Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi, Cara Mengaktifkan, dan Menggunakan Fitur Tab Komunitas pada Channel YouTube

Mengenal Fungsi, Cara Mengaktifkan, dan Menggunakan Fitur Tab Komunitas pada Channel YouTube
Mungkin teman-teman disini sudah mengetahui ya, apa itu tab komunitas di channel YouTube. Nah sebenarnya tab komunitas ini merupakan salah satu fitur yang akan muncul pada halaman channel YouTube, tetapi tidak semua channel bisa langsung mendapatkan fitur ini. Dan untuk memilikinya, diperlukan perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah channel baru.

Fungsinya sendiri untuk membagikan postingan pada suatu channel di YouTube, bisa itu berupa teks, gambar, video, playlist, video live streaming, atau bisa juga melakukan polling yang dapat diikuti oleh para subscriber yang ingin berpartisipasi.

Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan dan bermanfaat dalam mempererat keakraban dan menjalin silahturahmi antara pemilik channel dan para subscriber. Sehingga pemilik channel bisa mengetahui apa minat dan yang ingin ditonton oleh para penonton yang telah berlangganan.

Mungkin teman-teman disini ada yang bertanya, bagaimana cara memunculkan fitur tab komunitas ini.

Cara Mengaktifkan dan Memunculkan Tab Komunitas pada Channel YouTube

Sebenarnya fitur tab komunitas ini akan muncul dengan sendirinya pada suatu channel, apabila sudah memenuhi syarat yang ada, yaitu ketika channel sudah melebihi atau paling tidak telah mencapai 1.000 subscriber. Nah untuk pengalaman admin sendiri, pada channel yang saya miliki, muncul tab komunitas ketika channel sudah mencapai jumlah subscriber sekitar 1200-an. Untuk tepatnya kurang begitu ingat ya, soalnya tidak menyadari juga fitur ini telah muncul.

Namun apakah ada cara lain untuk menampilkannya?

Setau kami tidak ada ya!
Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa fitur ini akan diberikan oleh tim YouTube sendiri pada saat channel YouTube sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Tetapi apabila channel YouTube yang kalian miliki telah mencapai 1.000 subscriber, namun tab komunitas ini belum juga muncul. Nah teman-teman bisa tunggu saja sambil update konten ya, mungkin saja akan segera muncul dalam waktu dekat ini. Bisa itu hari atau minggu, yang pasti tidak akan memakan waktu yang lama.

Nah setelah fitur tab komunitas ini sudah aktif dan muncul pada channel YouTube yang kalian miliki, sehingga mungkin teman-teman merasa tampilannya menjadi agak sedikit berbeda ya!

Terutama pada menu channel YouTube yang terdapat menu baru, yaitu Tab Komunitas. Selain itu perubahan pada ikon upload dibagian atas aplikasi atau situs YouTube. Tersedia opsi penambahan yang lain ketika tombol tersebut ditekan, sebelumnya kan hanya terdapat 2 opsi saja, yaitu tombol upload video dan live streaming. Nah setelah fitur tab komunitas ini sudah aktif, saat ini maka ada opsi Posting.

Seperti ini kira-kira tampilannya ya!
Cara membuat postingan tab komunitas youtube



Cara Membuat Postingan dan Membagikannya pada Tab Komunitas


Tombol ini sendiri berfungsi untuk membuat postingan baru ke fitur tab komunitas pada channel YouTube kita masing-masing.

Tampilannya seperti ini pada saat kita menuliskan postingan, dibagian pojok kiri bawah ada 2 tombol.
Cara membuat postingan tab komunitas youtube


  • Ikon grafik digunakan untuk membuat polling pada postingan.
  • Sedangkan ikon disamping kanannya berfungsi untuk menambahkan gambar pada postingan.
Apabila sudah, disini kita bisa langsung tap pada opsi Posting yang terletak pada bagian pojok kanan atas untuk membagikannya, dan langkah berikutnya kita tunggu sampai prosesnya selesai.

Selain itu para subscriber juga bisa menanggapi kiriman dari postingan yang sudah dibuat oleh pemilik channel. Diantaranya adalah baik itu memencet tombol like, dislike, mengomentari postingan, bahkan dapat membagikan postingan tersebut.

Tidak sampai disitu saja, ternyata tidak hanya berupa teks, gambar, dan polling saja yang bisa dibagikan kedalam tab komunitas. Disini kita juga bisa membagikan postingan yang didalamnya berupa playlist, video, dan live streaming. Untuk rincian penjelasan tata cara penggunaannya, teman-teman bisa simak sebagai berikut.

Membuat Postingan (Hanya Teks, Teks dan Gambar, GIF, atau Postingan Polling)
  1. Tap ikon  lalu kemdian pilih pada opsi Postingan.
  2. Ketikan pada kolom paling atas untuk membuat postingan teks, dan untuk menambahkan gambar, GIF, atau polling. Kalian pilih untuk membuat postingan polling klik ikon ini  atau gambar  dibagian pojok kiri bawah.
  3. Terakhir pilih Posting.
Membuat Postingan Video
  1. Temukan dan buka video yang ingin kalian bagikan.
  2. Tap pada ikon   kemudian pilih Bagikan ...
  3. Ketuk Buat postingan.
  4. Silahkan kalian tambahkan pesan teks, lalu tap pada opsi Posting atau .
Membagikan Playlist dalam Postingan
  1. Silahkan kalian buka playlist yang ingin teman-teman bagikan.
  2. Pilih opsi Lainnya atau ikon  kemudian pilih Bagikan.
  3. Pilih Salin link.
  4. Tap pada ikon   lalu pilih pada Postingan.
  5. Setelah itu kalian tempel URL playlist, lalu pilih Posting.

Membuat Postingan Live Streaming
  1. Pada halaman depan, tap pada opsi Rekam .
  2. Pilih pada opsi Live stream  lalu pilih Publik  kemudian pilih Berikutnya.
  3. Setelah itu pilih judul, lalu ketuk Berikutnya.
  4. Dilanjutkan dengan memilih thumbnail yang akan digunakan untuk postingan.
  5. Memilih orientasi rekaman dengan memutar perangkat ke tampilan lanscape atau portrait (pastikan setelan rotasi layar telah diaktifkan pada Hp).
  6. Lalu tap pada opsi Bagikan  selanjutnya pilih Buat postingan.
  7. Teman-teman tambahkan teks, lalu pilih opsi Posting.
  8. Pilih Live Streaming untuk melanjutnya siaran.
  9. Terakhir apabila live streaming sudah selesai, pilih pada opsi Selesai.
Menyebut Channel Lain dalam Postingan
Selain itu teman-teman juga bisa menge-tag alias menyebut channel YouTube orang lain kedalam postingan yang akan kita buat. Caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan simbol @ dan diikuti dengan nama channel yang dimaksud. Maka setelah dilakukan cara ini, pemilik channel yang disebut akan menerima notifikasi. Dan penonton juga akan dimudahkan apabila mengekliknya, maka akan langsung diarahkan pada halaman channel tersebut.

Sebenarnya tidak hanya itu saja jenis postingan yang dapat kita buat, untuk lebih lengkapnya lagi, bisa dengan mengakses halaman Google Support ya!. Kalian bisa baca disini https://support.google.com/youtube/answer/7124474?co=GENIE.Platform%3DAndroid&hl=id

Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami yang membahas fungsi, cara mengaktifkan, dan tata cara menggunakannya untuk membagikan postingan pada channel YouTube. Apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Saksikan juga video dari channel YouTube kami. 

David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi, Cara Mengaktifkan, dan Menggunakan Fitur Tab Komunitas pada Channel YouTube"