Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp

Hal yang mengesalkan ketika media pada WhatsApp, seperti foto, video, audio, dokumen hingga file-file berukuran besar terdownload secara otomatis. Sementara kuota yang kita miliki sangat terbatas. Aslinya cukup untuk pemakaian seminggu,  namun akibat hal ini paket data hanya bertahan kurang dari yang kita targetkan.
Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp
Dengan kita mengatur atau menonaktifkan auto download media di WA ini, tentunya hal ini akan membuat kuota menjadi lebih awet serta penyimpanan yang kita miliki bisa lebih lega. 

Hal itu disebabkan semisal ada temanmu atau anggota grup chat yang kalian miliki mengirimkan sebuah file, baik berupa foto, video, audio, hingga dokumen sebelum kita dapat melihat file yang dikirimkan, kita perlu mengeklik dan mendownload nya terlebih dahulu sampai selesai, barulah kita dapat membuka file tersebut dan melihatnya. Namun berbeda ketika semua setelan media ini diaktifkan, ketika hp terhubung dengan koneksi internet, maka semua media akan didownload secara otomatis.

Bagi pengguna yang memiliki kuota bejibun, dan hp bagus sih gak masalah ya! Tetapi untuk ponsel yang memiliki spesifikasi yang terbatas, bisa saja menyebabkan ponsel yang dimiliki menjadi lemot akibat penyimpanan yang terlalu sesak.


Sebenarnya pada aplikasi WhatsApp sendiri sudah disematkan fitur yang berguna untuk mengatur jenis media apa saja yang akan terunduh secara otomatis ketika hp terhubung dengan koneksi internet. Namun mungkin saja masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mematikan pengunduhan media otomatis di WhatsApp ini.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan membagikan tutorialnya untuk teman-teman. Selengkapnya dapat kalian simak sebagai berikut.

Cara Mengatur Media yang Akan Terunduh Secara Otomatis di WhatsApp


1. Pertama silahkan buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp, selanjutnya pada halaman pertama menu Chat, tap opsi Lainnya atau Ikon Titik Tiga yang terletak dipojok kanan atas layar.
Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp

2. Kemudian pilih menu Setelan, lalu masuk ke menu Data dan Penyimpanan
Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp

3. Pada menu bagian ini, kita dapat melihat penggunaan data dan penyimpanan. Serta mengatur media apa saja yang akan terdownload secara otomatis ketika data seluler atau Wi-Fi diaktifkan. Kalian bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Misalnya saja pada ponsel yang admin miliki, kami atur hanya file foto saja yang akan terunduh secara otomatis ketika menggunakan data seluler. Sementara ketika ponsel pada posisi terhubung dengan Wi-Fi, semua jenis media kami aktifkan, mulai dari foto, video, audio, dan dokumen-dokumen. Bila sudah silahkan klik OK.
Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp

4. SELESAI.

Nah itu dia tutorial cara mematikan pengunduhan media dan mengatur jenis file yang akan terdownload secara otomatis. Apabila ada hal yang belum jelas, teman-teman bisa sampaikan dikolom komentar dibawah.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Pengunduhan Media Otomatis di WhatsApp"