Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nomor Pusat Pesan Semua Operator di Indonesia dan Cara Mengaturnya

SMSC alias nomor pusat pesan merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk diisi, sebab memiliki fungsi yang sangat penting.

Sebagai layanan komunikasi yang sudah lebih dulu ada, pesan teks atau yang saat ini kita kenal dengan SMS, hadir lebih dulu ketimbang internet yang saat ini menjadi sarana telekomunikasi yang lebih beragam lagi diera modern seperti sekarang ini. 

Dengan hadirnya SMS, menjadi jawaban bagi pengguna apabila memiliki pulsa yang sedikit, sebab tarif yang ditawarkan provider lebih murah. Dibandingkan telepon dikala dulu.

Bicara soal SMS, salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan adalah pada nomor pusat pesan. Sebab apabila message center ini tidak terisi dengan benar, maka akan mengakibatkan berbagai permasalahan seperti tidak dapat mengirimkan sms ataupun melakukan panggilan dial, seperti misalnya pada saat dilakukan pengecekan pulsa, sisa kuota, dan juga masa aktif kartu.
Daftar Nomor Pusat Pesan Semua Operator di Indonesia dan Cara Mengaturnya
Nomor pusat pesan ini sendiri memiliki fungsi menyimpan, merubah, dan mengirimkan sms yang kita kirimkan.

Seperti yang kita tahu, nomor pusat pada layanan pesan teks ini memiliki nomor tersendiri yang berbeda, dan tidak sama pada tiap operator di Indonesia. Sehingga hal ini akan menjadi masalah jika tidak diinput dengan benar, seperti yang sudah kami utarakan tadi diatas.

Nah pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan informasi mengenai daftar nomor pusat pesan pada seluruh operator di Indonesia, mulai dari Telkomsel, Three (3), XL, Axis, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan lainnya. Sehingga teman-teman dapat mengecek dan memastikannya jika semisal terjadi kesalahan ketika pengiriman sms yang ternyata gagal. Baik langsung saja, teman-teman dapat simak ulasannya sebagai berikut.

Daftar Nomor Pusat Pesan Semua Operator (SMSC) di Indonesia


Operator
Nomor Pusat Pesan
XL Axiata
 +62818445009
Telkomsel (SimPATI, HALO, As)
+6281100000
Three (3)
+6289644000001
Axis
+628315000032
Smartfren
+628811223344
Indosat Ooredoo
+62855000000
Indosat Ooredoo Mentari dan Matrix
+62816124

Cara Mengatur Nomor Pusat Layanan Pesan pada Hp

Untuk mengecek dan memastikan bahwa SMSC pada Hp kalian sudah terisi dengan benar, ataupun belum. Sehingga teman-teman dapat mengaturnya sendiri, langkah-langkahnya kalian bisa simak sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Pesan di Hp kalian.
  2. Kemudian buka menu Pengaturan Pesan, untuk peletakannya sendiri ada beberapa tipe yang berbeda, namun intinya tetap sama. Disini kami menggunakan hp samsung, pertama tap pada ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas >> buka menu Pengaturan >> lalu pilih Pengaturan Lainnya >> selanjutnya pilih menu Pesan Teks.
  3. Setelah itu buka pada menu Pusat Pesan, kemudian silahkan teman-teman cek pada kolom tersebut. Apakah nomor SMSC yang tertera sudah benar atau belum terisi. Jika belum, segera masukkan nomor pusat pesan teks sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini. Untuk daftarnya bisa teman-teman lihat pada list diatas.

Atau dengan cara yang lain:

  1. Buka aplikasi Telepon.
  2. Kemudian ketikan *#*#4636#*#*
  3. Pilih Phone Information, pilih sim 1 atau 2.
  4. Gulir kebawah, maka kalian maka kalian akan melihat area SMSC .
  5. Setelah itu isikan nomor SMS Center Operator.
  6. Apabila sudah diisi, selanjutnya pilih Update.
  7. Selesai.

Nah itulah mengenai daftar nomor pusat pesan pada semua operator di Indonesia beserta cara mengaturnya. Sehingga kalian dapat mengecek serta memastikan bahwa nomor pusat pesan alias SMSC yang ada sudah benar, sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini.
Dan jika kalian mengalami masalah ketika pengiriman pesan teks, bisa jadi masalah sms tersebut tidak terkirim, diakibatkan karena nomor pusat pesan tidak terisi dengan benar. Setelah itu kalian bisa restart Hp, dan mencoba kembali mengirimkan sms sebelumnya. Namun jika belum mengatasi masalah gagal saat pengiriman pesan, kalian bisa menghubungi call center ataupun mendatangi gerai dari provider terdekat didaerah kalian.

Baik mungkin cukup sampai disini pembahasan pada artikel kali ini dari kami. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun semisal ada nomor pusat pesan yang belum tertera pada daftar di atas sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini, silakan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Daftar Nomor Pusat Pesan Semua Operator di Indonesia dan Cara Mengaturnya"