Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah - Internet merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dibendung lagi. Tidak menggunakan internet sehari saja rasanya ada yang kurang gitu. Gimana kalau tidak menggunakan internet sebulan bahkan setahun, bisa-bisa stres gak karuan heheh. Bayangkan saja jika tidak ada akses internet, kamu tidak bakal bisa mengunjungi google, facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.
Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah
Akses internet yang cepat adalah hal yang paling di idam-idamkan oleh banyak orang. Dengan cepatnya koneksi internet yang tersedia, hal ini membuat proses browsing, chatting, downloading, uploading, hingga gaming menjadi lebih cepat, lancar dan berjalan dengan apa yang diharapkan. Namun terkadang masalah koneksi yang lambat sangat sering dialami oleh masyarakat indonesia. Mengingat perkembangan internet di indonesia tergolong masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara maju di asia atau eropa.

Masalah jaringan yang lemot tidak hanya disebabkan oleh operator yang kamu gunakan, tetapi juga termasuk lokasi serta sistem android.

Untuk mengatasi hal tersebut pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tips sederhana mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah. Ternyata untuk mengatasi masalah yang kamu alami sekarang ternyata cukup mudah loh. Tak perlu ribet apalagi mumet, kamu bisa simak tips ini untuk mengoptimalkan jaringan milikmu supaya lebih wus-wus tanpa ada lagi gangguan.

Meskipun hasil yang didapat tidak terlalu signifikan dan tidaklah secepat kilat namun paling tidak sudah ada peningkatan lah ketimbang tidak ada sama sekali. Maka dari itu kamu bisa simak dan cermati baik-baik agar ketika digunakan untuk berselancar didunia maya menjadi lebih cepat. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan serta menghindarkan hp androidmu dari gangguan jaringan internet.

Bagaimana cara mempercepat koneksi internet di hp android ?

Untuk mempercepat koneksi internet serta mengoptimalkan jaringan yang kamu miliki tidaklah sulit, kamu bisa simak tips-tips berikut supaya aktivitas internet kamu tanpa ada kendala dan gangguan lagi.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android tanpa Aplikasi

1. Pilihlah Operator Terbaik di Daerahmu

Tips mempercepat koneksi internet pertama yaitu pilihlah operator terbaik didaerahmu. Tips ini sangat ampuh untuk mempercepat koneksi internet di hp android sobat. Percuma kan ngeluarin uang untuk beli paketan tetapi sinyal yang diperoleh sangatlah lelet. Pilihlah operator yang mempunyai tower disekitar atau dekat dengan tempat yang kamu tinggali. Misalnya saja kartu telkomsel, kartu smartfren, kartu 3, kartu xl, kartu axis, ataupun kartu indosat.

Jika belum mempraktekin tips ini silahkan mulai sekarang beli kartu perdana yang sekiranya cocok dan memiliki sinyal cepat dan stabil ditempatmu guna mengoptimalkan sinyal dan uang yang sobat miliki agar tidak terbuang dengan sia-sia.

2. Bersihkan Cache Secara Rutin

Tak hanya memilih operator terbaik saja faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi, tetapi kamu harus membersihkan kotoran-kotoran atau cache di aplikasi yang sering kamu gunakan untuk internetan. Pasalnya setiap kamu membuka aplikasi-aplikasi tersebut pastinya terdapat cache yang tertinggal. Sebab cache yang menumpuk, bisa mempengaruhi performa aplikasi dalam menerima jaringan. Maka dari itu hal ini cukup penting untuk diperhatikan supaya aplikasi yang kamu gunakan menjadi lebih fresh, sehingga koneksi internet kamu menjadi lebih lancar.

Untuk membersihkan cache di android kamu bisa membersihkan nya melalui Settings / Pengaturan => Manager Aplikasi => Aplikasi yang sering kamu gunakan untuk mengakses internet, misalnya saja browser, aplikasi chatting, dan juga aplikasi lainnya yang membutuhkan koneksi internet => Hapus cache.

3. Gunakan Browser Terbaik

Selanjutnya gunakan browser terbaik untuk hp yang kamu miliki. Browser ini juga cukup berpengaruh ketika digunakan untuk berinternetan. Pilihlah browser yang sekiranya ringan dan tidak ngelag. Sehingga ketika digunakan untuk browsingan tidak membutuhkan waktu yang lama menunggu browser memuat hasil yang dicari. Browser andalan yang saya sarankan seperti Chrome, UC Browser, Opera Mini, dan sebagainya. (Baca Juga : Kumpulan Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan di Android)

4. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat akses internet menjadi lebih cepat adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi otomatis (Auto Sync). Sebenarnya fitur ini berguna untuk memberikan pemberitahuan dan notifikasi online di status bar handphone mu. Kekurangannya jika kita mematikan fitur ini maka notifikasi-notifikasi mengenai akun tidak akan ditampilkan. Untuk mematikan fitur ini cukup mudah kamu tinggal scroll kebawah notifikasi bar => klik pilihan menu sinkronisasi => klik nonaktifkan. Atau dengan cara lainnya buka menu settings / pengaturan =>  buka opsi akun =>  nonaktifkan Auto Sync.

5. Matikan Fitur Data Latar Belakang

Selanjutnya hal yang dapat kamu lakukan supaya koneksi internet menjadi lebih cepat adalah dengan mematikan fitur data latar belakang. Fitur ini berguna agar aplikasi yang tidak kamu buka bisa berjalan tanpa harus kamu buka. Hal ini ternyata berdampak dengan jaringan di androidmu loh.

Ketika fitur ini digunakan maka sebagian koneksi internet mu akan diberikan kepada aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Maka ketika kamu gunakan semisal browsingan kecepatan internetmu akan berkurang, artinya tidak secepat ketika hanya kamu gunakan untuk satu aplikasi saja. Nah maka dari itu untuk memaksimalkan jaringan internet yang kamu punya, kamu bisa menonaktifkan fitur ini melalui Settings / Pengaturan => Penggunaan Data => Aktifkan Batasi Data Latar Belakang.

6. Matikan Fitur Tethering Hotspot

Tips keenam ini juga cukup berpengaruh dalam cepat lambatnya koneksi internet. Hal tersebut disebabkan ketika kita sedang mengaktifkan fitur tethering maka kita membagi koneksi internet yang kamu miliki kepada orang lain. Pasalnya kenapa koneksi internet kita menjadi lebih lambat adalah karena kecepatan internet kita secara otomatis akan dibagikan kepada orang lain berdasarkan jumlah gadget yang terhubung. Sebaiknya jika kamu ingin berbagi koneksi dengan orang lain sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan, tetapi saya sarankan ketika jaringan kamu sedang kuat dan kencang saja. Mengingat jika jaringan kamu tidak kuat, hal tersebut menyebabkan koneksi internet mu menjadi sangat lemah. Nah ketika jaringan milikmu sedang lemah dan tidak kuat. Cukup untuk sobat sendiri saja yang menggunakan.

7. Aktifkan Airplane Mode

Dengan mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat dan kemudian mematikannya kembali maka jaringan yang terhubung dengan gadget kita akan terputus, kemudian setelah kita menonaktifkannya kembali maka gadget akan berusaha mencari jaringan yang baru. Dengan ini maka jaringan yang kita terima akan lebih fresh, dan menyebabkan koneksi internet kita menjadi lebih cepat.

8. Restart Android

Cara ini juga bisa mempercepat koneksi internet milik kita. Saat kita merestart hp, maka gadget kamu akan mati. Setelah itu maka gadget akan otomatis hidup dengan sendirinya. Dengan melakukan restart pada android, maka kita merefresh hp kita. Berharap dengan kondisi hp kita yang sudah segar, maka jaringan pun akan lebih segar juga.

9. Setting Jaringan Menjadi 2G / 3G / 4G Only

Dengan membuat atau mengatur jaringan menjadi 2G / Edge / 3G / H+ / 4G only maka jaringan yang dapat diterima gadget kita akan menjadi lebih stabil. Untuk merubah atau mengatur jaringan menjadi seperti ini cukup mudah, yaitu dengan cara masuk ke Settings / Pengaturan => Pengaturan Lainnya => Jaringan Seluler => Mode Jaringan => Pilih mode yang ingin digunakan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dengan Aplikasi

Selain tanpa aplikasi, kamu juga bisa loh mempercepat koneksi internet di hp android dengan aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memperkuat, mempercepat, dan juga menstabilkan koneksi internet di android. Selengkapnya kamu bisa simak dan baca  artikel daftar aplikasi mempercepat koneksi internet di android ini.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah, semoga dengan ini bisa membantu serta menjadi solusi bagi kamu yang kebingungan mencari bagaimana cara mempercepat koneksi internet di hp android. Meskipun hasil yang didapat tidak terlalu signifikan dan tidaklah secepat kilat namun paling tidak sudah ada peningkatan lah ketimbang tidak ada sama sekali. Dan semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi kalian semua.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

5 komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android Tanpa Root dengan Mudah"

  1. Kadang kalau saya mematikan jaringan sesaat kemudian menyalakan kembali (intinya kayak point 7), internternya jadi cepet tapi cepet lemot lagi,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh... gapapa gan, yang penting kan kecepatan internetnya udah bertambah :) syukuri aja

      Hapus
  2. Wah tips yang bagus nih
    Secara koneksi hp ane ancur gan :V ane coba deh

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam