Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama, Anti Ribet!

Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama
Tampilan dasboard dari salah satu platform untuk ngeblog, yaitu Blogger kini mengalami perubahan. Setelah beberapa bulan sebelumnya, pihak Google memberikan tombol demo untuk mencoba versi baru.

Ada banyak sekali perombakan tampilan didalamnya yang bisa dibilang sangat drastis. Dari yang semula masih berupa tampilan dekstop apabila diakses melalui Hp, layaknya apabila menggunakan PC atau Laptop. Nah kini berkat adanya versi terbaru yang dihadirkan, tampilannya sudah disempurnakan pada saat diakses melalui perangkat seluler.

Mungkin teman-teman disini sudah merasakan manfaat didalamnya, mulai dari yang paling sederhana yaitu mengecek statistik pengunjung hari ini, menambahkan unit iklan, menulis artikel, hingga pengeditan template pada blog.

Usut punya usut, meski terdapat kelebihan yang cukup banyak, namun ternyata ada sebagian besar blogger diluar sana yang merasakan tampilan situs blogspot masih kurang enak dipakai, ada bug, proses loading berat, dan ada sebagian fitur yang hilang, entah bagaimana saya pun kurang begitu paham ya!

Saya sendiri dengan adanya tampilan blogger baru ini menjadi sangat terbantu, dan menurut saya tampilannya jadi lebih fresh, enak buat ngeblog lewat Hp, kebetulan saya juga user Hp dalam mengelola blog ini. Dan yang utama, yang paling saya suka adalah kemudahan dalam mengedit tema pada blog.

Mungkin teman-teman sudah tahu ya, sebelumnya pada tampilan blogger yang lama, untuk mengedit template rasanya susah banget jika dilakukan melalui Hp. Nah saat itu, untuk mengeditnya bisa dibilang agak ribet tapi ya mau gimana lagi, soalnya perangkat yang memadai belum tersedia adalah dengan mengedit melalui aplikasi tambahan namanya Quoda, caranya backup terlebih dahulu template yang sudah ada, lalu diedit kemudian disimpan, dan barulah saya upload ulang template yang sudah diedit secara offline.

Nah saat ini tampilan Blogger versi baru ini sudah resmi dirilis dan bukan percobaan lagi, buktinya jika sebelumnya ada tombol untuk kembali ke tampilan lama (klasik). Namun kini tombol tersebut sudah dihilangkan dari dasboard Blogger, yang letaknya disebelah kiri layar pada bagian bawah menu Daftar Bacaan.
Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama

Tenang-tenang

Teman-teman yang kurang suka dengan tampilan Blogger baru, ternyata tampilan versi lama yang selama ini menjadi tontonan masih bisa kita gunakan, yaitu dengan menerapkan trik yang akan kami bagikan sebagai berikut.

Tanpa berbasa-basi langsung saja teman-teman dapat simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama (Klasik)


Pertama teman-teman salin terlebih dahulu ID dari Blog yang kalian miliki.

Caranya bisa dengan membuka alamat situs Blogger seperti biasa, tampilannya kira-kira seperti ini.
Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama

Nah kita hapus dan sisakan ID nya saja, lalu teman-teman salin.

Apabila sudah, kalian salin alamat URL berikut.
https://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=ID_BLOG_KAMU&useLegacyBlogger=true
Selanjutnya pada bagian ID_BLOG_KAMU yang sudah kami tandai berwarna oranye, teman-teman ganti dengan ID dari blog milik kalian masing-masing pada kolom pengetikan alamat browser. Berikutnya kita kunjungi, dan taraaaaa... tampilan Blogger lama bisa kita kunjungi dan dapat kita gunakan lagi.

Bagi teman-teman yang masih bingung. Misalnya, pada URL tertulis https://www.blogger.com/blog/posts/5035884145727352519. Nah pada bagian berwarna merah kalian salin, kemudian kita tambahkan ID pada alamat URL diatas. Sehingga akan menjadi https://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=5035884145727352519&useLegacyBlogger=true. Setelah itu tekan enter pada browser.

Mohon untuk diperhatikan, mungkin teman-teman merasa cara ini agak ribet ya! Namun karena saat ini Google sudah menetapkan tampilan versi baru tersebut secara permanen, sehingga mau tidak mau untuk menggunakan interface Blogger yang lama perlu menerapkan cara ini, yaitu dengan mengunjungi tautan dari alamat URL blogger yang dulu disetiap ingin mengunjunginya lagi. Untuk lebih mudahnya, teman-teman bisa bookmark alamat URL ini agar nanti pada saat sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung mengunjunginya.

Mudah sekali bukan? Baik cukup sampai disini tutorial kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

4 komentar untuk "Trik Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Versi Lama, Anti Ribet!"

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam