Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri (Force Close) di Android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri (Force Close) di Android - Aplikasi yang mengalami force close atau keluar dengan sendirinya secara tiba-tiba, tentu ini bukanlah hal yang baru bagi sobat dirumah. Tetapi hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Bila satu kali dua kali sih tidak terlalu menjadi masalah, yang akan menjadi masalah adalah bila setiap membuka aplikasi tersebut, selalu saja force close dan juga langsung terpental keluar dari aplikasi yang sebelumnya sedang kalian gunakan.
Cara Mengatasi Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri (Force Close) di Android
Aplikasi pada Android yang begitu banyak, tidak semuanya dapat berjalan dengan baik. Pastinya ada beberapa aplikasi yang sering mengalami kendala, terutama seperti force close. Hal ini bukan tanpa sebab, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Bila kamu saat ini juga sedang mengalami masalah ini juga dan bingung cara memperbaikinya gimana, kali ini Davar Pedia akan memberikan solusi bagi kamu cara mengatasi aplikasi keluar sendiri, yang mudah-mudahan dapat membantu dan masalah hp Android mu yang force close dapat diatasi dengan segera.

Cara Memperbaiki Aplikasi Force Close pada Android


1. Hapus Cache pada Aplikasi

Kemungkinan pertama yang membuat hp seringkali keluar sendiri adalah cache pada aplikasi yang menumpuk. Memang cache memiliki beberapa manfaat, salah satunya membuat load menjadi lebih cepat. Tetapi cache yang sebelumnya bermanfaat, adakalanya cache malah membuat kinerja aplikasi menjadi lelet dan sering force close. Untuk itu membersihkan cache secara rutin sangat direkomendasikan. Bisa manual atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga.

2. Clear Data pada Aplikasi

Bila cara pertama tidak juga membuahkan hasil, kamu bisa menerapkan cara kedua ini. Tetapi ingat, bila kita meng-clear data atau membersihkan data sama saja kita menghapus semua data-data yang ada pada aplikasi. Aplikasi akan memulai seperti pertama kali menginstal. Dan kamu perlu memasukkan akun lagi. Jadi bila tidak ingin kehilangan kemajuan pada game atau akun kalian belum dibackup dan takut tidak ingat akun kalian semula, kalian bisa meloncati cara ini. Caranya dengan mengunjungi Pengaturan => Manajer Aplikasi => Pilih Aplikasi yang Force Close => Pilih Clear Data / Hapus Data.

3. Perhatikan Memori Internal dan RAM

Bila memori penyimpanan hampir penuh atau RAM hp kamu sudah mau habis, biasanya hp akan lemot dan proses sering terjadi gangguan seperti aplikasi selalu keluar sendiri. Memori penyimpanan dan khususnya RAM sangat berperan penting pada jalannya aplikasi. Solusinya adalah dengan menghapus file yang kurang berguna dan jarang digunakan supaya memori internal semakin lega, dan hindarilah membuka beberapa aplikasi secara bersamaan (multi tasking) supaya RAM hp kalian menjadi lebih lega.

4. Uninstal Aplikasi Tidak Penting

Beberapa aplikasi terkadang hanya akan membuat hp terbebani dan akan membuat memori internal dan juga RAM menjadi sesak. Segeralah hapus dari daftar aplikasi di Androidmu, yang sekiranya jarang digunakan dan tidak memiliki manfaat yang berarti.

5. Paksa Berhenti Aplikasi

Apabila force close masih sering terjadi, poin keempat ini bisa kamu terapkan. Caranya dengan mengunjungi Pengaturan => Manajer Aplikasi => Pilih Aplikasi yang Sering Force Close => Paksa Berhenti / Force Stop. Hal ini dilakukan berguna untuk me-restart atau me-refresh aplikasi agar dapat berjalan dengan baik.

6. Update Aplikasi

Bisa saja aplikasi Android mu yang keluar sendiri alias force close disebabkan oleh bug pada aplikasi. Dan saat itu ada pembaruan dari aplikasi, sehingga diperlukan lah update supaya kinerja pada aplikasi tetap stabil dan berjalan dengan semestinya.

7. Reboot Hp Android

Cara ini juga biasanya dapat menyelesaikan masalah aplikasi yang selalu force close. Caranya tinggal tahan tombol power, bila sudah maka akan ada pilihan, lalu pilih Mulai Lagi / Reboot. Cara ini dilakukan juga memiliki fungsi yakni memulai ulang atau me-refresh kinerja Android.

8. Reinstall atau Install Ulang Aplikasi

Mungkin aplikasi yang selalu keluar sendiri yang sedang kamu alami disebabkan oleh aplikasi yang bukan merupakan hasil instalan dari Play Store dan merupakan hasil download dari pihak yang tidak dikenal. Coba hapus aplikasi force close tersebut, lalu instal ulang melalui Google Play Store, yang biasanya memiliki kinerja yang stabil dan baik.

9. Update OS Android

Kemungkinan lainnya bisa disebabkan oleh versi os Android yang lawas, dan saat ini aplikasi tersebut sudah tidak mendukung untuk digunakan di hp Androidmu. Bila terdapat pembaruan firmware, segera lakukan update.

10. Un-Root Android

Dengan melakukan un-root pada os Android milikmu, maka besar kemungkinan hp mu tidak akan lagi mengalami force close setiap membuka aplikasi tersebut. Pasalnya dengan kita mencabut akses root pada Android, hp kalian telah kembali lagi ke sistem asal. Yang tentunya lebih stabil dibanding dengan hp Android yang telah di root.

11. Jangan Menginstal Aplikasi Bajakan

Mengapa kami tidak menyarankan kalian menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal? Karena mendownload aplikasi dipihak ketiga belum tentu terjamin keamanannya dan kualitasnya. Selengkapnya bisa membaca artikel berikut.

12. Uninstal Aplikasi Force Close Tersebut

Cara terakhir memperbaiki aplikasi selalu force close adalah dengan meng-uninstal atau menghapus aplikasi force close terkait. Bila tidak ada aplikasinya, force close pun tidak akan terjadi. Jadi bila kamu sudah lelah menghadapi masalah ini jalan terakhir yang dapat kamu tempuh adalah dengan uninstal aplikasi force close tersebut.

Penutup

Baik mungkin hanya itu saja yang dapat kami berikan, demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Cara Mengatasi Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri (Force Close) di Android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua dan menjadi solusi dari masalahmu sekarang ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri (Force Close) di Android"

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam