Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengedit File PDF dan Menjadikannya Kembali ke PDF Melalui Hp Android

Mungkin anggapan sebagian orang bahwa File PDF sudah paten, dan tidak bisa diubah lagi. Sebenarnya disini kita tetap bisa mengubah kembali dokumen meski sudah dikonversikan kedalam format PDF.
Cara Mengedit File PDF dan Menjadikannya Kembali ke PDF Melalui Hp Android

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, pada artikel kali ini kami akan memberikan langkah-langkah mengedit file PDF melalui Hp Android.

Cara Mengedit File PDF dan Menjadikannya Kembali ke PDF Melalui Hp Android

Sebelum kita lanjut, pastikan pada Hp kalian saat ini sudah terinstal aplikasi Microsoft Word milik Microsoft Corporation.

Apabila belum, silahkan kalian bisa download terlebih dahulu aplikasinya, yaitu melalui Google Play Store atau bisa klik link ini. Jika sudah berhasil terpasang, berikut tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada Hp.
  2. Seperti ini kira-kira tampilan pada halaman depan-nya, selanjutnya pindah pada menu Buka sebelah pojok kanan bawah. Lalu pilih opsi Perangkat ini.
  3. Kemudian kalian bisa mencari file PDF yang akan diedit dan sudah teman-teman siapkan sebelumnya. Misalnya disini kami meletakannya pada Penyimpanan Internal lalu terletak pada folder CONTOH SAJA.
  4. Apabila sudah ketemu, kalian bisa buka file PDF tersebut.
  5. Dan seperti ini tampilannya, pada saat ini kita belum bisa melakukan pengeditan. Supaya bisa edit caranya teman-teman tap pada ikon edit dibagian atas.
  6. Setelah itu maka akan tampil halaman seperti ini yang berjudul Mengonversi PDF Anda, berikutnya kalian bisa klik OK.
  7. Nah nantinya file berformat PDF tersebut akan dikonversikan kedalam format DOCX alias word terlebih dahulu. Pada langkah ini membutuhkan koneksi internet. Sehingga kalian bisa hidupkan terlebih dahulu ya, baik itu data seluler maupun Wi-Fi.
  8. Apabila proses convert sudah selesai, berikutnya kita perlu membuat Salinan terlebih dahulu supaya kita bisa melakukan pengeditan file. Nah caranya yaitu teman-teman bisa tap tulisan “Baca Saja – Anda tidak dapat menyimpan…..” pada bagian atas. Selanjutnya pilih opsi Simpan salinan. Kemudian kalian bisa memilih letak folder, setelah itu bisa mengganti nama file, apabila sudah kita bisa pilih opsi Simpan.
  9. Berikutnya teman-teman bisa tekan saja teks dalam dokumen, lalu pilih opsi Edit. Sehingga untuk saat ini, kita sudah bisa untuk melakukan pengeditan. Dan setelah itu maka akan muncul fitur pengeditan, mulai dari mengatur Bold, Italic, Underline, menghapus dan menambah kata, dan masih banyak lagi lainnya. Lalu teman-teman bisa mengeklik ikon segitiga kecil untuk mengubah dan menambahkan apapun, sama seperti fitur pada Microsoft Word versi komputer.
  10. Nah nantinya apabila sudah selesai proses pengeditannya, untuk menyimpan hasil pekerjaan kalian bisa tekan saja pada ikon checklist (V) dibagian pojok kiri atas.
  11. Pada posisi saat ini file tersebut sudah berhasil tersimpan dalam bentuk file berformat DOCX alias masih word. Dan untuk menjadikannya kembali dalam bentuk File PDF ini juga bisa dilakukan memakai aplikasi Microsoft Word Hp, caranya tap pada ikon titik tiga dibagian pojok kanan atas layar. Setelah itu pilih Bagikan sebagai PDF.
  12. Nah langkah selanjutnya kita tunggu sebentar sampai proses konversi dari word ke PDF selesai. Dan setelah itu maka akan ditampilkan opsi pilihan seperti ini, disini teman-teman bisa memilih opsi mana saja untuk membagikan file tadi yang sudah diconvert menjadi PDF. Seperti contohnya disini kami akan membagikannya secara langsung melalui WA.
  13. Dan seperti ini hasilnya, file tersebut sudah berhasil kita edit dari yang semula berformat PDF.
  14. Selesai.
Mudah sekali bukan? Baik cukup sampai disini tutorial kali ini dari kami cara mengedit file PDF, sekaligus menjadikannya kembali dalam bentuk file PDF. Apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mengedit File PDF dan Menjadikannya Kembali ke PDF Melalui Hp Android"