Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp

WhatsApp saat ini menjadi aplikasi messaging yang sangat terkenal dan digemari oleh banyak masyarakat. Selain kemudahan dalam pengoperasian, ringan, fitur-fitur yang tersedia beragam. Salah satu contoh fitur yang dimiliki yaitu Grup Chat.

Dengan adanya grup chat, pengguna dimungkinkan dapat berkomunikasi oleh banyak kontak sekaligus tanpa perlu mengirimkan pesan satu per-satu. Dalam arti, asalkan pengguna lain masuk kedalam satu grup yang kalian kirimi pesan, kontak WA orang tersebut juga akan menerima pesan yang kalian kirimkan.

Grup dalam WhatsApp ini banyak sekali digunakan dalam sebuah organisasi, supaya memudahkan dalam menyampaikan informasi penting untuk semua anggota, seperti pada instansi sekolah, organisasi pemuda/karang taruna, teman bermain, alumni, orang yang memiliki minat sama, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi anggota dalam sebuah grup chat di WhatsApp ini, harus ada admin yang perlu menambahkan kontak yang dipilih. Namun semenjak terdapat fitur tautan undangan grup, sekarang untuk memasukkan calon anggota tidak perlu menambahkan kontak satu per-satu. Hal ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan, karena admin grup hanya perlu membuat link undangan masuk yang dimiliki grup, dan membagikan tautan undangan kepada kontak yang dikehendaki. Ketika orang tersebut mengeklik atau mengunjungi link yang diberikan, maka pengguna tersebut akan secara otomatis masuk kedalam grup yang dikehendaki.
Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp
Cara ini tentunya menjadikan pekerjaan lebih cepat, semisal grup-grup yang membutuhkan anggota banyak seperti grup meme, friendzone, komunitas motor, penggemar game, dan lain sebagainya. Kita hanya perlu membagikan link undangan ke grup-grup Facebook, maka tidak sulit untuk mengisi anggota pada grup chat WhatsApp ini.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat link undangan masuk ke-grup WA ini. Bagi teman-teman yang belum mengetahui cara membuat tautan undangan pada grup WhatsApp, pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tutorialnya untuk kalian. Selengkapnya dapat kalian simak sebagai berikut.

Cara Membuat Tautan Undangan ke Grup Chat WhatsApp dengan Mudah



Sebelum melanjutkan cara ini pastikan teman-teman admin dalam grup yang diinginkan. Sebab pihak WhatsApp hanya mengizinkan admin grup saja yang bisa membuat tautan undangan ke grup chat WhatsApp.

Apabila syarat sudah terpenuhi, kalian bisa lanjut ke inti pembahasannya.

1. Pertama silahkan kalian buka aplikasi WhatsApp, selanjutnya pilih dan buka grup yang diinginkan, dan klik nama grup. Atau bisa juga untuk mengakses info grup dengan cara, tetap pada halaman utama tap ikon grup yang diinginkan, lalu tap opsi Info Grup yang berikon huruf i.
Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp
2. Selanjutnya scroll kebawah sampai kalian menemukan opsi Undang Via Tautan. Pilih opsi tersebut untuk melihat tautan undangan grup.
Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp
3. Kalian bisa membagikan link grup tersebut ke teman atau grup facebook misalnya. Pengguna bisa mengirimkan tautan tersebut melalui WhatsApp secara langsung, menyalin tautan terlebih dahulu baru membagikannya kemudian, atau bisa juga membagikan secara langsung pada aplikasi yang diinginkan.
4. Untuk mencegah perbuatan yang tidak diinginkan semisal disalahkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, untungnya WhatsApp membekali dengan fitur dimana admin dapat menarik kembali tautan yang dibagikan, sehingga link undangan untuk masuk kegrup tidak lagi bisa digunakan untuk masuk kedalam grup dengan memilih Tarik Kembali Tautan kemudian pilih Tarik Kembali Tautan untuk mengonfirmasi.
Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp

NB : Kami ulangi kembali, apabila teman-teman mengalami masalah dimana dalam grup yang diinginkan tidak terdapat opsi  Undang Via Tautan berarti saat ini kalian tidak menjabat sebagai admin. Dalam pembuatan link undangan masuk kegrup WhatsApp ini hanya dapat dilakukan oleh kontak yang menjabat sebagai admin saja. Namun apabila sobat ingin mengundang teman atau kontak untuk masuk dalam grup tetapi saat ini kalian tidak menjabat sebagai admin, saran kami kalian bisa meminta tolong admin grup supaya kontak yang diinginkan bisa masuk dalam grup.

Itulah tadi tutorial singkat mengenai cara membuat link undangan untuk masuk kedalam grup WhatsApp. Apabila ada hal yang belum jelas, silahkan teman-teman bisa bertanya dikolom komentar.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Link Undangan Masuk ke Grup Chat WhatsApp"