Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Situs Untuk Mengecek Plagiarisme Tulisan Terbaik

Plagiarisme merupakan suatu tindakan yang tidak boleh untuk dilakukan. Meski hanya beberapa kalimat atau satu paragraf saja, akan tetapi tetap saja jangan kita lakukan.

Pelanggaran hak cipta dengan teknik copas (copy paste) saat ini marak sekali dilakukan. Padahal jelas-jelas sanksi yang sudah ditetapkan cukup berat. Apabila ada seseorang yang melakukan tindakan atau pelanggaran tersebut, bisa saja akan dibawa ke ranah hukum.

Untungnya saat ini telah tersedia beragam tools yang difungsikan sebagai alat untuk mengecek dan mendeteksi tulisan kita, sudah benar-benar original atau tidak dengan situs-situs yang ada diinternet.
Situs Untuk Mengecek dan Mendeteksi Plagiarisme Online Terbaik Secara Gratis
Bagi seorang blogger, tools seperti ini wajib untuk dimiliki. Sebab tools ini berfungsi untuk memastikan tulisan benar-benar original dan bebas plagiarisme. Saat ini tools untuk mengecek tulisan bebas hak cipta tersedia sangat banyak. Kita bisa memilih mana yang paling baik dan nyaman untuk kita gunakan.

Baca Juga : Ini 3 Situs Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!

Berikut Davar Pedia akan berikan rekomendasi 7 situs yang paling baik dan gratis untuk kita gunakan untuk mendeteksi plagiarism tulisan.

Selengkapnya kalian bisa simak ulasannya sebagai berikut.

7 Situs Untuk Mengecek dan Mendeteksi Plagiarisme Online Terbaik Secara Gratis


1. Copyscape.com

Pertama situs yang bisa kalian gunakan untuk mengecek apakah tulisan kita benar-benar unik adalah Copyscape. Tools yang satu sangatlah mudah untuk kita gunakan.

Namun yang disayangkan pada versi gratis, ada batasan setiap bulannya untuk setiap domain yang kita cek. Untuk mengatasinya, kalian bisa upgrade menjadi premium untuk dapat menggunakannya tanpa batas. Tentunya kita harus mengeluarkan biaya untuk terus dapat mengecek tulisan kita. Hal itu terbayar dengan fasilitas terbaik yang ditawarkan.

Menariknya, untuk menggunakan copyscape untuk mendeteksi tulisan, kita hanya perlu memasukkan alamat url saja untuk memulai pengecekan. Bila sudah Copyscape akan segera menampilkan hasil yang didapat. Apabila hasilnya baik-baik saja, berarti tulisanmu tidak ada yang plagiat. Namun bila hasilnya terdapat kalimat-kalimat yang sama dengan situs lain, segeralah untuk memperbaikinya. Semisal mengganti kosakata dengan makna sejenis, atau menambahkan beberapa kata.


2. Plagiarism Checker by SmallSeotools

Tools online yang kedua ini juga sangat bagus untuk kalian gunakan. Tools ini sendiri merupakan plagiarism checker dari SmallSeotools. Sehingga tidak perlu lagi untuk ragu dengan hasilnya.

Selain hasil yang akurat, situs ini sangat mudah untuk digunakan, dan yang paling penting gratis. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengcopy tulisan yang ingin dicek, lalu mem-paste-nya dikolom yang disediakan.

Sayangnya tools ini hanya bisa menguji maksimal 1000 kata saja setiap pengecekan. Jadi mau tidak mau, bila tulisan yang ingin dicek lebih dari batas tersebut, kita perlu mengeceknya lagi secara tidak bersamaan sekaligus.

3. Duplichecker

Alat selanjutnya yang dapat kalian gunakan dari duplichecker yang beralamatkan www.duplichecker.com. Situs yang satu ini sudah cukup dikenal saat ini. Namun yang menjadi kekurangan dari tools yang satu ini hanya dapat mengecek 1500 kata perhari diversi gratisnya. Bila ingin lebih leluasa, kita perlu upgrade menjadi versi premium.

Untuk menggunakannya kita hanya meng-copy paste tulisan ke tempat yang disediakan.

4. PlagTracker

Selanjutnya situs yang bisa kalian manfaatkan adalah dari PlagTracker. Tak kalah dengan sebelumnya, situs ini mampu untuk menguji apakah tulisan kita ada kesamaan dengan kesamaan dengan website lain atau tidak.

PlagTracker memberikan kesempatan untuk kalian secara gratis sebatas 5000 kata saja. Bila ingin melakukan pengecekan lebih dari itu, kita diperkenankan membayar atau berlangganan ke premium.

5. PlagScan

Tools berikutnya yang dapat kalian gunakan adalah PlagScan. Situs ini sendiri sudah banyak digunakan oleh khalayak umum. Kita hanya perlu menyalin tulisan dan menempelnya ke kolom yang telah disediakan. Selain itu, kita juga bisa mengupload file ms word atau pdf untuk discan tingkat originalitas tulisan dari file tersebut antara situs-situs yang ada diinternet. Menarik bukan?.

6. Dustball Plagiarism Checker

Berikutnya ada lagi situs untuk mengetes tingkat keunikan tulisan, yakni berasal dari Dustball. Tidak kalah canggih dengan daftar sebelumnya tools online yang satu ini juga mampu untuk dijadikan patokan dalam membuat sebuah karya tulisan secara gratis. Apakah artikel yang kita buat benar-benar original atau ada kata yang memiliki kemiripan dengan situs lain.


7. PlagiarismChecker.com

Dan terakhir daftar rekomendasi yang dapat kami berikan adalah situs Plagiarismchecker. Aplikasi ini mampu mengetahui tulisan itu original atau tidak dengan situs yang ada dimesin pencarian Google ataupun Yahoo, yang pastinya dapat kalian gunakan secara gratis ya!

Penutup
Nah itu dia beberapa rekomendasi dari kami daftar situs untuk mengecek dan mendeteksi plagiarisme terbaik yang dapat kami berikan. Sebenarnya diluar sana masih ada banyak sekali tools online yang bisa digunakan, akan tetapi kami hanya memberikan daftar 7 saja, meski begitu semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "7 Situs Untuk Mengecek Plagiarisme Tulisan Terbaik"