Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membuat Avatan Sun Blinds Effect, Ternyata Sangat Mudah!

Avatan Sun Blinds Effect, yaps efek tersebut mungkin dari sebagian teman-teman disini sudah mengetahuinya. Efek ini sendiri belum lama ini kembali booming, serta digunakan pada foto ciwi-ciwi.

Akhir-akhir ini sun blind effect avatar kerap sekali admin temui pada postingan foto di Instagram. Sebanarnya tidak hanya di Instagram saja sih, beberapa sosial media yang lain juga tidak kalah ramai. Diantaranya adalah pada Twitter, Facebook, hingga aplikasi chatting WhatsApp juga sudah mencicipi efek seperti ini pada foto pribadi mereka.

Apa Itu Avatan Sun Blind Effect?

Tahukah teman-teman apa itu Avatar sun blind effect?

Nah bagi teman-teman yang masih cukup asing mendengar kalimat yang satu ini. Secara singkat, efek Sun Blinds merupakan bayangan dari jendela yang masuk melalui sela-sela, sehingga menciptakan bayangan yang aesthetic didalam ruangan. Nah bayangan tersebut bagi para selebgram merupakan tempat yang instagramable untuk diabadikan sebagai foto pribadi. Dan nantinya akan diupload ke akun Instagram miliknya.

Bagaimana Cara Membuat Foto Efek Sun Blind?
Cara Membuat Avatan Sun Blinds Effect

Sebenarnya untuk membuatnya sangatlah mudah, bagi kalian yang memiliki jendela bergaris-garis, nah kalian hanya perlu menunggu waktu yang tepat, hingga cahaya matahari mengenai jendela tersebut. Dan apabila sudah menghasilkan bayangan yang kece pada ruangan seperti pada efek avatar sund blind ini, kalian hanya perlu memintakan seseorang untuk memfoto dirimu, berpose..... dan cekrekkkk. Sehingga jadilah satu buah foto avatan sun blind effect. Heheh..

Nah mungkin teman-teman merasa, untuk menemukan tempat berfoto yang memiliki jendela bergaris-garis seperti ini jarang untuk kita temui. Solusinya ternyata ada aplikasi yang dibekali fitur ini. Yaitu kita bisa memanfaatkan aplikasi yang bisa kalian instal pada Hp yang teman-teman miliki, yang didalamnya sudah disediakan efek avatan sun blind.

Bagi teman-teman yang juga berminat juga, tidak ada salahnya mencoba cara membuat avatan sun blind effect ini juga, oleh karena itu pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan membagikan tutorialnya khusus untuk kalian. Baik, tanpa perlu berbasa-basi, langsung saja teman-teman dapat simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp 

Efek ini sendiri cukup diminati oleh para ciwi-ciwi, sehingga tidak harus menjadi selebgram untuk kalian dapat memiliki foto yang kece dan kekinian dengan efek sun blind ini.

Untuk membuatnya kita akan menggunakan aplikasi editing yang terbilang ringan dan kecil ukurannya.

Cara Pertama: Menggunakan Filter pada Aplikasi Instagram

Untuk cara yang pertama ini nggak perlu jauh-jauh kok. Karena pembuatannya ini bisa dilakukan dengan mudah dan sangat praktis, yaitu dengan filter pada aplikasi Instagram. Tentu teman-teman disini pastinya sudah memiliki akun IG bukan? Nah langsung saja simak caranya sebagai berikut.
  1. Buka aplikasi Instagram pada Hp yang teman-teman gunakan saat ini.
  2. Tap pada menu pencarian, dan ketikkan pada kolom pencarian akun Instagram "Prilliarde". Akun ini merupakan pembuat filter sun blinds effect. Apabila sudah ketemu buka akun IG tersebut.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Instagram
  3. Didalamnya maka akan ada menu Filter yang memiliki ikon smile seperti gambar dibawah ini, tap pada menu Filter.
  4. Lalu kita pilih filter dengan nama gold'n hour. Selanjutnya pilih opsi Coba.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Instagram
  5. Langkah berikutnya silahkan kalian arahkan kamera ke wajah untuk menyesuaikan tampilannya. Jika sudah pas, dan foto sesuai yang diinginkan, lalu tangkap foto tersebut.
  6. Nah foto dengan efek sun blind sudah berhasil kita lakukan ya! Langkah selanjutnya teman-teman bisa menyimpan foto tersebut ke galeri apabila sewaktu-waktu mau dijadikan PP foto profil WA, IG, ataupun hendak menguploadnya pada postingan Instagram.

Mudah dan praktis bukan? Namun jika pada menu pada akun Instagram tersebut tidak disematkan menu Filter, sebelumnya pastikan sudah menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru. Apabila belum, silahkan lakukan pembaruan terlebih dahulu.

Cara Kedua: Menggunakan Aplikasi Avatan

Selanjutnya pada cara yang kedua, kita bisa menggunakan aplikasi Avatan yang dapat diinstal pada Hp Android untuk melakukan pembuatan foto Avatan sun blind effect. Ukuran dari aplikasi Avatan ini terbilang sangat ringan, hanya 6 MB an saja. Caranya juga simpel banget, berikut ini penjelasannya.
  1. Langkah pertama, download dan instal terlebih dahulu aplikasi Avatan dari Google Play Store atau bisa langsung klik disini. Dan bahan yang kedua adalah gambar sun blinds effectnya. Agar lebih bagus, ada baiknya teman-teman download avatar sun blinds effect HD. Untuk mempermudahnya disini kami sudah siapkan mentahannya untuk kalian download disini.
  2. Apabila sudah berhasil terinstal dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, langsung saja buka aplikasinya. Kemudian ketuk Accept and Continue untuk melanjutkan.
    cara membuat avatan sun blinds effect di hp android
  3. Lalu tap pada ikon tambah (+) pada bagian kiri bawah. Kemudian pilih foto yang akan diedit.
  4. Jika sudah, langkah selanjutnya kita masukkan mentahan efek sun blind yang sudah kalian download (update, ternyata pada aplikasi ini sudah disediakan tekstur dengan efek sun blind, jadi kalian tidak perlu menggunakan mentahan gambar dengan efek sun blind pada link diatas). Nah untuk menambahkan tekstur, caranya tap pada menu Texture pada bagian pojok kanan bawah seperti yang sudah kami tunjukkan pada gambar dibawah ini. Selanjutnya kalian cari tekstur yang bernama "datura_id" dan pilih tektur dengan nama tersebut.
    cara membuat avatan sun blinds effect di hp android
  5. Lalu masih pada kolom Color, pada opsi Normal kita ganti menjadi Multiply. Selanjutnya kita turunkan tingkat transparansinya menjadi 70 (sesuaikan dengan selera). Kemudian jika sudah tap pada ikon centang dibagian bawah.
    cara membuat avatan sun blinds effect di hp android
  6. Untuk menyimpannya pada galeri atau memori penyimpan perangkat, tap pada tulisan Next pada bagian pojok kanan atas, setelah itu pilih Galeri untuk menyimpan. Kalian juga bisa memilih opsi, misal Facebook, Instagram, Twitter untuk membagikannya secara langsung pada akun sosial media yang teman-teman miliki.
    cara membuat avatan sun blinds effect di hp android
  7. Selesai. Disini kita sudah berhasil membuat foto dengan efek sun blinds menggunakan aplikasi Avatan.

Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi Indie-d3d video Effect for Ins & TikTok

Cara yang ketiga ini bisa teman-teman gunakan untuk hasil sun blinds yang bagus. Karena pada aplikasi ini sudah disediakan efek Sun Blinds alias window effects yang tentunya keren banget. Oke berikut ini cara menggunakan aplikasinya dan untuk membuat foto dengan efek sun blinds.
  1. Langkah pertama download dan instal terlebih dahulu aplikasi "Indie-d3d video Effect for Ins & TikTok" pada Play Store atau bisa klik disini.
  2. Jika sudah terinstal di Hp-mu, langsung saja kita buka aplikasinya. Pada halaman depan aplikasi, kita izinkan untuk menggunakan kamera.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp
  3. Langkah selanjutnya jepret wajah yang akan dijadikan avatar sun blinds effect. Atau kalian juga bisa menggunakan foto yang tersimpan pada galeri. Caranya tap pada ikon Galeri pada bagian atas.
  4. Pilih saja foto yang akan diedit, lalu pilih mau mengedit sebagai foto atau video. Disini kami pilih Edit As Photo.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp
  5. Kemudian tap menu Effect dengan ikon berlian pada bagian kiri bawah.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp
  6. Pada menu ini kalian bisa menemukan berbagai macam efek yang bisa kalian gunakan. Karena disini kita akan membuat efek bayangan pada jendela, pilih efek Sun Blinds.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp
    Di sini terdapat 4 efek Sun Blinds dengan model yang berbeda yang bisa kita gunakan secara gratis. Silahkan pilih model yang kalian hendaki. Jika sudah maka akan ditampilkan mengenai pratinjau ketika efek sun blind yang kalian pilih sudah digunakan. Apabila sudah sesuai dengan yang kalian suka, tap pada ikon Cecklist(V).
  7. Nah jika semua pengeditan sudah selesai dan tidak mau ditambahkan lagi, langkah berikutnya untuk menyimpannya pada galeri tap pada ikon lingkaran berwarna hijau pada pojok kanan atas layar. Maka setelah kita klik foto hasil editan dengan menggunakan efek sun blind sudah secara otomatis tersimpan pada memori penyimpanan perangkat. Untuk membagikannya ke sosial media kalian bisa tekan pada ikon berbagi pada bagian bawah.
    Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp

Kekurangan dari memakai cara ini yaitu dalam membuat efek avatar sun blinds pada foto dengan menggunakan aplikasi ini adalah adanya Watermark alias tanda air yang tertempel pada ada pojok kanan bawah foto tersebut, yang bertuliskan Indie. Namun Kalian tidak perlu risau disini kita bisa menghilangkannya dengan cara cara menggunakan versi premium atau bisa juga mengakalinya dengan meng-crop atau memotong foto pada bagian bawah pada saat hendak menguploadnya ke Instagram dan sebagainya.
Cara Membuat Foto Avatan Sun Blind Effect Sendiri Melalui Hp

Mudah sekali bukan cara membuat avatan sun blinds effects ini dengan cara diatas. Ketiga cara di atas teman-teman bisa memilihnya yang menurut kalian paling mudah cepat serta praktis ketika digunakan, untuk membuat sun blind effect avatar, baik itu tanpa aplikasi ataupun dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang tentunya memiliki fungsi yang sama-sama bisa digunakan dalam pengeditan foto avatar sun blinds effect, yang menghasilkan gambar avatan sun blinds effect HD, sehingga postingan tersebut menjadi kekinian dan instagramable seperti yang selebgram bagikan, meski disini bukan merupakan tempat aslinya, dan mungkin saja orang lain yang masih awam mengira bahwa foto ini adalah asli. Heheheh..

Baca Juga: Cara Edit Foto dengan Background Hitam Putih yang Kece dan Instagramable dengan PicSay Pro

Oke... mungkin cukup sampai disini tutorial singkat kali ini dari kami. Apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

1 komentar untuk "3 Cara Membuat Avatan Sun Blinds Effect, Ternyata Sangat Mudah!"

  1. Sparkle Photo Effect & Pip Editor Pip Editor - Masterlogix best app to make your photo fully attractive and heart touching.
    You can use four tools in this app with many effects like photo frames, overlays effects, twinkle effects, photo cropping, photo filters and photo borders in this best Photo Editor App - Pip Camera - Sparkle Effect (Blur)

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam