Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Oppo yang Selalu Masuk ColorOS Recovery

Pada Smartphone Oppo, antarmuka yang digunakan sendiri bernama Color OS. UI ini memiliki kelebihan, diantaranya tampilan yang cantik, dan kaya akan fitur.

Apa Itu ColorOs Recovery Mode?

Biasanya recovery mode pada Hp Oppo, tidak hanya Oppo sih, namun hampir semua Hp Android, digunakan untuk mengatasi masalah apabila Android mengalami malfungsi pada beberapa kasus tertentu, sehingga mengakibatkan ponsel tidak selalu berjalan mulus. Seperti pada percobaan root, memperbarui sistem yang gagal atau tidak selesai.

Namun sebenarnya ada fungsi lainnya yang sangat berguna, yaitu berguna untuk mematikan atau merestart ponsel, menghapus data, memeriksa disk, dan termasuk juga menginstal sistem apabila dibutuhkan.

Bagaimana Cara Mengakses Recovery Mode Hp Oppo

Pada Hp Oppo, untuk membuka ColorOS Recovery mode bisa dilakukan pada saat ponsel mati. Dengan cara menekan kombinasi tombol power dan volume down (bawah) secara bersamaan. Maka akan secara otomatis ditampilkan logo Oppo dan akan masuk pada recovery mode.

Namun pernahkah teman-teman sehagai pengguna Hp Oppo mengalami hal yang janggal, dimana selalu masuk pada recovery mode.
Cara Mengatasi Hp Oppo yang Selalu Masuk ColorOS Recovery
Sebenarnya masuk halaman recovery mode bukanlah sebuah masalah, namun disini permasalahannya adalah ketika mencoba keluar dari mode tersebut, maka tidak lama kemudian akan kembali lagi pada color os recovery.

Untuk error ini sendiri ada beberapa tipe Hp Oppo yang banyak mengalami hal serupa, seperti pada Oppo A37.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab akan hal ini, namun disini kami akan berikan 3 kemungkinan penyebab masalah ini dan akan kami berikan solusinya juga untuk teman-teman.

Dari penyebabnya, kami rangkum menjadi 3 poin seperti berikut ini.

Penyebab Selalu Masuk ColorOs Recovery pada Hp Oppo


  • Kemungkinan pertama yaitu adalah masalah software sistem. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan oleh tidak selesainya proses update, kesalahan saat mencoba membuka akses root, dan lain sebagainya.
  • Untuk dugaan yang kedua adalah masalah tersebut penyebabnya terletak pada tombol fisik pada perangkat. Namun sepertinya terletak pada tombol Volume down.(dugaan sementara). Kemungkinan rusaknya diakibatkan oleh hubungan arus pendek atau konsleting didalamnya. Sehingga mengakibatkan tombol volume menekan sendiri, dan ketika kita menekan tombol power, akan menyebabkan Hp mendeteksi adanya penginputan untuk membuka halaman recovery mode.
  • Dan untuk yang ketiga disebabkan oleh faktor yang belum diketahui pasti penyebabnya.

Nah setelah kita mengetahui beberapa kemungkinan penyebab masalah selalu masuk halaman recovery mode, kami akan berikan beberapa solusi berdasarkan faktor penyebab yang bisa saja terjadi.

Cara Mengatasi Selalu Masuk ColorOS Recovery Berdasarkan Faktor Software

Apabila hal tersebut disebabkan oleh kesalahan pada software, untuk memperbaikinya dengan cara hardreset, factory reset, ataupun menginstal ulang firmware alias dilakukannya flash ulang.

Perbedaan antara Hard reset, Factory reset, dan Flash Ulang:

  • Hard Reset: berarti mengembalikan pengaturan ponsel kedefault seperti pabrikan melalui mode recovery pada Hp.
  • Factory Reset: berarti mengembalikan ke pengaturan pabrik melalui menu Pengaturan ketika Hp masih hidup.
  • Flash Ulang: berarti melakukan penginstalan ulang software sistem dengan cara mendownload firmware sesuai tipe Hp yang kalian gunakan. Dan nantinya dilakukan penginstalan ulang atas firmware yang sudah kalian download melalui recovery mode.

Cara Hard Reset pada Hp Oppo

Nah karena factory reset sepertinya tidak memungkinkan, disini kita bisa melakukan hard reset. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu pada ColorOs recovery mode (Tekan dan tahan Tombol Power bersamaan dengan Tombol Volume Down).
  2. Apabila sudah berhasil masuk pada recovery mode. Pilih pada opsi bahasa Inggris/English, selanjutnya pilih pada Wipe data.
    Cara Mengatasi Selalu Masuk ColorOS Recovery Berdasarkan Faktor Software
  3. Pilih pada Wipe Data (keep SMS, Contacts, and Photos). Kemudian pilih OK
  4. Tunggu proses selesai. Pada langkah ini sudah sukses dilakukannya hard reset. Untuk mengaktifkan Hp, pilih Reebot, lalu klik OK.
    Cara Mengatasi Selalu Masuk ColorOS Recovery Berdasarkan Faktor Software
  5. Kita tunggu sebentar proses booting selesai, biasanya tidak membutuhkan waktu lama.

Sebelum dilakukannya hard reset, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, ditakutkan data pada ponsel akan hilang.

Cara Flash Ulang pada Hp Oppo

Sedangkan untuk melakukan penginstalan ulang sistem, kita perlu mendownload firmware terbaru sesuai dengan pabrikan ponsel dan seri Hp yang kalian gunakan. Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Awali dengan berdoa, dilanjutkan download terlebih dahulu firmware terbaru Hp Oppo kalian, dan sesuaikan dengan seri atau tipe yang benar. Untuk menemukannya bisa mengunjungi melalui website resmi Oppo. http://www.oppo.com/id/downloads/
  2. Selanjutnya apabila firmware sudah berhasil didownload, silahkan pindahkan pada penyimpanan Micro SD, dan pastikan diletakan tidak didalam folder alias pada bagian luar agar memudahkan dalam menemukannya.
  3. Masuk pada Recovery Mode (tekan dan tahan tombol power dan volume down).
  4. Apabila sudah berhasil masuk pada Color Os recovery mode, pilih bahasa Inggris (English).
  5. Langkah selanjutnya pilih pada Wipe cache dan data.
  6. Untuk proses instalasinya, kalian pilih saja instalasi from sd card dan selanjutnya tinggal cari firmware yang sudah berhasil kalian download tadi
  7. Tunggu prosesnya selesai, biasanya butuh waktu cukup lama.
  8. Apabila proses sudah selesai, dan flash ulang sudah berhasil dilakukan. Pilih Reboot untuk menghidupkan Hp Oppo.

Cara Memperbaiki Kerusakan pada Tombol Volume

Dan ternyata jika masalah tersebut bukan disebabkan oleh kegagalan pada sistem operasi. Apabila masalah tersebut terletak pada tombol volume yang mengalami kerusakan, sehingga tertekan sendiri meski tidak sedang digunakan. Nah langkah untuk memperbaikinya adalah dengan mencopot tombol volume down dan apabila diperlukan bisa dengan mengganti dengan tombol volume yang baru. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu agar semua proses dilancarkan.
  1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu casing smartphone Oppo.
  2. Lepaskan baut yang menempel, disini kita buka pelindung pada komponennya.
  3. Lalu lepas baut pada komponen yang pertama.
  4. Apabila baut sudah dicopot, kemudian kita ambil komponen yang pertama.
  5. Nah pada langkah kelima perlu hati-hati dalam melakukannya, silahkan lepaskan flexible pada tombol volume.
  6. Pencopotan tombol volume sudah selesai, setelah itu pasang semua baut yang sudah dicopot, lalu pasang casing belakang Hp Oppo kembali.
  7. Langkah selanjutnya kita coba hidupkan kembali Hp Oppo, nah teman-teman bisa melihatnya ya.
    Cara Mengatasi Selalu Masuk ColorOS Recovery Hp Oppo
    Akhirnya Hp Oppo dapat dihidupkan kembali dan tidak masuk pada ColorOs recovery mode lagi. Dan ternyata letak masalahnya dikarenakan kerusakan pada tombol volume bawah, sehingga mengakibatkan ponsel mendeteksi kombinasi tombol untuk mengakses recovery mode.
  8. Terakhir apabila memang setelah dicopot tombol volumenya, Hp Oppo dapat hidup kembali. Nah langkah selanjutnya kalian bisa mengganti tombol volume tersebut dengan yang baru. Untuk mencari komponennya adalah sekaligus bersamaan dengan fleksibel tombol volume. Jika masih bingung, teman-teman dapat simak video berikut ini.

Nah ketika sudah dicopot, tentu kalian akan kebingungan bukan cara mengatur volume, apabila mau mengatur keras suara. Solusinya adalah dengan menginstal aplikasi pengatur volume, baik itu berupa gesture pada layar ataupun tombol pengganti volume pada Hp. Namun jika tidak pengen ribet, kalian bisa melakukan penggantian apabila memang tombol volume ini sangat dibutuhkan.

Apabila kalian ragu, dan takut untuk melakukannya sendiri, teman-teman bisa dengan menggunakan jasa perbaikan pada konter. Dan pastikan orang yang melakukan service memang terpercaya, dalam artian bisa menangani kerusakan seperti ini. Jadi perlu kalian tanyakan mulai dari kerusakan dibagian apa, lama pengerjaannya kira-kira selesai kapan, dan tidak lupa rentang harga tarif yang dibutuhkan agar memiliki persiapan terlebih dahulu nantinya.

Jika sudah kalian copot tombol volume down tersebut, dan ternyata tidak masuk pada color os recovery mode lagi, berarti letak kerusakan tersebut terletak pada komponen pada tombol volume. Dan apabila sudah dilakukan flash ulang, dan tidak masuk terus pada recovery mode, dapat disimpulkan letak permasalahannya adalah pada sistem operasi yang mengalami kegagalan.

Baca JugaCara Mengatasi Proses Pengunduhan yang Macet/Gagal di UC Browser

Itulah trik dari kami cara mengatasi color os recovery mode yang selalu muncul pada Hp Oppo. Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami. Apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

7 komentar untuk "Cara Mengatasi Hp Oppo yang Selalu Masuk ColorOS Recovery"

  1. Gimana kalo udh ngikuti cara dengan wipe data dan reboot tapi masuk lg ke recovery nya ?

    BalasHapus
  2. Artikel ini beneran bermanfaat banget. Jelas penyampaian nya. Sekarang jadi tau masalah nya apa. Makasih banyak

    BalasHapus
  3. gimana kalau mau masukan lockscreen kak ?

    BalasHapus
  4. Maaf sdh mencoba pasti balasan wipe all application data failed jadi bagaimana ?

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam