Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatasi Android yang Lemot dengan Mudah dan Efektif

Begini Cara Mengatasi Android yang Lemot dengan Mudah dan Efektif
Begini Cara Mengatasi Android yang Lemot dengan Mudah dan Efektif - Nyesek banget kan bila semisal kita sedang main handphone, tiba-tiba Android milikmu ngelag tidak terkendali!.

Oleh karena itu kita perlu sekali menjaga Hp Android supaya performa tetap ngebut dan lancar.

Android yang lemot bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin anda tidak menyadarinya. Sebagus apapun Android kalian, jika penggunaan kalian salah atau mungkin tidak disertai perawatan yang rutin, maka lama kelamaan Android kalian pasti akan mengalami penurunan.

Anda mungkin heran kenapa performa hp Android tidak seperti pertama kali membeli hp tersebut. Android yang lambat mungkin saja disebabkan oleh penggunaan sehari-hari dan tidak diimbangi perawatan pada smartphone anda, contohnya menginstal banyak aplikasi sosial media. Aplikasi sosial media ini memakan cukup banyak ram dan berjalan dilatar belakang. Selain masih ada banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering diperbuat oleh sebagian pengguna Android.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tips untuk mengatasi Hp Android yang lemot dengan mudah serta efektif. Tanpa basa-basi mari kita mulai cara mengatasi Android yang lemot.

Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot


1. Bersihkan Cache Secara Rutin

Penyebab Android kalian yang lemot bisa jadi disebabkan oleh cache dismartphone anda yang menjadikan smartphone kesayangan anda ini menjadi lemot. Cache memang ada manfaatnya yang akan menjadikan aplikasi menjadi cepat ketika diakses. Namun disisi lain jika terlalu banyak dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot. Saran saya anda rutin membersihkan cache minimal 1 hari sekali agar cache tidak menumpuk. Anda bisa melakukannya tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Contohnya bila memakai aplikasi bisa menggunakan Clean Master karena sudah terbukti keefektifannya.

2. Tidak Melakukan Multitasking

Pasti sebagian dari kalian pernah yang namanya multitasking. Multitasking adalah membuka banyak aplikasi sekaligus. Mungkin anda sering mendengarkan musik sambil membuka sosial media atau ngegame, mulai sekarang hentikan. Karena hal ini yang menjadikan smartphone Android kalian menjadi lemot terlebih ram milikmu cuma 512 atau 1 gb.

3. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu yang menjadikan ponsel Android sering ngelag adalah terlalu banyaknya widget yang terpasang. Memang sih dengan kita menggunakan widget, itu akan mempercantik tampilan homescreen kita. Namun disisi lain hal ini membuat jalannya smartphone menjadi lambat.

4. Hapus atau Hentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Godaan oleh aplikasi dan game bagus yang muncul di Google Play Store seringkali membuat kita terpincut untuk segera menginstalnya. Tetapi bila kita terlalu sering menginstal aplikasi dan banyak aplikasi yang terinstal ujung-ujungnya akan membuat penyimpanan cepat penuh. Hal ini akan membuat performa dan jalannya ponsel menjadi terganggu. Sebaiknya silahkan untuk aplikasi atau game yang sekirannya tidak berguna dan tidak pernah dimainkan, ada baiknya kamu uninstal saja. Hal ini cuma akan membuat penyimpanan menjadi sesak. Bila aplikasi tersebut tidak bisa kita hapus, kalian bisa nonaktifkan atau hentikan saja bila tidak memiliki fungsi yang berarti dan jarang dibuka. Caranya pergi ke Pengaturan >> Manager Aplikasi >> Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan >> Paksa Berhenti/Nonaktifkan.

5. Selalu Update OS dan Software

Pastikan selalu memperbarui sistem operasi ataupun aplikasi yang kamu miliki. Biasanya bila ada update maka akan muncul dipemberitahuan, kamu tinggal pencet saja notifikasi tersebut. Update Aplikasi dan OS biasanya memiliki tujuan untuk menyempurnakan cara kerja aplikasi tersebut dari versi sebelumnya. Selalu luangkan waktu untuk selalu mengupdate os dan software, supaya jalannya aplikasi dan ponsel tetap terjaga.


6. Gunakan Aplikasi Greenify

Mungkin kalian belum pernah mendengarnya. Aplikasi greenify adalah merupakan aplikasi yang berguna untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang sekiranya kalian tidak butuhkan dan tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghemat ram di hp android kalian, jika ada aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan kalian tinggal pergunakan saja aplikasi greenify ini agar aplikasi tersebut tidak selalu berjalan di latar belakang, yang kemungkinan dapat menyebabkan android kamu menjadi lemot. Aplikasi ini dapat berjalan dismartphone ROOT maupun non ROOT jadi, kalian gak perlu kawatir jika harus meroot android kamu. Aplikasi ini cukup mudah penggunaan nya. Caranya pertama-tama download aplikasi ini dari play store jika sudah selesai lalu buka aplikasinya dan ikuti tutorial dari greenify. Fitur yang disediakan di versi gratisnya cukup banyak lebih lengkap lagi di versi Pro Pack.


7. Lakukan Factory Reset

Bila lemot pada ponsel sudah kebangetan dan sangat susah untuk digerakan biasanya saya sendiri melakukan factory reset atau mengembalikan ke versi pabrik. Jadi tampilan dan performa ponsel akan seperti pertama membeli smartphone. Sangat disarankan untuk mereset supaya sampah-sampah yang menumpuk bisa segera hilang. Namun tetap pastikan data-data milikmu sudah dibackup sebelum melakukan Factory Reset. Karena setelah itu data - data akan hilang.

Nah itulah beberapa tips untuk kalian cara mempercepat hp android yang lemot. Pastikan selalu menjaga dan merawat smartphone Android kalian bila ingin performa dan kinerja hp tetap awet dan terjaga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian. Sekian dari saya,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

19 komentar untuk "Begini Cara Mengatasi Android yang Lemot dengan Mudah dan Efektif"

  1. punyaku kebanyakan widget kayaknya, juga belom update sistemnya, makanya jadi lemot. sekarang jadi tau, nice info

    BalasHapus
  2. Android saya kalo lemot nya kebangetan langsung saya flashing alias factory reset :v soalnya kadang mau dipakein aplikasi apa juga hasilnya tetep lemot

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, kadang jika Android saya lemot nya kebangetan langsung saya factory reset.

      Hapus
  3. wah....no 7 maksudnya apa gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya jika ada aplikasi yang sudah tidak digunakan lalu di nonaktif kan / dipaksa berhenti agar tidak membebankan RAM dan membuat hp agan lemot

      Hapus
  4. memang update software berpengaruh juga ya min ? bukannya biasabya update software size jadi lebih besar dan lebih memberatkan memory ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berpengaruh min, kadang smartphone/aplikasi kita ada bugnya lalu diupdate kan jadi normal. Tapi pada beberapa kasus jika diupdate kadang malah jadi lemot.

      Hapus
  5. memang update software berpengaruh juga ya min ? bukannya biasabya update software size jadi lebih besar dan lebih memberatkan memory ?

    BalasHapus
  6. anti virus emang bener bisa bikin hp enggal lemot?? android saya dikasih anti virus malah anti virusnya yang bawa virus hadehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, kasus nya seperti yang dialamin temen saya gan

      Hapus
  7. tulisan nya rapihin lg gan gk enak dibaca

    BalasHapus
  8. pantes hp aku lemot, ternyata terlalu bnyk widgetnya,, makasih infonya

    BalasHapus
  9. artikelnya bagus kak,
    ini referensi darimana ya nulisnya ?

    Saya juga punya blog tentang Pengetahuan sistem Listr bisa di lihat2 artikelnya gratis >  Pengetahuan Listrik  <  pengetahuan-listrik.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam