Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru

2 Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru
Salah satu fitur pada aplikasi chatting WhatsApp adalah memiliki fitur dimana pengguna bisa mengetahui apabila seseorang sedang online atau tidak, selain itu juga akan ditampilkan waktu pada saat terakhir membuka aplikasi WA.

Namun ada satu kekurangan yang masih belum disematkan, yaitu fitur untuk memberitahu apabila kontak yang dimaksud sedang online meski kita tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp. Sehingga kalian tidak perlu mengecek berulang kali informasi kontak tersebut.

Karena dengan trik kali ini dari Davar Pedia, maka kita bisa mengetahui seseorang apabila sewaktu-waktu online tanpa perlu mengecek kontak secara berkala. Nah untuk tutorial kali ini masih menggunakan aplikasi pihak ketiga ya, jadi ini bukan merupakan fitur bawaan yang disediakan pada aplikasi WhatsApp resmi.

Cara ini juga bisa kita gunakan untuk mengetahui teman sedang online, terutama bagi yang menonaktifkan fitur status online di WhatsApp. Dari fitur ini membuat orang lain tidak bisa melihat kapan kontak terakhir dilihat. Biasanya karena privasi atau memang saat itu orang tersebut tidak ingin diganggu.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana caranya, baik langsung saja teman-teman dapat simak tutorialnya sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru

  1. Langkah pertama download dan instal terlebih dahulu aplikasi WhatsOnTracker pada Hp kalian. Apabila sudah berhasil terinstal, langsung saja kita buka aplikasinya.
  2. Apabila muncul perizinan aplikasi, centang pada opsi Agree, kemudian tap Accept untuk melanjutkan.
  3. Berikutnya untuk menggunakan aplikasi ini, kita tap pada Ikon (+) alias tambah pada bagian pojok kanan atas untuk menambahkan kontak WA sebagai target.
    Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru
  4. Kemudian pilih opsi WhatsApp, lalu kita masukkan nomor WA teman atau salah satu dari daftar kontak-mu. Sebelum itu kita pilih kode negara (+62) untuk Indonesia, setelah itu dilanjutkan dengan nomor dibelakang angka 0.
    Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru
  5. Langkah selanjutnya kita tambahkan nama supaya bisa dengan mudah menandai dan mengetahui nama dari kontak yang sedang online. Sedangkan apabila merasa sudah tidak diperlukan, kalian bisa mematikannya dengan menggeser saklar berwarna biru menjadi OFF
    Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru
  6. Maka apabila sewaktu-waktu salah satu dari kontak yang sudah kalian tambahkan, maka akan ditampilkan notifikasi bahwa kontak dalam WhatsApp tersebut online alias sedang menggunakan WhatsApp, meskipun sedang offline hingga pada saat kita tidak sedang membuka aplikasi WA sekalipun.
    Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru

Cara Mengaktifkan dan Menampilkan Fitur Toast Online di Aplikasi WhatsApp

Berbeda dengan cara sebelumnya yang dapat terlihat meski tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp. Nah pada cara yang kedua ini kalian bisa memanfaatkan fitur yang bernama Toast Online pada aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi. Jadi apabila kalian berkeinginan untuk memakai cara ini, teman-teman perlu menginstal GBWhatsApp terlebih dahulu di Hp kalian.

Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa itu fitur toast online, kami akan coba jelaskan secara singkat.

Toast Online ini merupakan fitur dimana fitur yang berguna untuk mengetahui seseorang sedang online atau membuka aplikasi WhatsApp. Yaitu kita akan diberikan pemberitahuan yang muncul pada saat kita membuka aplikasi WhatsApp, tanpa perlu melihatnya melalui profil kontak tersebut untuk mengetahui apakah seseorang sedang online.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, berikut akan kami paparkan langkah-langkahnya.

1. Sebab fitur ini masih belum tersedia di aplikasi WhatsApp original, disini kita akan menggunakan GB WhatsApp yang merupakan salah satu aplikasi WA yang sudah dimodifikasi dengan penambahan beberapa fitur menarik. Apabila teman-teman belum menginstalnya, kalian bisa download aplikasi GB WA terbaru disini.
2. Jangan lupa backup data chat di aplikasi WhatsApp original, agar pesan serta media tidak hilang nantinya ketika kita menggunakan GB WA. Dan restore pada aplikasi GB WA dengan akun Google sebelumya.
3. Maka pada halaman depan aplikasi GB WhatsApp seperti dibawah ini, selanjutnya tap pada ikon titik tiga, kemudian pilih opsi Pengaturan GB.
Cara Mengaktifkan dan Menampilkan Fitur Toast Online di Aplikasi WhatsApp
4. Pada menu ini, kita bisa menemukan banyak sekali fitur yang masih belum disematkan pada WA resmi yang bisa kita gunakan. Lalu tap pada menu 2 Beranda/Latar Percakapan.
5. Kemudian kalian temukan dan buka pada menu 2.5 Toast Kontak Online. Nah pada menu ini kita bisa menemukan beberapa opsi yang beragam pada fitur toast online, diantaranya adalah:
  • Tampilkan toast kontak online memiliki fungsi agar ditampilkan tulisan online ketika seseorang dengan membuka WhatsApp
  • Toast ubah foto profil kontak yaitu agar diberikan notifikasi pada saat seseorang dari kontak WhatsApp mengubah foto profil.
  • Dan terakhir toast story berguna untk mengetahui seseorang melihat story alias cerita yang sudah kita buat.
Disini karena kita akan mengaktifkan fitur toast online pada saat seseorang sedang membuka WhatsApp, kita centang pada opsi "Tampilkan toast kontak online."
Cara Mengaktifkan dan Menampilkan Fitur Toast Online di Aplikasi WhatsApp
6. Selesai, dengan dilakukan hal ini maka nantinya akan diberikan pemberitahuan pada saat seseorang dari daftar kontak WhatsApp sedang online.

Hal yang perlu diperhatikan, disini ada 2 ketentuan dalam penggunaan fitur ini. Yakni kita perlu membuka aplikasi WhatsApp agar mendapat pemberitahuan pada WA, serta kontak yang akan ditampilkan notifikasi hanya daftar kontak yang sudah pernah terjadi percakapan alias chat saja.

Nah itulah tutorial cara menampilkan pemberitahuan pada saat seseorang online di aplikasi WhatsApp. Kedua cara diatas, tema-teman bisa memilih mana yang lebih praktis dan ingin kalian gunakan. Baik cukup sampai disini tutorial kali ini dari kami. Apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

Posting Komentar untuk "2 Cara Mendapatkan Notifikasi Ketika Seseorang Online di WhatsApp Terbaru"