Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook

Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook - Salah satu sosial media terpopuler dan paling diminati saat ini yaitu Facebook. Saat ini facebook tengah menjadi aplikasi yang memiliki tingkat penggunaan yang sangat banyak. Tak pandang usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menggunakan media sosial ini. Memang fitur serta tampilan yang dimiliki ini memiliki ciri khas tersendiri. Fungsi facebook sendiri saat ini sangatlah beragam, mulai dari sarana berkomunikasi, berbisnis, hingga digunakan untuk mencari kenalan, teman, sahabat hingga pacar.
Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook
Nah, di Facebook sendiri terdapat berbagai orang-orang yang membagikan berbagai status, foto-foto ataupun video. Hal inilah yang membuat aplikasi sosial media ini sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Tak hanya itu di Facebook ini juga menyediakan beberapa fitur, yakni kita dapat menyukai, menanggapi, hingga mengomentari kiriman atau postingan yang dibagikan oleh teman-teman kamu di Facebook.

Baru-baru ini sepertinya pihak Facebook telah menambahkan fitur baru yaitu autoplay video. Autoplay video ini sendiri merupakan fitur yang berguna untuk memudahkan pengunjung ketika hendak menonton video yang dibagikan oleh orang yang ada di facebook. Ketika fitur ini aktif, maka video tersebut akan memutar secara otomatis jika pengguna facebook berada di video atau melakukkan scroll meskipun tidak menekan tombol Play. Fitur ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan nya yaitu fitur ini akan memberikan keuntungan bagi uploader video, mengingat video yang mereka upload bisa mendapatkan peningkatan jumlah viewer yang cukup drastis, secara tidak langsung maka pengguna facebook yang lain akan dipaksa untuk melihat video ini, dan sebagai dampaknya paket data pengunjung akan semakin boros. Dan kekurangan nya ialah akan menguras kuota lebih banyak dibandingkan biasanya, karena video akan memutar secara otomatis. Hal ini pastinya akan membuat jengkel bagi sebagian pengunjung yang tidak memiliki niat untuk menonton video tersebut, terlebih lagi bagi orang yang memiliki paket data yang terbatas.

Fitur ini dapat digunakan dan akan berjalan baik di website facebook maupun aplikasi untuk perangkat mobile, di Android ataupun iOS. Untungnya pihak facebook memberikan kelonggaran dan keleluasaan untuk menggunakan fitur ini ataupun mematikannya. Nah, bagi kamu yang tidak suka atau ingin mematikan fitur ini, kali ini Davar Pedia akan memberikan sedikit penjelasan Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook baik itu di aplikasi mobile maupun di website facebook itu sendiri. Setelah menerapkan cara ini akan membuat kuota kamu tidak cepat habis lagi. Untuk itu sobat bisa simak baik-baik tutorialnya dibawah ini.

Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook


Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook (Aplikasi Facebook di Android atau iOS)

Cara ini sebenarnya sangat sederhana sekali, dan sangat mudah sekali untuk dipraktekkan. Untuk tutorialnya sobat bisa simak baik-baik tutorialnya dibawah ini.
  1. Pertama-tama buka aplikasi Facebook, atau jika belum punya sebaiknya sobat siapkan aplikasi Facebook terlebih dahulu. Untuk aplikasinya bisa download langsung di Google Play Store.
  2. Selanjutnya buka tab menu more atau titik tiga.
  3. Lalu buka menu Settings
  4. Setelah itu masuk ke list Video and Photos.
  5. Selanjutnya pilih Video Play Automatically.
  6. Terakhir pilih Off.
Nah, setelah ini video tidak akan memutar lagi secara otomatis dan hanya bisa memutar ketika kalian menekan tombol play. Untuk memastikannya, sobat bisa keluar dari aplikasi facebook, selanjutnya buka kembali, dan setelah itu cobalah scroll atau cari postingan yang ada di Facebook dan tunggulah sebentar. Jika trik ini berhasil, maka video tidak akan memutar secara otomatis.

Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook (Dekstop atau Web)

Sama seperti cara sebelumnya, namun cara yang kedua ini agak berbeda dan hanya bisa digunakan di Dekstop atau web Facebook yang beralamat di facebook.com. Untuk tutorialnya bisa simak baik-baik tutorial nya dibawah ini.
  1. Pertama buka terlebih dahulu website Facebook yang beralamat pada facebook.com
  2. Selanjutnya silahkan kamu login menggunakan akun facebook kamu masing-masing.
  3. Kemudian tap menu Settings.
  4. Pada halaman General Account Settings, silahkan klik Videos yang berada di sisi kiri dasar menu.
  5. Maka kamu akan dihadapkan 2 pilihan yakni Video Quality (kualitas video) dan Auto Play Video. Setelah itu pilih Auto Play Video.
  6. Terakhir silahkan kalian tekan, setelah itu ubah ke Off.

Kesimpulan

Sebenarnya fitur ini memiliki fungsi dan kelebihan yang cukup membantu. Namun, dengan mengaktifkan fitur ini secara tidak langsung maka akan menyebabkan konsumsi paket data kamu semakin boros. Nah, bagi kamu yang hanya memiliki paket data terbatas, sobat bisa menerapkan tutorial yang saya bagikan diatas. Setelah ini video yang dibagikan oleh teman-temanmu di Facebook tidak akan lagi memutar secara otomatis, dan hanya bisa memutar ketika kalian menekan tombol Play.

Demikianlah artikel kali ini dari saya tentang Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, semoga bisa membantu dan lebih menghemat kuota yang kalian miliki.

Update!
Saat ini fitur autoplay video di Facebook hanya ada di versi apps nya saja, diweb atau komputer kita perlu menekan tombol play terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu mematikan fitur ini sebab video tidak mengalami memutar otomatis.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook"