Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Situs Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!

Kata para blogger yang saya temui digrup facebook, kecepatan blog/situs adalah faktor yang memengaruhi kepuasan pengunjung. Bila pengunjung senang, akan mendongkrak urutan SERP di Search Engine. Ini juga bisa dikatakan SEO, sehingga bila posisi SERP yang bagus, secara otomatis blog kita akan kedatangan traffic yang banyak.

Dengan adanya kecepatan load yang cepat, tentu pengunjung akan betah berlama-lama diblog kita. Saya sendiri bisa dikatakan sering, bila sedang mencari artikel, meski isinya bagus tetapi loading dari situs tersebut lama sekali, tak lama kemudian langsung saya tutup dan berpindah keblog lain yang membahas topik yang sama. Mengapa demikian? Hal ini karena semakin lama proses pemuatan, hal ini menandakan ukuran halaman cukup besar sehingga membutuhkan proses yang cukup lama. Bagi saya sendiri, bukan masalah jangka waktunya yang mengakibatkan saya berpaling, namun karena kuota saya yang terbatas, jadi perlu berhemat :v hehehe.

Bagi teman-teman blogger yang juga tidak ingin pengunjung kabur, ada baiknya kita mempercepat loading blog dengan mengoptimasi supaya tidak terlalu berat. Sebagai rujukan dalam optimasi kecepatan, kita bisa memanfaatkan tools pengukur kecepatan situs/website. Diluar sana ada banyak sekali situs yang dapat kita gunakan.
Ini 3 Situs Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!
Pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan rekomendasi 3 situs pengukur kecepatan loading blog/website/situs terbaik dan yang pasti gratis. Oke, selengkapnya kalian bisa simak daftarnya sebagai berikut.

Daftar Situs Untuk Mengetes Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik


1. PageSpeed Insight


Ini 3 Situs Untuk Mengetes Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!
Google Pagespeed Insight sendiri adalah situs yang dikembangkan oleh Google sendiri, sebagai sarana untuk mengetes, mengetahui dan sekaligus sebagai rujukan untuk memperbaiki masalah pada kecepatan loading blog. Tools ini sendiri dapat digunakan secara gratis, dan didalamnya terdapat fitur-fitur yang sangat membantu dalam mengetahui skor loading blog, baik pada versi seluler maupun dekstop.

Selain itu kita juga akan diberikan arahan mengapa loading dari situs yang kita cek bisa lamban, sekaligus upaya untuk memperbaikinya. Alamatnya dapat kalian akses sebagai berikut.


2. GTMetrix
Ini 3 Situs Untuk Mengecek Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!

Dan yang kedua terdapat GTMetrix. GTMetrix merupakan salah satu situs pengecek kecepatan loading blog atau website yang sangat baik. Saya sendiri sering menggunakan situs yang satu ini sebagai sarana untuk mengetahui skor loading blog Davar Pedia ini, dan sekaligus sebagai rujukan untuk menambah kecepatan loading blog. Terdapat beberapa fitur yang membuat situs ini lengkap untuk dijadikan pedoman dalam optimasi kecepatan. Hasil atau skor tes akan disajikan menjadi dua macam, yaitu dari GTMetrix sendiri dan YSlow dari Yahoo. Alamat situs ini dapat kalian akses melalui url berikut.


3. Pingdom Website Speed Test
Ini 3 Situs Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!

Dan terakhir tools untuk mengukur kecepatan web adalah Pingdom. Masih sama dengan kedua situs sebelumnya, Pingdom juga dapat digunakan secara gratis. Pada hasil tes dengan Pingdom, juga terdapat penyebab dan cara mengatasi masalah kecepatan loading web. Satu hal yang saya suka, pengguna juga bisa menentukan negara yang dipilih untuk mengetes 5 tempat dari berbagai macam negara didunia. Kalian bisa mengaksesnya melalui link berikut.


Penutup
Nah itu dia beberapa tools pengecek kecepatan loading situs/website ataupun blog. Selain ketiga situs diatas, sebenarnya masih ada banyak sekali tools yang bisa kalian gunakan, akan tetapi daftar diatas saya admin pilih berdasarkan fitur yang tersedia, yang menurut admin terbaik. Oke, semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi teman-teman.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Ini 3 Situs Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog atau Website Terbaik!"