Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Menjadi Penyebab Fingerprint Hp Lebih Cepat Rusak

5 Hal yang Menjadi Penyebab Fingerprint Hp Lebih Cepat Rusak
5 Hal yang Menjadi Penyebab Fingerprint Hp Lebih Cepat Rusak - Semakin hari semakin pesat saja perkembangan didunia teknologi. Termasuk juga perkembangan pengamanan di lingkup smartphone. Jika dulu kita hanya mengenal kunci layar tipe usap, pin, dan juga kata sandi. Tetapi sekarang, terdapat Fingerprint yang hanya mengandalkan sidik jari pemilik untuk dapat membuka kunci layar. Selain lebih mudah, nyatanya dengan fingerprint kita bisa membuka layar kunci dengan cepat dan efisien.

Beberapa vendor smartphone sudah banyak yang menyematkan fitur ini untuk membuka kunci layar dengan lebih aman untuk ponsel kelas menengah hingga flagship nya.

Akan tetapi, dari sekian banyaknya pengguna smartphone yang telah dibekali sensor sidik jari seringkali melakukan beberapa kesalahan dan belum mengetahui cara menjaga supaya sensor fingerprint tetap awet dan tidak gampang rusak. Kali ini Davar Pedia akan memaparkan 5 hal yang menjadi penyebab fingerprint Hp lebih cepat rusak. Selengkapnya kalian bisa simak ulasannya sebagai berikut.

5 Hal yang Menjadi Penyebab Fingerprint Hp Lebih Cepat Rusak


1. Menggunakan Sidik Jari dengan Keadaan Basah

Kesalahan pertama yang mungkin pernah kalian lakukan adalah menggunakan fingerprint  dengan posisi tangan kalian masih basah dan tidak dikeringkan terlebih dahulu. Biasanya sensor tidak bisa memindai sidik jari dalam keadaan basah sebab terhalang oleh air. Penggunaan fingerprint dalam keadaan basah yang dilakukan secara terus-menerus akan merusak sensor secara permanen.

2. Menggunakan Sidik Jari dalam Keadaan Kotor

Ya, jari yang kotor juga bisa menjadi penyebab fingerprint menjadi lebih cepat rusak. Dengan adanya kotoran di jari, maka ketika digunakan kotoran pun akan menempel di sensor. Hal ini akan menghalangi proses kerja dalam pemindaian sidik jari.

3. Terlalu Banyak Mendaftarkan Jari

Memang dalam pendaftaran sidik jari bisa dilakukan lebih dari satu. Akan tetapi bila kita terlalu banyak mendaftarkan sidik jari akan tetapi tidak pernah digunakan dan hanya satu/dua jari saja yang digunakan, hal ini cuma akan membuat penyimpanan menjadi sesak dan penumpukan fingerprint.

4. Menggunakan Sidik Jari Dibawah Hujan

Bila memang smartphone kalian itu tahan air, sebaiknya jangan deh menggunakan sidik jari dalam keadaan hujan. Hal ini akan membuat fingerprint hp lebih cepat rusak bisa jadi smartphone mu juga ikut rusak.

5. Tergores Oleh Benda

Hal terakhir yang sering terjadi yang menyebabkan fingerprint lebih cepat rusak adalah tergoresnya sensor sidik jari oleh benda-benda disekitar. Misalnya saja kamu meletakkan ponsel disaku, dan ternyata sensor tergores oleh benda-benda kecil misal uang logam, peniti, kuku, kunci dll. Hal ini perlu kita hindari sebab bila sensor fingerprint hp kita tergores akan menyebabkan error bahkan bisa rusak total.

Nah itu dia beberapa penyebab sering terjadinya fingerprint hp cepat rusak. Jadi bila kalian ingin sensor sidik jari anda tetap senantiasa awet, jangan pernah melakukan beberapa hal diatas. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kalian.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "5 Hal yang Menjadi Penyebab Fingerprint Hp Lebih Cepat Rusak"