Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Cara Mengatasi Verifikasi Identitas Google Adsense yang Gagal

Solusi Cara Mengatasi Verifikasi Identitas Google Adsense yang Gagal
Pada hari ini, ketika artikel ini ditulis, saya baru saja berhasil dalam melakukan verifikasi identitas atau mengupload kartu tanda pengenal, bisa dengan ktp, sim, dan juga passport di Google Adsense. Tahap ini sebenarnya sangat merumitkan bagi saya sendiri yang tergolong masih pemula sekali dalam bidang ini. Terlebih umur saya saat ini masih dibawah 17 tahun, tepatnya baru 16 tahun.

Pertama-tama saya akan bercerita sedikit pengalaman admin sebagai publisher adsense pemula, yang sudah dibuat bingung karena pengajuan untuk yang pertama kali ditolak oleh Google Adsense. 

Alasannya simpel, yaitu masa berlaku kartu identitas sudah tidak dapat digunakan alias kadaluwarsa.

Setelah saya cari tau di Internet, cari sana sini akhirnya mendapat informasi, memang benar ketika mengajukan dengan ktp yang tertulis sudah terlampaui dari hari ini, pasti akan ditolak oleh Adsense. 

Sempat bingung juga pada waktu itu, belum lama sih baru kemarin lusa kok diajukannya, dan tidak sampai sehari sudah mendapatkan jawabannya melalui E-mail.

Yang saya merasa heran adalah mengapa hal ini bisa terjadi, soalnya kan saat ini ktp sudah menerapkan sistem E-ktp, yang mana ktp dari masyarakat, sebenarnya berlaku seumur hidup, meski pada ktp tertulis sudah terlampau masa berlakunya. 

Contohnya saja, pada saat mengupload foto kartu identitas ini dihalaman Google Adsense, percobaan pertama saya menggunakan ktp punyanya bapak saya, dan masa berlakunya tertulis hanya sampai 2017 saja. Sehingga saya pun bertanya kepada orang tua saya dalam bahasa jawa yang tergolong kurang sopan untuk orang yang lebih tua dari saya :v "pak, ktp ne tekan kapan iki, kok tulisane ketok 2017" lalu orang tua saya pun menjawab "kuwi ki wes sek paling anyar.....". 

Setelah itu, saya pun menyimpulkan, entah benar atau tidak, teman-teman bisa koreksi apabila saya keliru, bahwa sebenarnya masa berlaku ktp saat ini sudah tercatat berlaku selama seumur hidup, meski pada ktp belum dilakukan pembenahan dari pihak sendiri. Namun pihak Adsense mengetahuinya sudah kadaluwarsa. Seperti isi pesan e-mail yang dikirimkan pada waktu penolakan verifikasi identitas seperti gambar dibawah ini.

Pada waktu itu, sebenarnya saya sudah mengulik informasi diinternet dan menanyakan hal ini di grup facebook Blogger Indonesia.

Saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang memberikan bantuan berupa tips dan saran untuk mengajukan verifikasi identitas ini.

Dan untuk percobaan kedua saya, akhirnya berhasil dengan menggunakan ktp punyanya kakak perempuan saya. Namun sebelum itu, saya pastikan semua identitas akun, mulai dari profil pembayaran, dan identitas pemilik akun adsense saya ganti semua.
Solusi Cara Mengatasi Verifikasi Identitas Google Adsense yang Gagal
Tidak sampai disitu saja, selain itu nama, tanggal lahir, bahkan gender diakun Google, terlebih dahulu saya ganti sesuai biodata saudara kandung saya. 

Tidak lupa setiap sehabis ibadah, saya panjatkan doa kepada Allah SWT, agar dimudahkan jalan dalam mengajukan verifikasi identitas ini.

Saya tidak ingin percobaan kedua sampai mengalami kegagalan lagi. Seperti yang kita tahu, pihak Adsense hanya memberikan 3 kali kesempatan saja, setelah itu apabila gagal akun Google Adsense kita akan direset atau mengulangnya dari nol.

Dan Alhamdulillah..

Proses yang cukup membuat saya kebingungan ini bisa teratasi pada percobaan yang kedua kalinya. Hal ini membuat saya lega dan senang. :)

Saat ini saya tinggal menunggu kode verifikasi alamat (verifikasi pin) yang dikirimkan pak pos sampai kealamat rumah saya. Semoga saja bisa segera terkirim.

Namun tidak sampai itu saja sebenarnya prosesnya, yang terpenting saya harus lebih bersemangat lagi dalam membuat konten-konten bermanfaat diblog kecil saya ini, sembari menunggu pundi-pundi rupiah terkumpul sampai mencapai ambang batas pembayaran (gajian) :v.

Amiiin...

Sebab proses verifikasi ini barulah awal, sebelum kita dapat menarik saldo dari hasil kerja keras kita selama ini.

Nah berikut ini, saya akan berikan tips-tips yang semoga apabila teman-teman saat ini melakukan pengajuan verifikasi identitas ktp, bisa berjalan dengan lancar, dan tentunya dapat berhasil diverifikasi dengan segera.

Cara Mengatasi Verifikasi Identitas dengan KTP yang Gagal 


1. Menggunakan KTP dengan Masa Berlaku yang Masih Ada

Apabila teman-teman pernah melakukan pengajuan verifikasi identitas, dengan mengirimkan foto KTP, dan ternyata gagal dengan alasan masa berlaku sudah habis, berarti masalahnya sama dengan admin.

Menurut beberapa saran dari anggota grup dan pendapat blogger diluar sana, jika kita mengajukan KTP yang tertulis, tahun berlakunya sudah kadaluwarsa atau sudah habis, besar kemungkinan akan ditolak.

Setelah saya mendapatkan pesan e-mail dari Google Adsense, saya pun berfikir untuk memperbaiki hal ini.

Dari pengalaman admin setelah saya mencoba untuk menggunakan foto ktp milik kakak perempuan saya, pada bagian masa berlaku tertulis seumur hidup, saya pun memantapkan niat dengan mencoba untuk mengajukan kembali pada dasboard Adsense.

Dan benar saja, tidak butuh waktu lama, Google Adsense menyatakan proses verifikasi identitas ini berhasil untuk dilakukan.

Namun sebelum itu, pastikan nama identitas pembayaran ini diwajibkan sama dengan nama pada KTP yang diupload. Bila perlu, ganti juga nama pemilik akun Adsense, apabila ktp yang kalian gunakan bukan milikmu. 

2. Menggunakan SIM Sebagai Proses Verifikasi Identitas

Cara yang kedua ini bisa teman-teman lakukan apabila kartu identitas lainnya, memiliki tampilan yang kurang jelas apabila difoto. Dalam kebijakan Google Adsense seperti pada email yang dikirimkan, memberikan kelonggaran untuk bisa memverifikasi identitas ini dengan KTP, SIM, dan terakhir memakai Paspor apabila kalian berada diluar negeri.

3. Melakukan Scan Kartu Identitas

Apabila kalian mengalami masalah penolakan saat verifikasi identitas dengan alasan gambar tidak jelas, teman-teman bisa melakukan scan terhadap kartu KTP ataupun SIM apabila semuanya memiliki tulisan yang kurang dapat dibaca, dan foto identitas kurang jelas. Kalian bisa menggunakan aplikasi di Play Store yang bernama Scan Kamera, dan melakukan scanner sampai kartu identitas benar-benar nampak, bisa terbaca dengan jelas informasi didalamnya, dan fotonya juga jelas. Apabila gambar kurang terang, kalian bisa menambah kecerahan dari gambar supaya benar-benar jelas. Apabila sudah yakin, kalian bisa ajukan kembali dengan penuh hati-hati.

4. Menggunakan Jasa Verifikasi Identitas

Cara terakhir yang bisa kami berikan adalah dengan menggunakan jasa verifikasi identitas yang ada diluar sana. Tetapi pastikan, penyedia jasa tersebut amanah dan terbukti keasliannya ya!. Biasanya dengan jasa ini, tidak membutuhkan waktu yang lama sudah berhasil terverifikasi.

Tips Dalam Pengambilan Foto

Dalam mengambil gambar dari kartu identitas ini tidak boleh sembarangan. Sebab dengan kesalahan sedikit saja, bisa saja permohonan verifikasi identitas kalian ditolak, dan hanya menyia-nyiakan 3 kali kesempatan dalam pengajuan. Kesalahan yang umum dilakukan adalah, gambar tidak jelas, informasi tidak dapat terbaca karena terdapat pantulan cahaya, ada bagian informasi yang terpotong, dan sebagainya. Beberapa tips dalam memfoto kartu identitas adalah sebagai berikut.
  • Memfoto seluruh bagian dari kartu identitas, tidak ada bagian yang terpotong.
  • Hasil foto harus dapat terbaca dengan jelas serta fokus.
  • Menghindari pantulan cahaya yang menyebabkan dokumen menjadi kurang dapat terbaca. (Jangan memakai lampu kilat saat memotret, karena ini akan menyebabkan kilau dalam foto).
  • Mengambil gambar dalam tempat yang terang, usahakan pada siang hari. Namun jangan memotret dibawah matahari. (Bisa diteras rumah dekat pintu, karena cahayanya sangat mendukung)

Baca Juga : 7 Situs Untuk Mengecek Plagiarisme Tulisan Terbaik

Nah itu dia mengenai pengalaman serta tips dalam mengatasi pengajuan verifikasi identitas Google Adsense yang gagal, terutama bagi teman-teman yang masih berusia dibawah 17 tahun, sehingga belum memiliki KTP ataupun SIM. Apabila ada hal yang perlu ditanyakan dari teman-teman, kami akan mencoba menjawabnya, meskipun tidak menjadi yang terbaik.


David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Solusi Cara Mengatasi Verifikasi Identitas Google Adsense yang Gagal"