Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman dan Tips Verifikasi Alamat (PIN) Google Adsense Cepat Sampai

Setelah sebelumnya kira-kira 3 minggu yang lalu pada saat artikel ini ditulis, saya sudah menyelesaikan persyaratan verifikasi identitas yang menurut saya cukup rumit dan membuat saya sedikit pusing, sebab pernah mengalami penolakan. Bagaimana tidak ya, soalnya maklum admin belum punya ktp jadi agak pusing, setelah mengajukan dengan kartu identitas orang tua.

Kalian bisa baca artikel berikut mengenai pengalaman dan nasib pilu admin dalam mengajukan verifikasi identitas, dan untuk percobaan yang kedua kalinya, belum sampai 12 jam sudah ada pemberitahuan diterima. Serta tips bagi teman-teman apabila mengalami masalah yang sama, belum memiliki ktp juga.


Pada kesempatan kali saya akan membagikan pengalaman dalam mengajukan tahap verifikasi alamat di Google Adsense, dan dalam kurun waktu 3 minggu sudah sampai kerumah.

Setelah tahap proses verifikasi identitas yang sebelumnya juga pernah mengalami penolakan, dan pada percobaan kedua alhamdulillah berhasil diverifikasi. Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi alamat alias PIN. Seperti yang kita ketahui, publisher iklan dari Google Adsense wajib untuk melakukan 3 tahap proses verifikasi.

Apa saja itu? Yaitu verifikasi identitas, bisa dengan KTP, SIM, serta Pasport. Kemudian verifikasi informasi pembayaran, nantinya apabila yang kalian masukkan adalah nomor rekening, setelah batas ambang pembayaran maka akan dilakukan pembayaran. Dan yang terakhir adalah verifikasi alamat (PIN). Verifikasi PIN ini sendiri bisa dikatakan cukup mudah, asal penulisan alamat lengkap, jelas, serta benar, maka tidak butuh waktu lama, nantinya akan dikirimkan oleh petugas POS.
Pengalaman dan Tips Supaya Tahap Verifikasi Alamat (PIN) Google Adsense Cepat Sampai
PIN adsense sendiri tersemat pada bagian dalam surat yang dikirimkan, setelah itu kita perlu memasukkan kode unik didalamnya untuk melanjutkan proses verifikasi didasboard Google Adsense.

Setelah saldo pada dasboard pada web Adsense sudah menunjukan lebih dari 10$, atau senilai Rp. 130.000 an. Maka biasanya, tidak butuh waktu lama, maka ada peringatan notifikasi untuk kita memverifikasi alamat. Namun apabila belum juga muncul notifikasi nya saat saldo pembayaran sudah lebih dari Rp. 130.000, kalian tunggu saja dan fokus untuk menulis saja, nanti pasti ada kok!. Dari pengalaman admin sendiri, notifikasi ini muncul pada dasboard Adsense setelah saldo menunjukan Rp. 157.000 an.

Apabila ternyata sudah muncul, silahkan kalian segera meminta untuk pengajuan verifikasi alamat. Dan tunggu sampai surat yang dikirimkan sampai kerumah atau alamat yang dituju. Cara meminta dan mendapatkan pin dari Google Adsense ini cukup mudah, kalian tinggal tap notifikasi yang muncul pada dasboard Adsense, setelah itu kalian tinggal ikuti perintah yang diberikan.
Pengalaman dan Tips Supaya Tahap Verifikasi Alamat (PIN) Google Adsense Cepat Sampai
Untuk durasi waktu pengiriman untuk sampai kerumah surat yang berisi PIN Adsense ini cukup beragam, dari pengalaman yang sudah saya baca ini ada yang cuma beberapa minggu, 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, bahkan ada yang tidak kunjung sampai.

Untuk pengalaman saya sendiri, pada pengajuan yang pertama kalinya pada tanggal 8 April 2020. Nah saya pun menunggu surat tersebut tiba dirumah, sambil membaca-baca pengalaman yang dialami oleh blogger lainnya diluar sana. Dan tibalah PIN tersebut ke-alamat rumah saya, yang diantarkan oleh pak pos, tepatnya pada tanggal 29 April 2020. Sekitar tiga mingguan lah ya, untuk PIN ini sampai kerumah. Entah terhitung cepat, ataupun lama untuk sampai, soalnya baru pertama kali ini pengalaman saya dalam mengajukan verifikasi PIN.

Saya pun kaget, kenapa ada pak pos, soalnya pikiran saya juga sudah lupa juga mengenai PIN adsense yang sudah saya ajukan. 

Ada suara motor, sepertinya dari petugas pos. Setelah menyetandarkan motor, pak pos tersebut tiba-tiba bilang. "dengan Ari W*****?". (Soalnya pada saat memverifikasi identitas memakai ktp kakak perempuan saya).

Kakak saya pun menjawab "iya betul pak"

"Mbak e YouTuber ya!" Begitulah yang dikatakan pak pos. Sontak kakak saya pun kaget, disebelahnya juga ada bapak saya, jadi ikut kaget juga. 🤣

Soalnya saat saya memverifikasi dan mengisi nama identitas, saya tidak bilang-bilang kalau memakai KTP miliknya. 

Pada saat itu, saya berada didalam rumah (lagi mengerjakan ulangan harian dirumah).

"Ini mbak ada kiriman dari Google Adsense, untuk mbaknya" begitulah ucap pak pos. Kakak saya pun berpikir dan mengingat "Owalah, ini punyanya adek pak,". Setelah itu, saya pun menemui pak pos, karena mendengarkan pembicaraan tadi. Dan kemudian dilanjutkan dengan pembicaraan yang cukup panjang. 

Hehehe...

Pihak Google Adsense sendiri hanya memberikan 3x kesempatan saja, setelah percobaan ketiga gagal masih ada kesempatan untuk kita memverifikasikannya dengan kartu identitas, seperti KTP. Apabila ternyata juga gagal, kita perlu mengulangnya dari awal kembali dengan saldo yang sudah kita kumpulkan selama ini lenyap.

Oleh karena itu, kalian tidak boleh main-main dalam mengisikan alamat pengiriman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan, supaya PIN yang berguna untuk memverifikasikan alamat ini cepat datang.

Tips Supaya PIN Google Adsense Cepat Datang


Kunci dari cepat atau lambatnya proses sampainya surat yang dikirimkan oleh Google Adsense ini sebenarnya terletak dari alamat yang diisi publisher. Semisal wilayahnya cukup jauh dari perkotaan, bisa saja waktu pengirimannya jadi lebih lama. Selain itu, yang perlu kita perhatikan adalah pada saat kita mengisikan nama yang kita isi, serta alamat yang dituju.
Pengalaman dan Tips Supaya Tahap Verifikasi Alamat (PIN) Google Adsense Cepat Sampai
Dari beberapa kasus yang pernah dibagikan pengalamannya digrup Facebook, ada beberapa rekan yang memang tidak kunjung datang, karena alamat yang dituliskan ini tidak benar. Sehingga surat pun jadi lama sampainya.

Oleh karena itu, kalian perlu memastikan bahwa alamat yang kalian isikan adalah benar, jelas, serta penulisannya lengkap disertai RT RW kode POS. Intinya ditulis selengkap mungkin, seperti di KTP misalnya. Bisa juga kita tuliskan dengan nomor Hp, sehingga apabila pak pos nantinya mau mengirimkan surat milikmu tersebut, apabila petugas pos merasa kesulitan saat mencari alamat kalian, ataupun semisal ada halangan, teman-teman bisa menjemputnya mandiri ke kantor pos didaerahmu.

Penutup
Oke, mungkin hanya sampai disini pembahasan kita kali ini mengenai pengalaman serta tips untuk memverifikasi alamat alias PIN di Google Adsense. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, teman-teman bisa tuliskan dikolom komentar dibawah.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Pengalaman dan Tips Verifikasi Alamat (PIN) Google Adsense Cepat Sampai"