Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android
6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android - Semakin hari pengguna smartphone dengan sistem operasi Android sudah sangat menjamur. Bila diperhatikan, selain menawarkan berbagai fitur menarik, nyatanya Android memiliki berbagai kelebihan yang mana tidak dimiliki oleh OS lainnya.

Hal ini terlihat pada jumlah aplikasi dan game yang tersedia sangat-sangatlah banyak. Bila dihitung-hitung, bahkan mungkin bisa mencapai angka jutaan. Ini menjadikan Android semakin digemari oleh para masyarakat.

Berbagai kemudahan dihadirkan hanya untuk penggunanya. Sehingga tak heran bila ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang salah yang terjadi pada gadget dengan pemiliknya.

Kebiasaan yang salah tersebut seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang. Tak disangka ternyata beberapa kebiasaan ini bisa mengancam serta membahayakan gadget yang kamu miliki. Bisa-bisa smartphone mu menjadi cepat rusak bahkan tidak bisa digunakan kembali.
Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas
Untuk itu ada baiknya kamu hati-hati serta menghindari beberapa kegiatan-kegiatan dibawah ini yang seringkali dilakukan oleh penggunanya. Apa saja sih kebiasaan buruk yang dilakukan pengguna Android yang ternyata dapat mencelakakan smartphone milikmu sendiri disuatu saat nanti? Berikut Davar Pedia akan sajikan 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android yang mana akan memberikan efek serta dampak buruk bagi smartphone suatu saat nanti.

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android


1. Menggunakan Smartphone Saat Sedang Dicas

Kegiatan yang satu ini kerap atau bahkan menjadi kebiasaan sehari-hari yang sering banget dilakukan. Padahal menggunakan ponsel yang saat itu sedang diisi ulang bisa membahayakan smartphone yang kamu punya. Terutama pada bagian baterai. Kamu perlu memperhatikan cara mengecas hp yang benar. Jika tidak, baterai dari smartphone mu bisa cepat rusak. Seperti baterai menjadi bocor, melembung, bahkan meledak. Ngeri kan?. (Baca Juga : Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya)

2. Terhubung dengan Wi-Fi Umum Sembarangan

Bila paket data habis, Wi-Fi umum lah yang menjadi jawaban terbaik. Tidak hanya membuat bahagia, terhubung dengan Wi-Fi apalagi gratis, tentu kita akan dibuat kegirangan dengan keadaan ini. Eits tunggu dulu. Meski gratis, kamu juga perlu waspada lho ya! Soalnya banyak penjahat yang berkeliaran, bisa saja penjahat tersebut berniat jahat dengan cara mengambil data-data penting milikmu, dan menyebarkannya ke publik. Apalagi data itu private banget buat kamu, apalagi data-data yang sifatnya penting. Mulai sekarang kamu harus lebih bijak ya dalam memanfaatkan Wi-Fi gratisan! Atau kalau enggak keamanan data milikmu yang menjadi taruhannya.

3. Ngeroot Android

Kebanyakan dari mereka sering ikut-ikutan untuk me-root Android, tapi nggak tahu guna dan manfaatnya untuk apa. Bila kamu tidak tahu untuk apa itu root dan tidak ingin berbagai masalah terjadi pada hp mu, lebih baik jangan deh root Android kamu. Bukannya melarang, pasalnya dengan me-root Android akan menghilangkan garansi, selain itu ada juga bahaya yang lain. Bila kamu salah instal aplikasi, misal saja pada aplikasi terdapat malware atau virus, tentu hal ini akan membuat hp Androidmu terjangkit oleh virus. Kalo enggak kalian malah menghapus aplikasi bawaan yang tidak disarankan untuk dihapus, kamu akan menyesal nantinya. Jika aplikasi yang kamu hapus itu tidak berguna sih gak masalah, tapi bila aplikasi bawaan itu menyangkut ke sistem, bisa-bisa hp kamu bisa sering eror bahkan bisa membuat hp mu menjadi bootlop. Jadi root Android tidak kami sarankan oleh kamu yang belum berpengalaman. (Baca Juga : Cara Mengetahui Hp Android Sudah di Root atau Belum)

4. Instal Aplikasi atau Game Bajakan Sembarangan

Biasanya hal ini sering banget dilakukan oleh orang yang menginginkan gratisan yang semula berbayar. Sebenarnya hal ini tidak disarankan. Selain merugikan pihak pengembang, hal ini juga bisa membahayakan ponsel milikmu. Mungkin pada aplikasi yang kamu instal telah disisipi iklan, virus, malware dan sebagainya yang bisa membahayakan ponselmu. Tentu hal ini cukup membuat kita khawatir. Jadi bila kamu misal ingin menginstal aplikasi, lebih baik instalah pada tempat yang terpercaya. Jangan pernah mendownload aplikasi bila tempat tersebut meragukan. (Baca Juga : Bahaya Menginstal Aplikasi Bajakan)

5. Mengantungi Smartphone di Jeans Ketat

Buat kamu yang sering melakukan ini, lebih baik hindari atau dampak yang bisa ditimbulkan kamu alami. Selain dapat mengurangi sensitivitas layar dan bisa membuat layar retak bahkan pecah, meletakkan smartphone disaku celana jeans yang cukup ketat nggak baik lho, terlebih bagi kaum pria.

6. Malas Update Aplikasi dan OS

Yang terakhir ini banyak banget dialami oleh pengguna Android. Mungkin alasannya sayang kuota terbuang dengan sia-sia. Tapi jangan salah loh ya, melakukan pembaruan pada aplikasi dan os penting lho. Selain menjaga agar performa dan kinerja tetap baik, hal ini juga berfungsi untuk mendapatkan fitur baru pada aplikasi atau os.

Penutup

Nah gimana, apakah kamu akan kapok dan tidak ingin mengulangi kebiasan burukmu diatas karena takut akan dampaknya? Atau tetap ngeyel untuk melakukan hal itu? Semua pilihan tergantung kalian. Sekali lagi kami ingatkan kepada kalian semua, sebaiknya coba dikurangi atau hilangkan semua kebiasaan burukmu itu. Supaya selain menjaga kenyamanan serta keawetan, juga untuk menjaga keamanan baik untuk smartphone atau untukmu sendiri. Baik mungkin hanya itu saja yang dapat kami berikan, demikianlah ulasan kali ini dari saya mengenai 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android. Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat serta menyadarkan kamu betapa pentingnya untuk menghindari kebiasaan yang ternyata buruk, malah sering banget diremehkan bahkan sering diabaikan dampaknya oleh para pengguna Android.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

2 komentar untuk "6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android"

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam