimbulkan dapat terminimalisir. Semisal jatuh pun, kerusakan lebih sedikit dan hanya tg-nya saja yang pecah.

Seperti kejadian kemarin yang saya alami, saat admin sedang memasang tg diponsel pribadi saya, kebetulan saya memakai Samsung A3 2016. Tau sendiri kan hp itu sudah jadul! :v

Namun dari pertama kali pemakaian belum pernah saya pasangin tg, beruntungnya, walau jatuh berkali-kali, mulai dari atas meja, kasur belum pernah terjadi kasus layar pecah dan backcover yang terbuat dari kaca untung tidak pecah. Dan selama pemakaian, layarnya belum terlihat ada goresan. Wajar aja sih, meski hp tergolong sudah keluaran lama, ada pelindung gorilla glass 4.

Entah mengapa lalu saya perpikiran untuk membelikannya tempered glass, dan akhirnya kemarin tepatnya pada tanggal 14 Juni 2019 saya pasangi pelindung dilayar. Takutnya nanti malah pecah kan repot, tau sendiri kan harga layar panel sAmoled nya Samsung bikin kantong jebol. Heheheh

Tempered glass sudah saya pesan 5 hari lalu. Saya beli yang murahan ya dengan harga Rp. 9000, dan baru sampai kemarin lewat toko online laz*da yang diantar oleh kurir. Ketika sampai, kemudian langsung saya pasang sendiri dirumah. Dan ternyata terdapat gelembung-gelembung dibagian pinggir anti gores ini. 

Dengan beberapa trik rahasia, akhirnya bagian yang mengganggu ini bisa teratasi dengan segera.
Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna
Tidak ada lagi yang bergelembung
Kembali ke topik pembahasan,

Bila tempered glass sudah kalian pasang, kalian sudah lap dengan kain pada bagian yang bergelembung, namun tetap saja belum ilang. Pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tips dan trik cara mengatasi permukaan tempered glass yang kurang presisi dan tidak menempel sempurna.

Caranya pun cukup mudah dan alat yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapat. Untuk itu teman-teman bisa simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna di Pinggir


Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu :
Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna
  • Minyak goreng, kita hanya butuh sedikit saja dan minyak yang digunakan masih baru ya, yang belum terpakai. Alternatif lain bisa juga menggunakan baby oil.
  • Cotton Buds/korekan kuping
  • Lap/kain/tissue
  • Hp yang sudah dipasang tg.

Bila alat dan bahan sudah siap, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama celupkan cotton buds ke minyak goreng, goyang-goyangkan supaya minyak yang didapat sedikit. Hal ini supaya minyak tidak melebar kemana-mana.
    Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna
  2. Masukkan minyak dengan cotton buds kedalam tempered glass yang kurang menempel secara perlahan dan hati-hati, jangan sampai mengenai lubang speaker, celah bezel, tombol home atau lainnya.
    Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna
  3. Jika sudah kalian olesi bagian yang dirasa bergelembung, selanjutnya kalian lap dan gosok-gosok dengan tisu atau kain yang sudah kalian siapkan sampai benar-benar hilang gelembung dipinggiran tg, dan lap juga sisa-sisa minyak yang masih ada.
  4. Selesai, silahkan kalian amati apakah tg sudah rapi dan presisi atau belum. Ulangi langkah sampai semua bagian yang bergelembung hilang.

Teman-teman juga bisa menggunakan lem tempered glass khusus 2.5D bila kalian mau, yang bisa kalian jumpai ditoko pasaran.

Nah berikut kalian bisa lihat hasil yang admin dapat dengan menerapkan trik ini dihp saya.
Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna

Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna

Perbedaan sebelum dan sesudah,
Cara Mengatasi Tempered Glass yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna

Cukup rapi bukan? Itulah tadi tutorial dari saya cara mengatasi tempered glass yang bergelembung dan kurang rapi dipinggiran yang dapat kalian coba. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

14 komentar untuk "Cara Mengatasi TG yang Bergelembung atau Tidak Menempel Sempurna"

  1. Terimakasih, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. TG yang bergelembung bisa membuat hp kita terasa kurang nyaman saat digunakan, terutama saat main game biasanya layar sentuh kurang sensitif akibat hal tersebut. tapi untungnya artikel ini memberikan solusi untuk mengatasinya.

    BalasHapus
  3. nice info gan...
    thanks ya...
    ohiya jangan lupa kunjungi juga
    https://clouddark.xyz/2020/02/20/cara-dapat-nomor-hp-luar-negeri-untuk-daftar-whatsapp-telegram-line-dan-bbm/

    BalasHapus
  4. terimakasih triknya, nanti di coba di rumah

    BalasHapus
  5. Wah ini dia info yang saya cari-cari. Nanti segera saya coba ya. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Mantap sekali kak. Bener2 ilang gelembungnya. Thanks infonya, bermanfaat sekali. Lanjutkan.

    BalasHapus
  7. tested and work.. thanks very muh

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam