Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android - Baterai merupakan tolak ukur yang mana berguna sebagai nyawa diberbagai alat elektronik, termasuk juga pada smartphone. Salah satunya disistem operasi yang sangat digemari oleh berbagai pihak, seperti halnya Android. Jadi sangat penting untuk kita selalu mengetahui jumlah daya yang masih tersisa. Oleh karena itu banyak yang berkeinginan memunculkan persentase baterai pada status bar di hp Android mereka masing-masing, seperti yang sudah saya katakan tadi yang mana berguna sekali untuk memantau dan juga bermanfaat untuk kita selalu tahu kapasitas juga kondisi baterai.
Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android
Bila diperhatikan persentase yang tampil dikolom status bar Android, tidak hanya membantu kita dalam mengecek jumlah baterai yang ada, tetapi juga bisa membantu kita bila pada saat baterai mau habis, kita bisa cepat dan buru-buru mencharge saat kondisi ponsel sedang lowbat.

Dari sanalah saya berpikiran untuk membuatkan tutorial cara mengaktifkan persentase baterai supaya kalian dapat dengan mudah melihat dan mengetahui jumlah baterai yang tersisa dengan cepat.

Sebenarnya mudah saja untuk menampilkan fitur ini. Pada beberapa perangkat terbaru, banyak yang sudah men-support dan telah mendukung. Misal, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Evercoss, Asus dan lain-lain. Kita tinggal mengaktifkan saja pada menu pengaturan. Akan tetapi pada smartphone keluaran lama terkadang banyak yang belum dibenamkan fitur ini.
Baca Juga : Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Status Bar Android
Tetapi tenang sobat, meski demikian kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat kita manfaatkan untuk memunculkan persentase baterai. Kali ini Davar Pedia akan ulas lengkap tata cara mengaktifkan persentase baterai, mulai dari yang sudah dibenamkan fiturnya dan yang belum dibenamkan.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android

Sangat mudah bila Android yang kita gunakan sudah disematkan fiturnya, kita tinggal mengaktifkan saja dimenu yang disediakan. Pada ponsel Android saya yang bermerk Samsung, caranya adalah sebagai berikut. Untuk merk lainnya bisa menyesuaikan saja. Kemungkinan caranya tidak jauh berbeda dengan cara ini.


1. Pertama yang perlu kita lakukan adalah menuju ke Pengaturan, bila ingin lebih cepat bisa dengan menarik layar dari permukaan tepi atas kearah bawah, lalu cari ikon gerigi dan kemudian pilih ikon tersebut.
Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android
2. Bila sudah maka kamu akan mendapati berbagai menu pilihan, cari dan pilih opsi Baterai.
Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android
3. Setelah itu kalian bisa ubah menu Tampilkan Persentase Baterai ke posisi aktif. Bila masih ragu, kalian bisa amati gambar berikut. Selanjutnya lihat apakah di status bar Android sudah muncul belum persentase baterainya.
Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android

Bila di pengaturan tidak juga kamu temukan menu ini, dapat dipastikan hp kalian belum disematkan fitur untuk mengaktifkan persentase baterai. Bila kalian sangat ingin menggunakannya, tetapi terkendala karena tidak didukung. Alternatifnya bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sama-sama mampu untuk melacak informasi kapasitas baterai dalam bentuk indikator (persentase). Berikut ini beberapa contoh aplikasi penampil persentase baterai yang bisa kamu pilih sesuai selera dan dapat kamu temukan di Google Play Store.

Aplikasi Penampil Persentase Baterai

  • Persentase Baterai
  • Menunjukkan Persentase Baterai
  • Baterai Dalam Status Bar
  • Indikator Baterai Gratis
  • Battery Percentage
  • Battery Percent Enabler
  • Baterai Persentase Tampilkan %
  • Battery Percentage Indikator
  • Battery Circle
  • BatteryBot Battery Indicator
  • Tampilkan Persentase Baterai
  • Battery Indicator Percentage
  • Battery Percentage Plus

Nama aplikasi diatas hanya beberapa saja yang dapat saya tulis, sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi serupa yang bisa digunakan. Lainnya bisa kalian cari sendiri di Play Store atau tempat lainnya.


Akhir Kata

Baik mungkin hanya cukup sampai disini saja yang dapat kami sampaikan. Demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar Android"