Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Hp yang Tidak Stabil dengan Mudah

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Jaringan Hp yang Tidak Stabil dengan Mudah
Cara Mengatasi Jaringan Hp yang Tidak Stabil dengan Mudah - Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone yakni internetan. Hal ini kerap sekali dilakukan orang ketika mereka sedang bosan, atau sedang ingin mencari sebuah informasi.

Saat ini sarana internetan tidak lagi terganggu, karena dengan perkembangan internet yang semakin hari semakin canggih membuat akses internet tidak lagi terganggu. Dahulu jika kita ingin mencari sebuah informasi, kita membutuhkan buku-buku untuk memperoleh berbagai informasi. Namun sekarang tidak lagi, sekarang kamu dapat memperoleh informasi tersebut hanya dengan mencarinya di Internet.

Tetapi, ada waktunya ketika kita sedang browsing, membuka sosial media, atau sedang chat dengan orang lain, seringkali kita dihadapkan oleh masalah koneksi internet yang tidak menentu alias tidak stabil, membuat kita kesal dan jengkel. Bahkan saking kesalnya ada yang sampai membanting hp nya. Terdapat beberapa penyebab sinyal hp tidak stabil.

Memang masalah ini terlihat sepele. Koneksi internet yang tidak stabil seringkali membuat sulit penggunanya ketika sedang kirim SMS ataupun menelepon. Jika permasalahan ini sering sobat alami, tentunya membuat kita emosi. Komunikasi yang kamu lakukan menjadi terhambat dan HP canggih yang kamu pakai seakan menjadi tidak berguna.

Bagi kalian yang sering mengalami masalah di atas, kali ini Davar Pedia akan memberikan tips untuk kamu cara membuat sinyal hp kuat dan juga stabil. Baiklah jika kalian ingin tahu apa saja tipsnya, kalian simak baik-baik tipsnya dibawah ini.

7 Tips Cara Memperbaiki Jaringan yang Tidak Stabil


1. Bijak dalam Memilih Operator

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Masalah sinyal tidak stabil bisa saja disebabkan oleh operator yang kalian gunakan. Biasanya orang menganggap koneksi yang tidak stabil hanya disebabkan oleh komponen hardware HP. Oleh karena itu, sebaiknya ketika hendak membeli kartu sim, ketahui terlebih dahulu operator mana yang cocok dan stabil di daerah kamu masing-masing. Agar ketika dipasang di hp, menghasilkan kekuatan sinyal cepat dan stabil.

2. Ubah Cara Memegang HP

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Kebiasaan dalam memegang HP saat menelepon bisa mempengaruhi kualitas sinyal. Biasanya orang tidak sadar tangannya telah menutupi antena di ponsel miliknya, dan menyebabkan penerimaan sinyal menjadi terganggu. Oleh karena itu sobat perlu ketahui dimana letak antena di HP kamu. Dan jangan lupa menghilangkan kebiasaan buruk kamu dalam memegang HP, agar koneksi internet kamu lebih cepat dan stabil.

3. Reboot HP

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Cara ketiga ini cukup ampuh. Caranya sobat matikan ulang atau reboot HP kamu, setelah itu biarkan HP kamu menyala, dan kemudian biarkan sebentar, lalu cobalah nyalakan koneksi data kamu. Cara ini bertujuan membuat HP-mu mencari frekuensi sinyal yang lebih kuat supaya terhubung kembali.

4. Aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Tips yang ke empat ini bisa kamu coba untuk mengatasi sinyal yang tidak stabil. Yaitu dengan cara aktifkan Airplane Mode beberapa saat setelah itu matikan Airplane Mode. Selanjutnya kalian tunggu sampai sinyal berjalan dengan normal lagi. Tips ini bertujuan supaya mengembalikan sinyal agar stabil seperti sediakala.

5. Charger HP

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Biasanya sinyal tidak stabil juga disebabkan oleh baterai lemah, karena disaat baterai kamu lemah, ini akan menyalakan fitur hemat daya secara otomatis. Sebagai dampaknya sinyal HP kamu menjadi lemah, karena untuk mengurangi pemakaian daya smartphone mu.

Sebagai saran, cobalah isi baterai HP kamu sampai penuh. Lalu, matikan fitur battery saving tersebut sebelum menggunakan HP kamu.

6. Manfaatkan Wi-Fi

7 Tips Mengatasi Sinyal HP Tidak Stabil

Jika cara di atas tidak berhasil, cara ke enam ini juga cukup ampuh dalam mengatasi sinyal tidak stabil. Jika sekirannya sinyal kamu tidak stabil cobalah kamu memanfaatkan Wi-Fi untuk berkomunikasi atau untuk berinternetan.

7. Setting Jaringan

Tips terakhir ini bisa kamu coba praktekan untuk membuat sinyal kamu menjadi lebih stabil.

Trik Pertama

  1. Buka menu speed dial kemudian ketik kode *#*#4636#*#*, akan masuk secara otomatis ke sistem Android. Jika ponsel Anda mengadopsi Dual SIM, pilihlah informasi telepon sim 1 atau sim 2 yang digunakan untuk berlangganan internet.
  2. Selanjutnya di layar HP maka akan muncul tampilan informasi seperti halnya : Usage Statistic, Phone information, Wi-Fi information, Battery Information. Setelah itu pilih “Phone information”
  3. Dalam menu Phone Information maka akan muncul semua informasi mengenai Network, Phone Number IMEI, dan koneksi sinyal yang ada dalam HP Android kalian. Termasuk didalamnya menampilkan informasi koneksi data internet, lokasi, kekuatan sinyal, dan lain sebagainya.
  4. Untuk menguji koneksi jaringan ponsel, coba untuk melakukan “run ping tes”, ini berfungsi untuk mengganti sinyal dari "preffered” menjadi “only” setelah itu pilihlah menu “set preferred network type”, tersedia banyak pilihan yang diinginkan, seperti WCDMA preferred, GSM Only (Edge, GPRS), WCDMA only (HSDPA,HSDPA+, 3G), Global, LTE Only dan lain sebagainya.
  5. Jika menginginkan Koneksi Jaringan Android di HSDPA / 3G maka pilih pengaturan di WCDMA only, begitu juga sebaliknya. Jika kamu berminat menjadikan koneksi internet mu 4G LTE terus, silahkan pilih LTE only. Namun kendala pemilihan LTE Only ini kita tidak akan bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dan SMS. Kemudian Refresh dan tunggulah beberapa saat maka jaringan kita akan diatur ulang.
Terkadang tidak semua smartphone mendukung kode *#*#4636#*#*. Jika smartphone kamu tidak mendukung perintah kode diatas, sebaiknya coba cara dibawah ini.  

Trik Kedua

  1. Buka Pengaturan -> Pengaturan Lainnya -> Jaringan Seluler -> Mode Jaringan -> Selanjutnya maka ada berbagai pilihan, jika kamu ingin mengubah sinyal kamu agar H+ terus silahkan pilih WCDMA only, jika ingin membuat sinyal kamu agar 4G terus silahkan pilih LTE only, namun jika ingin membuat sinyal kamu agar E terus, kalian bisa pilih GSM only.

Kesimpulan :

Dengan menerapkan ke tujuh cara dan tips diatas, diharapkan bisa merubah sinyal kamu menjadi lebih stabil. Ok, demikianlah artikel kali dari saya tentang penyebab dan cara membuat sinyal stabil semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Terimakasih.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Jaringan Hp yang Tidak Stabil dengan Mudah"