Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube

Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube
Seiring dengan berjalannya waktu, peraturan di YouTube kini semakin diperketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan calon publisher adsense memiliki konten yang original, bukan reupload serta kebijakan ini adalah untuk memilah channel YouTube mana yang pantas untuk menampilkan iklan. Sehingga tidak sembarangan, misalnya saja seperti dulu yang hanya berbekal 1 video saja sudah pasti channel tersebut bisa dimonetize, bahkan cuma video reupload atau video yang diupload ulang dari channel lain.

Berbeda dengan sekarang, untuk mencapai Channel YouTube bisa di monet, diperlukan syarat yang perlu dicapai oleh siapa saja yang kepengen me-monetisasi Channel miliknya, untuk dapat menghasilkan uang dari iklan yang tampil pada video-video didalam channel tersebut.

Namun sebenarnya tidak sampai itu saja, demikian sesudah Channel YouTube berhasil memenuhi syarat dan sudah diterima sebagai publisher Google Adsense, ada banyak sekali rintangan dan peraturan yang wajib ditaati, serta apabila pemilik akun tersebut kurang teliti, ada beberapa hal yang mengakibatkan iklan tidak dapat tampil secara sempurna atau bahkan tidak tampil sepenuhnya. Salah satunya adalah simbol dollar yang berwarna kuning keemasan.

Dollar kuning, yang biasa kita temukan pada dasboard YouTube Studio merupakan salah satu simbol untuk menandakan ada masalah pada video tersebut, sehingga mengakibatkan iklan yang ditampilkan dibatasi.

Maksudnya disini, simbol dollar berwarna kuning ini adalah untuk memberitahu bahwa video yang kalian miliki tidak cocok bagi semua pengiklan. Konten yang sudah kita buat tetap dapat menjalankan iklan, tetapi sifatnya terbatas.

Apabila kalian pemilik channel tersebut yang mempunyai video yang sudah dimonet, sementara kalian mendapati ada video dengan dollar bukan berwarna hijau, melainkan kuning. Hal tersebut perlu kalian waspadai.

Karena hal ini memberitahukan apabila ada komponen didalam video, entah itu pada judul, gambar thumbnail, deskripsi, hingga tag yang diisikan menggunakan kata yang diindikasikan sensitif atau mengandung kata yang dilarang.

Untuk itu, pada dasboard YouTube Studio diberikan fitur banding untuk mengajukan peninjauan ulang, apabila dirasa ada kesalahan dalam pemeriksaan yang dilakukan robot. Dan nantinya akan dilakukan pemeriksaan ulang, namun berbeda pada tahap awal, disini akan dilakukan oleh pihak YouTube sendiri (manusia).

Apakah Dollar Kuning Ini Berbahaya Untuk Channel YouTube?

Untungnya dollar yang tampil berwarna kuning ini tidak berakibat buruk pada reputasi channel, yang tidak mengakibatkan channel YouTube di suspend hingga dihapus. Tidak seperti pelanggaran hak cipta dan sejenisnya, apabila melanggar dengan ketentuan beberapa kali melakukan pelanggaran yang sama maka channel bisa dihapus oleh pihak YouTube.

Namun perlu diperhatikan bahwa kata-kata yang yang terkadang dianggap biasa, namun nyatanya menjadi penyebab yang menjadikan dollar pada video menjadi berwarna kuning.

Kami pun juga heran, beberapa kata seperti hack, bajak, dinilai sebagai kata yang sensitif oleh bot YouTube, yang melakukan peninjauan awal pada saat monetisasi video diaktifkan pada channel YouTube milik saya.

Sebelum mengajukan peninjaun manual, disini kami sarankan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada video yang diindikasikan sebagai konten sensitif, yang menjadikan ikon dollar berwarna kuning.

Tips Agar Video Dapat Dimonetize dengan Sempurna dan Dollar Tidak Berwarna Kuning

Dalam artian-nya di sini adalah video yang sudah kita upload dapat ditampilkan iklan, serta pada dashboard YouTube Studio ditampilkan ikon dolar berwarna hijau. Apa sajakah itu?

Dibawah beberapa tips agar simbol dolar tidak menjadi kuning, agar iklan tidak dibatasi. Selengkapnya teman-teman dapat simak ulasannya sebagai berikut.

1. Periksa setiap kata yang digunakan pada judul, deskripsi, tag dan thumbnail video

Untuk langkah yang pertama adalah dengan mengecek setiap kata ataupun gambar yang ada pada judul video, thumbnail, deskripsi, hingga tag dalam video milik kalian.

Namun apabila masalahnya di sini terletak pada isi video tersebut, yang dinilai melanggar, mengandung hal yang tidak senonoh dan sensitif, untuk memperbaikinya dengan mengedit isi dalam video tersebut, dan kemudian mengupload-nya ulang ke channel YouTube milik teman-teman.

Untuk masalah yang saya alami disini sendiri beberapa hari yang lalu, ternyata hanya terdapat pada bagian pemilihan kata pada judul dan thumbnail video.

Terbukti setelah tulisan pada thumbnail saya ganti dan kata yang ada pada judul video yang menurut saya sensitif ini saya hapus, tidak butuh waktu 24 jam ikon dollar kuning tersebut sudah hilang dengan sendirinya dan berubah menjadi hijau kembali. Sehingga dapat menayangkan iklan dengan normal dan tidak dibatasi lagi.

2. Ubah ke jangkauan Pribadi terlebih dahulu ketika selesai mengupload video

Untuk tips yang kedua ini berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah satu anggota di grup WA YouTuber didaerah tempat saya tinggal.

Dan memang benar setelah saya cek pada halaman Google support sudah membahas tips yang sama, bahwa untuk mendeteksi apakah video tersebut bebas hak cipta dan dapat menampilkan iklan dengan normal, kita bisa mengubah pada jangkauan pribadi terlebih dahulu ketika video yang akan kita upload pada channel YouTube nantinya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube 4
Setelah beberapa menit ataupun jam, kita bisa mengetahui apakah video tersebut  sudah benar-benar aman dan dollar berubah menjadi hijau.

Apabila semisal video tersebut mengandung konten berhak cipta, maka akan terdeteksi pada dashboard YouTube studio, dan biasanya juga akan dikirimi pemberitahuan melalui alamat email.

Nah hal ini bisa menjadi sebuah trik supaya kalian bisa perbaiki terlebih dahulu dan nantinya bisa mengupload ulang tanpa mengalami masalah yang sama, mumpung belum ada viewer yang masuk. Dan zama halnya apabila video tersebut memiliki dollar berwarna kuning, bisa juga dengan menerapkan cara ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Simbol Dollar pada Video yang Sudah Terlanjur Berwarna Kuning?

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, untuk mengatasi dolar pada video yang sudah kita upload berwarna kuning, disini kita bisa mengajukan banding alias peninjauan ulang yang akan diperiksa secara manual oleh manusia dari pihak YouTube sendiri. Dan biasanya dapat dilihat hasilnya tidak mencapai 1 minggu.

Mungkin saja ada kesalahan atau apa ya! Nah untuk menjadikan dollar menjadi hijau kembali, kalian bisa mengakses YouTube studio versi web untuk mengajukan peninjauan manual.

Sebelum pengajuan banding, teman-teman bisa mengecek kata yang dinilai sensitif, atau gambar kurang senonoh, tag dan thumbnail yang tidak sesuai dengan isi video, dan sebagainya terlebih dahulu. Apabila semua bagian, mulai dari judul, thumbnail, tag, serta deskripsi video sudah dipastikan telah memenuhi kebijakan yang ada, langkah selanjutnya kita bisa ajukan banding.

Namun bagi teman-teman yang belum mengetahui cara untuk meminta peninjauan ulang, kalian dapat simak langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Langkah pertama kita buka situs YouTube studio yang beralamat kan studio.youtube.com pada komputer ataupun Hp yang kalian miliki.
  2. Pastikan teman-teman sudah login dengan akun Google yang terkait dengan channel YouTube yang kalian miliki. Kalian bisa tap pada ikon profil di bagian pojok kanan atas untuk masuk atau berganti akun Google yang digunakan.
  3. Jika sudah kita masuk pada halaman tab Video Channel.
    Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube
  4. Pilih video yang memiliki ikon dollar berwarna kuning.
    Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube
    Maka akan muncul beberapa opsi pengeditan video, kemudian pilih opsi Monetisasi (ikon dollar).
    Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube
  5. Setelah itu pilih opsi "Minta Peninjauan" disamping kanan saklar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan monetisasi. Maka akan muncul tulisan seperti ini, lalu cecklist pada bagian "Saya telah memeriksa dan menyatakan bahwa video saya telah memenuhi Pedoman konten yang cocok untuk pengiklan di YouTube" kemudian klik Minta Peninjauan.
    Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube
  6. Langkah selanjutnya tunggu sampai proses peninjauan ulang berhasil, hingga ikon dollar berubah warna menjadi hijau kembali. Untuk waktunya sendiri biasanya tidak butuh waktu 7 hari sudah selesai. Namun yang perlu diperhatikan adalah  video yang kalian harus sudah memiliki 1000 penayangan dalam 7 hari terakhir agar Tim Youtube dapat meninjau kembali video yang teman-teman miliki.
  7. Selesai, dibawah ini merupakan tampilan salah satu video di Channel YouTube kami, terlihat pada bagian tanda dollar sudah berubah kembali menjadi hijau tanpa banding, asalkan video tidak menyalahi kebijakan.
    Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube

Setelah dilakukan banding, ternyata 6 video saya lainnya telah lolos seleksi dan dapat menampilkan iklan untuk semua pengiklan, dan ikon dollar kembali menjadi hijau.
Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube

Sebenarnya dollar kuning ini bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu, tanpa harus pengajuan banding terlebih dahulu, yaitu dengan memperbaiki kata pada judul, tag, deskripsi video, dan gambar thumbnail. Biasanya untuk pengalaman admin sendiri, tidak mencapai 3 hari sudah hijau kembali. Namun juga tergantung isi konten itu sendiri. Apabila menyimpang seperti cara h*ck, j*udi, p*rn*grafi, dan konten yang intinya dilarang akan sangat susah untuk memulihkannya, bahkan bisa saja malah terkena pelanggaran yang lain. 

Nah itulah ulasan singkat mengenai arti, penyebab, dan cara mengatasi ikon dolar yang berwarna kuning pada video yang ada di dasboard channel YouTube Studio milik kalian, dan mengajukan peninjauan ulang secara manual agar ikan dolar dapat berubah menjadi hijau kembali, sehingga iklan dapat tampil secara normal dan tidak dibatasi.

Baca JugaMacam-Macam Arti Tanda Dollar pada Dasboard Channel YouTube

Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

3 komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Dollar Berwarna Kuning pada Video Channel YouTube"

  1. saya pernah lihat youtube luar yang mana thumbnail sama kontennya itu vulgar banget tapi masih ada iklannya, itu gmn ya penjelasannya?
    Bukannya itu dilarang?

    BalasHapus
  2. Dolar kuning biasanya gara gara copyright, ntah itu musiknya atau cuplikan film nya..kurang rapi ngeditnya mungkin..

    >>tio<<

    BalasHapus
  3. Biasanya dollar itu ijo yah, baru tau kalo ada warna kuning juga. Kalo warna merah ada gak tuh hihi

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam