Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi

Di era modern seperti saat ini, sudah banyak tempat-tempat yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis. Tempat-tempat yang biasanya dipasangi, seperti rumah makan, kantor, kafe, sekolahan bahkan warung pinggir jalan sekalipun terkadang juga menyediakan layanan free Wi-Fi.

Di zaman yang super canggih ini, kebutuhan akan internet memang tidak dapat dihindari lagi. Bahkan saat ini sudah banyak yang mulai beralih ke jaringan Wi-Fi untuk bisa mengakses internet. Sebab, teknologi wifi terbilang memiliki beberapa kelebihan dibanding memanfaatkan layanan dari provider.

Namun, di saat sedang asyik menikmati layanan Wi-Fi gratis, pernahkah kalian mengalami masalah seperti wifi yang tidak bisa konek atau bahkan tiba-tiba putus? 
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi

Smartphone yang seringkali mengalami masalah tidak mau tersambung ke jaringan Wi-Fi, penyebabnya bisa bermacam-macam. Nah, dalam kesempatan kali ini Davar Pedia akan mengulas secara singkat tentang penyebab dan cara mengatasi Android yang tidak bisa konek ke Wi-Fi. Jadi, silahkan simak baik-baik uraian berikut ini ya! 

Penyebab Koneksi Wi-Fi Terputus atau Tidak Bisa Konek

Semisal kalian sedang mengunduh sesuatu, dan ternyata proses download terhenti akibat koneksi Wi-Fi terputus dengan sendirinya. Dan ketika kalian mau menyambungkan kembali, tetapi tidak bisa terhubung. Hal ini tentu membuat kalian kesal bukan? Sebenarnya hal ini terjadi bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari jarak perangkat yang kalian gunakan terlalu jauh dengan sumber pancaran Wi-Fi, pengguna yang memakai banyak, atau bisa juga gadget yang kalian gunakan saat ini diblok oleh pemilik Wi-Fi semisal kalian menggunakan Wi-Fi bajakan punyanya tetangga rumahmu.

Bagaimana Cara Menyambungkan Wi-Fi yang Tidak Bisa Terhubung?


Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk memperbaiki Wi-Fi yang tidak bisa konek. Selengkapnya dapat kalian simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Memastikan Waktu dan Tanggal Sudah Benar
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Android yang tidak mau konek ke Wi-Fi adalah memastikan waktu dan tanggal di smartphone sudah benar. Ya, mungkin hal ini terlihat sepele, namun nyatanya dapat menyebabkan berbagai hal serius pada smartphone. Sebab, jika pengaturan jam dan tanggal yang tidak tepat, dapat memberikan dampak gagal konek ke jaringan Wi-Fi. Oleh karena itu, silahkan periksa pada pengaturan Hp teman-teman dan lihat apakah semua sudah di setting dengan benar atau belum. 

2. Melupakan Jaringan Wi-Fi yang Tidak Terpakai
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi

Cara kedua yang bisa kalian coba untuk mengatasi Android yang tidak bisa konek ke jaringan Wi-Fi adalah dengan melupakan jaringan Wi-Fi yang sudah tidak terpakai lagi. Nah, jika teman-teman salah satu orang yang gemar menggunakan Wi-Fi, tentu sudah banyak jaringan yang telah kalian masuki bukan? Semua nama jaringan Wi-Fi yang pernah kalian pakai biasanya akan tersimpan di smartphone dan hal ini jika dibiarkan atau tidak dihapus dapat menyebabkan masalah.

Untuk itu, cobalah masuk ke pengaturan, kemudian pilih Wi-Fi dan lihat berapa banyak jaringan yang tersimpan disana. Jika sudah terlalu banyak, maka klik pada salah satu jaringan wifi yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian pilih forget / lupakan. Dengan begitu, hal ini dapat mengurangi jumlah jaringan yang tersimpan di smartphone android teman-teman.

3. Matikan dan Hidupkan Kembali Wi-Fi
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi

Cara ini cukup ampuh mengatasi koneksi Wi-Fi yang tiba-tiba terputus, sehingga dengan ini kita lakukan, sumber Wi-Fi yang semula hilang, akan muncul kembali. Cara lainnya yang memiliki prinsip sama, kalian bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat, dan kemudian menonaktifkan kembali. Sebab ketika kita mengaktifkan mode pesawat, akan secara otomatis menonaktifkan fitur Wi-Fi di smartphone Android.

4. Restart Android

Jaringan Wi-Fi yang dalam keadaan limited bisa saja menjadi salah satu penyebab Android kalian susah konek ke jaringan Wi-Fi. Bukankah kalian sering mengalami gagal konek ke jaringan wifi karena ia bersifat limited? Lantas, bagaimana cara mengatasinya ? Yaitu cobalah restart perangkat android kalian, lalu aktifkan kembali Wi-Fi, dan mencoba menyambungkan kembali.
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi
Namun apabila belum mau konek juga, maka silahkan coba beberapa saat lagi. 
 

5. Cek dan Mematikan Layanan Antivirus Android

Aplikasi antivirus seringkali memprotect perangkat kalian terlalu ketat, sehingga seringkali membatasi jaringan yang bisa kalian masuki. Hal ini tentu saja berpengaruh jika teman-teman hendak menggunakan jaringan Wi-Fi yang baru. Pasalnya, jaringan Wi-Fi baru yang tidak dikenal, misal dicurigai berbahaya oleh antivirus sehingga ia akan mengeblok dan akhirnya tidak bisa konek. Nah, jika hal ini terjadi, maka cobalah kalian matikan terlebih dahulu layanan proteksi antivirus untuk sementara waktu, supaya dapat tersambung ke jaringan Wi-Fi.

6. Coba Menyambungkan di Perangkat Lain

Jika semisal kalian menggunakan jaringan Wi-Fi secara diam-diam Dan ternyata, ponsel yang kalian gunakan tidak bisa konek, ada kemungkinan hp Android mu diblok oleh pemiliknya karena yang punya Wi-Fi tidak rela setelah mengetahui perangkat kalian terhubung di Wi-Fi miliknya. Hehehe..

Cara mengetahui apabila perangkat yang kalian gunakan saat ini diblokir oleh pemilik Wi-Fi, adalah dengan mencoba menyambungkannya pada perangkat lain. Jika masih bisa, dapat dipastikan ponselmu yang sebelumnya kalian pakai diblok oleh pemilik Wi-Fi.

7. Login ke Mikrotik

Cara terakhir yang dapat kami berikan, adalah melakukan login pada Hotspot yang diamankan dengan mikrotik. Penyebab masalah ini sebenarnya bisa karena jarak dari pancaran Wi-Fi yang terlalu jauh, pengguna yang memakai banyak, bug pada software, dan lain sebagainya. Cara ini sebenarnya hanya berlaku untuk teman-teman yang mengalami masalah form login tidak muncul pada bilah notifikasi.
Cara mengatasi tidak bisa muncul halaman login Wi-Fi
Solusinya adalah dengan membuka browser diperangkat yang kalian gunakan, lalu ketikan 192.168.1.1 pada kolom alamat yang tersedia. Dan tunggu sebentar, sampai halaman login muncul. Jika sudah, kalian tinggal isikan nama pengguna dan kata sandi yang benar.


Itulah dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara mengatasi android yang tidak konek ke wifi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi teman-teman yang mengalami masalah smartphone android kalian yang tidak mau tersambung ke wifi.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Tidak Bisa Konek ke Wi-Fi"