Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup (Mencadangkan) Aplikasi Android Menjadi File APK

Sebagai pengguna Hp Android, tentu keberadaan aplikasi sangatlah penting untuk dimiliki. Sebab dengan aplikasi ini, yang terdapat berbagai jenis dan fungsinya masing-masing. Baik itu berupa browser, media sosial, ataupun game yang bisa dimainkan dikala sedang bosan.

Nah untuk program aplikasi di Android ini memiliki format .apk, sehingga apabila kalian memiliki file Apk, maka aplikasi tersebut dapat kemudian diinstal di Hp Android kalian.

Namun yang disayangkan untuk aplikasi yang sudah terinstal, terkadang ada keinginan untuk membagikannya ke seseorang. Tetapi cukup sulit untuk mengirimkannya pada aplikasi yang terinstal. 

Apabila ingin mengirim aplikasi atau game lewat WA ataupun Bluetooth misalnya, kita wajib untuk memiliki file Apk.
Cara Backup (Mencadangkan) Aplikasi Android Menjadi File APK
Untuk dapat menjadikannya ke file Apk, kita perlu membackup terlebih dahulu ke memori penyimpanan. Sedangkan pada Hp Android yang beredar saat ini, kebanyakan belum disematkan fitur untuk backup file Apk ke memori penyimpanan. Nah bagi teman-teman yang kepengen menjadikan aplikasi yang sudah terinstal menjadi file Apk, pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan memberikan tutorial cara backup aplikasi Android menjadi file Apk.

Dengan adanya file Apk dari aplikasi di Android ini, tentunya akan sangat memudahkan dalam membagikan aplikasi lewat Bluetooth, WhatsApp, dan lain-lain. Selain itu juga bermanfaat untuk sarana backup data, apabila untuk berjaga-jaga apabila tidak ingin repot dan pusing lagi menginstalnya dari Play Store semisal membeli Hp baru.

Baik, langsung saja teman-teman dapat simak langkah demi langkahnya sebagai berikut.

Cara Backup Aplikasi dan Game yang Sudah Terinstal di Android Menjadi File Apk



  1. Langkah pertama kita download dan instal terlebih dahulu aplikasi APK Export (Backup & Share) melalui Google Play Store. Aplikasi ini saya pilih karena dibandingkan dengan yang lainnya, dengan fungsi yang sama, APK Export memiliki ukuran yang sangat ringan di bawah 1 MB.
  2. Apabila sudah berhasil terinstal di Hp Android kalian, langkah selanjutnya kita buka aplikasi tersebut. Pada halaman depan aplikasi APK Export, maka akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah terinstal di Hp Android kalian. Kemudian tap pada aplikasi yang ingin kalian cadangkan. Disini saya memilih aplikasi Davar Pedia. Untuk mencadangkan aplikasi, tap pada opsi yang memiliki ikon seperti kartu memori yang terletak pada pojok kanan bagian bawah.
    Cara mencadangkan aplikasi atau game android
  3. Jika sudah, kita tunggu sebentar sampai proses backup aplikasi dengan APK Export ini selesai. Nah apabila sudah selesai, maka akan ada pemberitahuan bahwa proses backup sudah berhasil. Sedanhkan untuk melihat hasil backup-an aplikasi atau game dengan menggunakan APK Export ini, kalian bisa cek pada penyimpanan internal dengan folder Apk.
  4. Selesai.

Nah mudah sekali bukan cara mencadangkan aplikasi dengan menggunakan APK Export ini. Selain aplikasi yang kita gunakan ini memiliki tampilan yang simpel, sehingga menjadi lebih mudah digunakan serta ukurannya yang sangat ringan di bawah 1 Mb, menjadikan aplikasi ini tidak membebani kartu memori penyimpanan yang kita miliki.


Penutup
Baik mungkin cukup sampai di sini tutorial dari kami cara backup aplikasi atau game di Android menjadi file Apk. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Sekian dan terima kasih.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Backup (Mencadangkan) Aplikasi Android Menjadi File APK"