Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti dan Menggunakan Lem Untuk Merekatkan Pemasangan LCD

LCD yang mengalami kerusakan tentu hal ini merupakan sebuah masalah yang begitu fatal. Bagaimana tidak! Seperti yang kita tahu fungsi LCD yang begitu krusial pada smartphone masa kini.

Sehingga apabila LCD rusak dikarenakan pecah, hingga menyebabkan layar tidak dapat disentuh, diperlukan penggantian dengan LCD yang baru.

Pemasangan LCD sebenarnya tidak terlalu sulit, namun ada hal yang agak membingungkan, yaitu terletak pada saat mencoba pemasangan LCD tetapi masalahnya LCD tersebut tidak menempel dengan kuat. Sehingga disarankan untuk memanfaatkan lem perekat LCD Hp.

Untuk penggunaan pertama kalinya, mungkin teman-teman ada yang merasa kebingungan gimana sih cara menggunakan lem sebagai perekat LCD. Oleh karena itu disini Davar Pedia akan memberikan tutorial cara pemasangan dan tips agar LCD dapat merekat dengan kuat dan lebih awet.

Baik langsung saja tanpa berbasa-basi, selengkapnya teman-teman dapat simak ulasannya sebagai berikut.
Cara Mengganti dan Menggunakan Lem Untuk Merekatkan Pemasangan LCD

Namun sebelum itu kalian siapkan terlebih dahulu, untuk merk nya sendiri terserah mau yang mana.

Lem LCD yang Bagus Merk Apa?

Ada berbagai rekomendasi merk lem perekat LCD yang banyak digunakan, diantaranya adalah T7000, B7000, dan masih banyak lagi. Contohnya disini kami akan menggunakan yang bermerk T7000 untuk mempraktekan tutorialnya dibawah ini.

Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP

Untuk selanjutnya di sini akan kami berikan tutorial dalam pemasangan LCD dengan menggunakan lem perekat sebagai penguat. Berikut ini langkah-langkah nya.
  1. Siapkan terlebih dahulu alat dan juga bahan yang dibutuhkan, diantaranya adalah sparepart lcd hp yang akan diganti, lem lcd, karet gelang untuk membantu dalam proses akhir nanti, baby oil/minyak kayu putih, dan juga Hp itu sendiri.
  2. Apabila sudah, kita lanjut dengan pembongkaran LCD pada Hp kalian masing-masing.
  3. Kita bersihkan lem yang masih tersisa dan menempel pada Hp.
  4. Selanjutnya oleskan lem LCD secara merata pada bagian pinggiran Hp.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  5. Setelah itu membuka kertas pelindung beserta segel pada LCD yang baru.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  6. Kita oleskan kembali lem pada pinggiran LCD agar pengeleman dapat menempel dengan kuat dan rapi. (Perhatikan pada saat pengeleman agar tidak menutupi sensor pada Hp!)
  7. Kita tunggu sekitar 2-3 menit agar lem setengah mengering.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  8. Lalu kita rekatkan LCD yang baru dengan Hp yang akan dipasangi. Sebelum itu, kita tempelkan konektor LCD terlebih dahulu yang biasanya terletak dibagian belakang ponsel.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  9. Apabila masih pemula, santai saja, perhatikan posisi pemasangan agar pas dan tidak menutupi sensor ataupun tombol fisik. Jika terdapat tombol Home pada Hp tersebut kita pasang terlebih dahulu pada bagian bawah. Kita pastikan posisi pada LCD dan Hp lurus tidak miring.
  10. Setelah itu apabila semua bagian sudah terpasang, lalu kita tekan secara merata semua bagian yang sudah kita berikan lem pada LCD Hp. (Pelan-pelan, jangan terlalu keras ditakutkan LCD akan retak atau pecah)
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  11. Selanjutnya untuk hasil yang lebih maksimal, kita ikatkan karet gelang yang sudah kita siapkan tadi ke beberapa bagian pada Hp agar lebih kuat pengelemannya.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP
  12. Kita tunggu hingga lem yang diberikan sudah benar-benar kering sekitar 1 hingga 2 jam untuk hasil yang lebih baik. Apabila sudah, selanjutnya kita lepaskan ikatan karet gelang pada Hp.
  13. Kemudian kalian bersihkan lem sisa yang masih menempel, baik itu pada LCD maupun body Hp menggunakan baby oil ataupun minyak kayu putih yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  14. Selesai, apabila semua bagian sudah bersih, dan rapi, serta LCD sudah merekat dengan kuat berarti kita sudah berhasil untuk memasang LCD dengan lem untuk membantu dalam proses pemasangannya tadi.
    Cara Menggunakan Lem Untuk Membantu Merekatkan Pemasangan LCD HP

Saran dan Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Pemasangan LCD Lebih Maksimal

  • LCD dengan harga murah, biasanya ada sedikit bagian yang kurang sempurna, entah itu soal kualitas yang dihasilkan ataupun tampilan fisik pada saat LCD sudah dipasang. Saran kami gunakan yang original sesuai dengan pabrikan Hp tersebut.
  • Berhati-hati dalam proses pembongkaran dan pemasangan LCD hingga selesai supaya lebih teliti dan tidak tergesa-gesa agar hasil sesuai yang diharapkan.
  • Pastikan untuk tidak mengenai sensor ataupun celah pada Hp, yang dikhawatirkan akan mengganggu fungsi dan kinerjanya.
  • Pastikan konektor LCD sudah benar-benar terpasang, supaya dapat berfungsi dengan baik.
  • Urutkan setiap bagian pada proses pemasangan dimulai dari yang paling sulit hingga yang lebih mudah, misal apabila Hp tersebut dilengkapi tombol home fisik, seperti pada pabrikan Samsung, kalian mulai terlebih dahulu dari bagian bawah tersebut.
  • Ikatkan karet gelang secara kuat ke beberapa bagian LCD Hp agar tidak bergeser selama beberapa jam sesudahnya.
  • Pastikan untuk membersihkan setiap lem yang masih tercecer disetiap bagian, agar hasil tetap bersih dan rapi.
Pertanyaan yang mungkin ditanyakan soal harga lem LCD ini bervariasi ya! Hal ini tergantung dengan ukuran serta merk lem tersebut. Untuk kisarannya sendiri ada yang menjual harga murah Rp. 6.000 hingga Rp. 50.000 atau diatasnya.

Baca JugaTrik Cara Merekam Video Super Stabil Tanpa Gimbal di Hp

Baik seperti itu cara mengganti dan menggunakan lem LCD pada proses pemasangan LCD Hp. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti dan Menggunakan Lem Untuk Merekatkan Pemasangan LCD"