Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Cara Merekam Video Super Stabil Tanpa Gimbal di Hp

Trik Cara Merekam Video Super Stabil Tanpa Gimbal di Hp
Dalam teknik perekaman video, agar lebih stabil dan hasil tampak smooth serta tidak goyang-goyang salah satunya adalah dengan dukungan alat gimbal yang dipasangkan pada perangkat yang digunakan, baik itu memakai kamera ataupun Hp dalam syuting video.

Namun tentunya tidak semua orang dapat memiliki gimbal sebagai alat untuk mendukung proses perekaman, terutama pada saat kegiatan vlogging. Apabila Hp yang digunakan sudah dibekali OIS, EIS, Super Steady, atau stabilizer bawaan lainnya, hal ini bisa membantu dalam menyetabilkan hasil pada video rekaman nantinya.

Tetapi apabila Hp yang dipakai belum dapat disebut mumpuni dalam sektor fitur tambahan pada kamera, yakni tidak adanya stabilizer bawaan, hal ini menjadikan hasil video akan tampak goncang ketika tangan gemetar, berjalan, hingga berlari.

Oleh karena itu, untuk sedikit mengatasi masalah yang sedang teman-teman alami, termasuk saya sendiri, pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan trik cara merekam video lebih stabil, tanpa adanya alat pendukung seperti tripod, gimbal, dan lainnya.

Langsung saja, tanpa berbasa-basi selengkapnya dapat kalian simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Merekam Video Super Stabil dengan Aplikasi Horizon Camera


Nah untuk mengatasi masalah yang mungkin saja teman-teman alami saat ini, disini kita akan memakai aplikasi Horizon Camera yang dapat teman-teman instal pada Hp Android kalian. Fungsi Horizon Camera ini adalah sebagai aplikasi pengganti dari apk Kamera bawaan di Hp yang kalian gunakan. Untuk ukuran aplikasi ini sendiri sangatlah ringan, hanya sekitar 7 MB-an saja.

Cara kerja dari Horizon Camera ini adalah dengan memanfaatkan sensor Accelerometer ataupun Gyroscope yang tertanam pada Hp, yang bisa kita pilih sesuai dengan kehendak kalian.

Untuk penggunaan dari aplikasi ini sangatlah mudah, langsung saja teman-teman dapat simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini

1. Langkah pertama download dan instal terlebih dahulu aplikasi Horizon Camera dari Google Play Store, atau bisa mencarinya di Google untuk mendapat versi lengkapnya.
2. Apabila aplikasi sudah berhasil terinstal di Hp kalian, langsung saja kita buka aplikasinya. Maka pada halaman depan ketika aplikasi ini baru saja kita buka akan ada tampilan pertama yang menjelaskan penjelasan singkat serta fitur unggulan pada aplikasi. Silahkan kalian swipe kekanan dan diakhiri dengan menekan opsi OK.
cara merekam video stabil tanpa gimbal dihp dengan horizon camera
3. Setelah itu akan ditampilkan opsi perizinan aplikasi yang perlu kita setujui, kita Izinkan saja semuanya.
cara merekam video stabil tanpa gimbal dihp dengan horizon camera
4. Dalam proses perekaman video agar hasil sesuai yang kalian inginkan, disini kita bisa memilih tipe perekaman dengan menekan ikon persegi panjang pada pojok kiri bawah. Diantaranya ada 3, yaitu:
  • Flex : kamera dapat menyesuaikan sendiri ukuran frame.
  • Rotate : dengan ukuran frame tetap
  • Locked : tidak mengoreksi otomatis, sehingga akan tampil perekaman video seperti biasa
    cara merekam video stabil tanpa gimbal dihp dengan horizon camera
Untuk memulai perekaman video, tap pada ikon Video, sedangkan untuk mengambil gambar, tap pada ikon kamera. Sehingga nantinya akan otomatis tersimpan dan bisa dilihat hasilnya dengan menekan gambar pada pojok kanan atas.

Nah sedangkan untuk mengatur beberapa setelan pada Horizon Camera yang berfungsi menyesuaikan terhadap hasil perekaman video, tap pada ikon gear yang terletak pada pojok kiri atas. Didalam menu ini, kita bisa mengatur antara lain, resolusi pada hasil kamera, kualitas video, compatibility mode, menampilkan informasi lanjutan pada video, pengaturan orientasi, pengaturan zoom speed pada mode flexible, sensor yang digunakan, mengkalibrasi sensor, pengaturan letak penyimpanan hasil foto atau video, dan pada opsi terakhir terdapat pilihan untuk mengatur atau menyembunyikan watermark Horizon Camera ini.

Nah itulah tutorial dari kami cara merekam video agar hasil lebih stabil, tidak goyang-goyang, serta lebih smooth. Sehingga hasil syuting video akan terlihat lebih profesional meski tidak menggunakan Hp yang memiliki fitur kamera lengkap.

Baik cukup sampai disini artikel singkat dari kami. Semoga dapat bermanfaat, dan apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Trik Cara Merekam Video Super Stabil Tanpa Gimbal di Hp"