Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Arti Tanda Dollar pada Dasboard Channel YouTube

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari internet bukan omong kosong belaka, seperti contohnya adalah dengan membangun sebuah channel YouTube.

Ketika YouTube sudah diisi dengan berbagai macam konten, sehingga persyaratan untuk memonetisasi sudah tercapai. Pada kebijakan monetisasi YouTube terbaru, sebelum itu kita wajib memiliki 4000 jam tayang, dan 1000 subscriber. Selanjutnya kita bisa mendaftarkan channel kita untuk diisi iklan yang tayang pada setiap video pada channel YouTube kita. 

Pada dasboard YouTube Studio, akan ditampilkan tentang video yang kita miliki, disana kita bisa mengecek perkembangan channel, serta mengatur video-video, dan juga didalamnya termasuk pengaturan iklan yang tayang pada setiap konten.

Dan ada satu hal yang mungkin bagi sebagian besar teman-teman dirumah bertanya-tanya, apa arti dari setiap ikon $ (dollar) pada dasboard channel ini?. Dan mengapa ikon dollar tersebut memiliki berbagai macam warna dan gaya yang berbeda?.
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya
Nah pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan sebuah informasi mengenai penjelasan ikon $ pada channel YouTube yang memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya


Tanda dollar di Channel YouTube yang berbeda-beda tersebut memiliki fungsi dan arti masing-masing. Ikon $ tersebut diantaranya adalah.

1. Ikon Dollar Abu-abu
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya

Ikon dollar berwarna abu-abu artinya video dalam channel YouTube yang kalian kelola berarti belum dapat menayangkan iklan. Dengan kata lain channel YouTube mu belum dimonetisasi, biasanya ketika persyaratan monetisasi belum tercapai, seperti jumlah jam tayang belum mencapai 4000 jam tayang, belum memenuhi 1000 subscriber. Atau bisa juga karena kalian belum mengaktifkan monetisasi terhadap suatu video, cara mengatasinya, bisa membuka salah satu dari video kalian yang memiliki simbol dollar berwarna abu-abu, dan kemudian aktifkan iklan divideo tersebut.

2. Ikon Dollar Hijau
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya

Simbol dollar berwarna hijau menandakan konten video dalam channel mu sudah berhasil menayangkan iklan. Artinya hasil penayangan iklan pada video tersebut sudah mengalir dan menjadi pundi-pundi rupiah disaldo Google Adsense, yang nantinya bisa ditarik menjadi uang ketika sudah mencapai ambang batas pembayaran gajian.

3. Ikon Dollar kuning
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya

Sedangkan ikon $ berwarna kuning ini perlu teman-teman waspadai, sebab ada simbol dollar tetapi warnanya kuning, artinya video tersebut tidak dapat me-monetisasi atau menayangkan iklan. Biasanya dalam video tersebut ada suatu masalah, entah itu karena konten didalamnya mengandung unsur-unsur sensitif ataupun yang memang dilarang untuk dipublikasikan. Untuk mengatasinya kalian bisa cek kembali isi dalam video tersebut, apakah ada hal yang perlu dibenahi atau tidak, kalian bisa cek juga pada judul video, gambar thumbnail video, deskripsi, tag, dan lainnya. Jika ditemukan hal-hal yang agak riskan, silahkan ganti dengan yang baik. Selanjutnya silahkan kalian ajukan ulang, berharap video tersebut dapat kembali dimonetisasi.

4. Ikon Dollar Berwarna Hitam Tetapi Dicoret
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya

Simbol yang satu ini paling rawan, dan ada kemungkinan channel-mu nantinya dibanned. Jika terdapat ikon dollar berwarna hitam, tetapi dicoret berarti video tersebut memiliki hak cipta yang diklaim oleh seseorang, dan hal ini tidak diperbolehkan untuk ditayangkan. Apabila pada dasboard channel teman-teman terdapat simbol dollar ini disalah satu video yang kalian punya, kami sarankan segera untuk menghapusnya dari channel. Kami khawatirkan video ini akan membuat channel-mu dibanned dan tidak bisa tayang kembali di YouTube.

5. Ikon Dollar Berwarna Hijau Tetapi Setengah
Macam-macam Simbol $ (Dollar) pada Channel YouTube Beserta Artinya

Biasanya ini terjadi ketika kalian memiliki video seperti kover musik, ataupun berbau dengan hak cipta dari sang pembuat. Ikon dollar berwarna hijau tetapi hanya separuh ini artinya video tersebut dapat menghasilkan uang dari iklan, tetapi hasil dari video ini dibagi menjadi dua dengan pemilik hak cipta, sehingga kalian hanya dapat menerima setengah bagian. 

6. Tidak Terdapat Ikon Dollar

Yang terakhir ini kalian tidak dapat melihat ikon dollar salah satu dari daftar diatas. Hal ini berarti video tersebut belum atau layak untuk dimonetisasi. Namun apabila kalian menemukan simbol ini pada semua video yang kalian miliki, bisa saja channel YouTube-mu dibanned dikemudian hari.

Lika-liku perjalanan untuk menjadi YouTuber sukses memang panjang dan tidak mudah, apalagi dengan adanya kebijakan-kebijakan baru dari YouTube yang biasanya mematahkan semangat dan impian dari seorang YouTuber pemula. Tetapi yang perlu kalian tahu, hal inilah yang namanya ujian dalam menjadi YouTuber sukses dan siap menerima segala macam cobaan nantinya.

Amiin ...
Demikianlah macam-macam simbol tanda dollar dichannel YouTube beserta artinya, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman.

David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Arti Tanda Dollar pada Dasboard Channel YouTube"