Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya dan Dampak Menginstal Aplikasi Bajakan di Android

Bahaya dan Dampak Menginstal Aplikasi Bajakan di Android - Siapa sih yang tidak suka dengan barang gratisan? Pastinya hampir semua menyukai akan hal itu. Salah satunya adalah aplikasi Android. Kebanyakan diantara mereka yang gak mau modal atau membeli, akan memutuskan untuk instal aplikasi yang semula berbayar menjadi gratis dengan mendownloadnya diluar toko resmi yang diberikan Android, yakni Google Play Store.
Bahaya dan Dampak Menginstal Aplikasi Bajakan di Android
Ketika kamu mencoba untuk menginstal aplikasi diluar Play Store untuk pertama kalinya, akan ada peringatan. Hal itu bertujuan untuk menjaga dan melindungi ponsel dari berbagai ancaman supaya tetap aman. Bagi kamu yang belum paham untuk mengaktifkan pemasangan aplikasi dari sumber lain bisa membaca artikel berikut.
Baca Juga : Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android
Tapi tahukah kamu mendownload aplikasi dari sumber tidak dikenal (website) sangatlah rentan terhadap bahaya-bahaya yang ada. Mungkin tidak menjadi masalah bila tempat dan aplikasi yang kamu download itu aman. Bila ternyata aplikasi tersebut telah diselipi virus, malware, atau lainnya kamu akan memperoleh akibatnya. Sebenarnya tidak hanya merugikan bagi pengembang saja, ada banyak sekali bahaya serta dampak yang dapat terjadi. Pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan beberapa bahaya yang dapat kamu peroleh bila menginstal aplikasi diluar Play Store.

Bahaya dan Dampak Menginstal Aplikasi Bajakan di Android


1. Masalah Keamanan

Meski gratis, aplikasi bajakan tidak bisa diandalkan masalah keamanannya. Bisa saja aplikasi tersebut sudah disematkan virus, malware, hingga ancaman lainnya. Selain itu bila hp mu sudah berhasil terinfeksi dengan virus atau malware, bukan tidak mungkin hp Android milikmu menjadi eror, lag, sering force close, dan lebih parahnya lagi ponsel menjadi cepat rusak bahkan tidak bisa digunakan kembali.

2. Pelanggaran Hukum

Banyak yang tidak tahu bila kita membuka dan memakai aplikasi ilegal, bukan tidak mungkin bisa menyeret kita ke meja hukum karena masalah pelanggaran. Bukannya membuat untung, malah membuat kita buntung. Selain itu bila kita memakai aplikasi yang semula berbayar menjadi gratis, tentu akan sangat merugikan pihak pengembang.

3. Kinerja Aplikasi Kurang dan Banyak Diselipi Iklan

Tak hanya itu saja. Selain itu, biasanya pada aplikasi yang telah dibajak, tidak serta merta dibiarkan begitu saja. Mereka tidak mau kerja keras tanpa dibayar. Maka orang tersebut biasanya banyak menyematkan iklan-iklan. Terlebih lagi banyak sekali iklan pop up yang sangatlah mengganggu bagi pengguna. Alhasil bukannya mendapatkan fitur lebih, malah membuat pengguna rugi karena kuota mereka menjadi terbuang. Bukan hanya itu saja, dan satu lagi terkadang aplikasi bajakan belum tentu memiliki kinerja bagus seperti yang dibayangkan pengguna. Akan ada banyak sekali masalah-masalah yang biasanya dihadapi, seperti aplikasi sering keluar sendiri, macet, dan lain sebagainya.

4. Data Hilang

Belum sampai disitu saja, ada lagi masalah yang dapat dialami misalnya data hilang. Aplikasi bajakan juga sangat rawan sekali terhadap masalah data pengguna. Untuk itu kamu perlu hati-hati, jangan sampai hanya demi mendapatkan barang gratisan, malah data kamu yang menjadi taruhannya.

5. Tidak Terdapat Update dan Support dari Pihak Pengembang

Sudah berbahaya, dan kinerja yang kurang eh taunya gak ada update dan support dari developer / pengembang. Pasti tidak seru kan! Apalagi bila aplikasi tersebut terdapat banyak sekali kesalahan serta bug. Alasan lain adalah tidak ada support dari pihak pengembang. Sebab aplikasi yang kamu gunakan itu bajakan, tentu pihak terkait tidak mau menangani kendala yang dihadapi oleh pengguna yang menggunakan aplikasi bajakan.

Penutup

Banyak sekali kan dampak yang dapat kamu peroleh ketika menginstal aplikasi bajakan. Makanya sekali lagi saya ingatkan lebih baik instalah aplikasi disumber yang sudah benar-benar terbukti aman, contohnya toko resmi Android yakni Google Play Store. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti kamu akan merasakan dampak yang dapat dirasakan. Tentu kita tidak akan mau bila hanya karena ingin mendapatkan gratisan, kita harus rela menerima bahaya-bahaya yang ada. Baik mungkin hanya cukup sampai disini saja, demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Bahaya Menginstal Aplikasi Bajakan di Android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Bahaya dan Dampak Menginstal Aplikasi Bajakan di Android"