Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android

Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android - Selain dari Google Play Store, pengguna Android juga diberi kelonggaran untuk dapat menginstal apps atau games dari pihak luar. Memang cara ini tidak menjamin keamanan, sebab aplikasi dan permainan yang kamu download itu belum tentu aman dari virus, malware serta ancaman lainnya. Karena alasan itulah secara otomatis Android akan memblokir alias mencekal setiap aktivitas instal aplikasi apapun dari pihak luar selain Play Store, termasuk aplikasi serta permainan yang tidak berbahaya dari pertama kali membeli.
Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android
Tetapi terkadang kita berkeinginan untuk menginstal aplikasi atau permainan yang kita dapat diluar aplikasi Google Play Store. Misal mendownloadnya sendiri atau meminta kepada teman.

Bagi pengguna yang telah berpengalaman dan sudah familiar alias sering melakukan hal ini sudah tidak menjadi masalah. Akan tetapi bagi pengguna yang baru saja dan baru pertama kali ingin menginstal aplikasi, tentu akan menjadi masalah. Pasalnya setiap kali pengguna menekan tombol instal, akan ada peringatan. Kurang lebih tampilannya seperti gambar diatas.

Notifikasi keamanan tersebut sebenarnya tujuannya baik. Hal ini bertujuan untuk menjaga supaya pengguna tidak sembarangan dalam menginstal aplikasi. Karena belum tentu aplikasi tersebut sudah aman dari berbagai ancaman.

Dengan kata lain, aplikasi yang kita download dari sumber yang tidak dikenal (website) sangatlah rentan terhadap virus serta bahaya lainnya, sehingga dapat membahayakan smartphone Android milikmu. Meski demikian, tentu tidak semua aplikasi akan membahayakan ponsel Android kita. Kita hanya perlu waspada serta ekstra hati-hati dalam menginstal apk.

Bila kamu tetap nekat untuk mengaktifkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal, kami punya tutorialnya. Pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tutorial cara mengatasi pemasangan dicekal di android.

Lantas bagaimana cara mengatasi notifikasi pemasangan dicekal ketika kita ingin menginstal aplikasi? Langsung saja, kalian bisa simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android


Sebenarnya tidak ada yang sulit untuk mengaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak diketahui / tidak dikenal. Kalian bisa simak cara mengatasi pemasangan diblokir Android sebagai berikut.
  1. Pertama kalian buka menu Settings / Pengaturan dihp Androidmu masing-masing.
  2. Selanjutnya gulir kebawah sampai menemukan opsi Security / Pengaman. Kemudian tap menu tersebut.
  3. Setelah itu cari menu pilihan Unknown Sources / Sumber Tidak di Ketahui. Jika sudah ketemu lalu silahkan ceklist atau beri tanda centang pilihan tersebut. Bila terdapat notifikasi peringatan kamu tekan tombol OK untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber selain Play Store.
  4. Selesai, sekarang kamu sudah bisa menginstal aplikasi dari sumber selain dari Google Play Store. Untuk memastikannya silahkan kalian coba kembali instal aplikasi yang sebelumnya tidak bisa atau muncul peringatan.


Ingat, dalam mendownload aplikasi atau games yang didapat dari sumber yang tidak dikenal, kamu tetap perlu berhati-hati. Sebab aplikasi yang didownload dari sumber yang tidak dikenal belum tentu aman dari berbagai ancaman serta bahaya yang ada, seperti virus, malware, dll.

Penutup
Gimana, apakah masalah kamu sudah berhasil teratasi? Bila sudah ya alhamdulilah kalo belum silahkan dicoba kembali. Bila ada masalah atau sesuatu yang belum dimengerti silahkan sampaikan dikolom komentar. Baik mungkin hanya sampai disini pembahasan pada kali ini, demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android. Semoga dapat membantu serta menjadi solusi bagi kalian yang kebingungan mencari cara mengatasi pemasangan dicekal di Android atau cara mengatasi pemasangan diblokir Android.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Pemasangan Aplikasi Dicekal atau Diblokir di Android"