Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) di Hp Samsung

Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) dan Cara Menggunakan di Hp Samsung
Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) di Hp Samsung - Always On Display atau kerap disebut AOD merupakan fitur baru yang biasa disematkan oleh smartphone flagship hingga menengah dari pabrikan Samsung. Misalnya pada S7, S7 Edge, S8, S9, J7 Pro, A3 (2017), A5 (2017), A6 (2018), A7 (2017), dan sebagainya.

Kelebihan adanya fitur ini yakni selain kita dapat dengan mudah melihat jam, tanggal, dan notifikasi aplikasi yang muncul. Dengan disematkan fitur ini membuat ponsel kita terasa mewah, dan elegan, dan terlihat seperti ponsel flagship.

Meski ponsel dalam keadaan mati, kita bisa melihat jam, notifikasi yang masuk dengan sangat mudah tanpa perlu menekan tombol power terlebih dahulu.

Bermanfaat sekali bukan?

Walaupun layar seperti menyala terus, namun pada layar tipe sAmoled yang ada diponsel Samsung tidak serta-merta membuat baterai cepat habis. Jadi tidak usah takut baterai menjadi boros.

Bagi teman-teman yang menggunakan ponsel Samsung, dan berkeinginan mencicipi fitur ini juga. Tenang saja! Jawabannya bisa kok.

Asalkan OS Android pada ponsel kalian berada pada 7.0 alias Nougat atau diatasnya bisa menambahkan fitur ini layaknya pada ponsel Samsung yang secara default disematkan fitur tersebut tanpa perlu adanya akses Root. Dan pastikan panel layar yang digunakan sAmoled supaya baterai tidak boros.

Cara Menginstal Fitur Always On Display dan Menggunakannya pada Semua Smartphone Samsung


1. Pertama download dan instal terlebih dahulu kedua aplikasi dibawah ini pada smartphone Samsung sobat.

2. Jika sudah berhasil diinstal, silahkan restart terlebih dahulu ponsel sobat.

3. Bila sudah masuk ke menu Settings>>Tampilan. Maka disana akan ada opsi Always On Display.
Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) dan Cara Menggunakan di Hp Samsung
4. Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini, ubah ke posisi on/menyala. Dan bila ingin mengkustomisasi tampilan, dan lainnya kalian bisa atur pada menu ini.

5. Dan untuk memudahkan mengaktifkannya, kalian juga bisa menambahkan tombol AOD pada menu status bar. Caranya adalah Tarik pada bagian atas layar>>Pilih opsi lainnya/menu titik tiga yang terletak dibagian pojok kanan atas>>Pilih opsi urutan tombol>>Seret fitur Always On Display ke menu status bar. Jadi dengan ini untuk mengaktifkannya, kalian tinggal klik menu  Always On Display pada status bar.
Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) dan Cara Menggunakan di Hp Samsung
6. Selesai.

Catatan : Cara ini sudah saya coba di Samsung A3 (2016) saya, dan ternyata work 100%.


Update!

Setelah kami telusuri, ternyata ada sebagian pengguna yang tidak support dengan versi AOD diatas, khusunya bagi pengguna Hp Samsung yang memiliki OS Android versi Oreo keatas. BUG atau masalah tersebut diantaranya adalah hanya muncul sebentar saja informasi pada AOD tersebut, lalu menghilang dan kembali lagi seperti semula. Sehingga teman-teman bisa menggunakan versi yang baru berikut, untuk pengguna Android Oreo keatas. Semoga work di Hp teman-teman. Caranya juga sama, instal kedua aplikasi dibaaah ini, dilanjutkan dengan langkah sebelumnya.


Update Lagi!

Nah setelah admin amati, ternyata disebagian besar Hp Samsung dengan OS Android Pie 9.0, hingga Android 10 dengan One UI 2 keatas. Seperti pada Hp Samsung J8, A6, A20, A21, A30s, dan lain sebagainya, ternyata ada sebagian yang tidak bisa digunakan. Nah dibawah ini salah satu AOD yang sudah dimodifikasi, sehingga teman-teman hanya perlu menginstal satu macam aplikasi saja.


Cara untuk menggunakannya, pastikan kalian sudah instal Always On Display pada link dibawah ini, selanjutnya tambahkan tombol pada menu akses cepat, setelah itu tap dan tahan pada bagian AOD untuk mengakses pengaturan, kemudian izinkan semua akses yang dibutuhkan. Apabila sudah, untuk menggunakannya ubah saklar menjadi aktif, dan didalamnya teman-teman bisa atur tampilan, dan setelan sesuai keinginan teman-teman.
Always On Display Samsung untuk versi Pie, Android 10, dan diatasnya

Nah mudah bukan! Demikianlah artikel kali ini dari Davar Pedia. Semoga dengan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

12 komentar untuk "Cara Menambahkan Fitur AOD (Always On Display) di Hp Samsung"

  1. Di samsung j4+ kok ga work ya?. Berhasil kepasang, bisa donyalain, tapi ga muncul jam nya waktu layar dimatikan

    BalasHapus
  2. Coba direstart hp Androidnya.. work tidak?! Kalo belum berarti hp nya harus memakai layar jenis amoled

    BalasHapus
  3. Saya udah mengikuti langkah langkah nya, tapi Aod nya tetep gak mau nyala :( Samsung A20

    BalasHapus
    Balasan
    1. Androidnya versi pie bukan mas? Coba download aplikasi AOD versi yg terbaru cari di google atau Apkpure

      Hapus
    2. Cari di google aodservice 1.4.6 wprk for a6 2018

      Hapus
  4. Kok saya gak work ya di samsung A6 (2018) awalnya dah bisa lalu tiba2 ilang lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dijelaskan mas hilangnya pada bagian apa? Atau gak muncul kah?

      Hapus
  5. Samsung J5 Prime gk bisa kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya belum support mas, namun sudah terbantu dengan adanya led notifikasi yang disematkan bukan?

      Hapus
  6. mas, untuk j6+ apakah bisa, samsung j6 plus.. dan udah saya update ke android 10 Q.. mohon pencerahannya

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam