Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Pulsa di Google Play Store

Apabila kita ingin membeli sebuah aplikasi ataupun berlangganan sebuah konten melalui Google Play Store, saat ini tersedia berbagai macam metode pembayaran yang dapat kita pilih. Mulai dari pembayaran via kartu kredit, saldo Google Play, Alfamart, GOPay dan ada juga via pulsa.

Untuk saya sendiri, dalam memilih metode pembayaran di Google Play Store ini saya suka menggunakan pulsa sebagai metode pembayarannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, apabila melalui Alfamart karena saya tidak perlu pergi ke gerai untuk membeli kode Google Play, selain itu apabila menggunakan GOPay tidak dipilih karena tidak memiliki saldonya sehingga saya lebih memilih via pulsa karena di dekat tempat tinggal admin pun dekat dengan penjual pulsa. 

Mungkin dari sebagian teman-teman merasakan hal yang sama, sehingga lebih memilih metode pembayaran menggunakan pulsa sebagai alat untuk membeli aplikasi premium ataupun konten yang melewati Google Play Store.

Namun hal yang mungkin saja pernah teman-teman alami termasuk saya sendiri adalah ketika mau menambahkan metode pembayaran melalui pulsa ini, pada menu pilihan metode pembayaran tidak ada opsi menu untuk menambahkan pembayaran melalui pulsa sesuai dengan kartu prabayar yang saya gunakan saat ini.

Waktu itu saya menggunakan kartu Axis, namun pada aplikasi Google Play Store hanya disediakan opsi pilihan untuk kartu Telkomsel saja. Sehingga saya pun cukup bingung dengan hal ini, namun setelah saya coba mengulik informasi belum juga ketemu, saya pun malah tambah bingung. 

Berbagai upaya sudah saya lakukan, tetapi masih juga belum membuahkan hasil. Pada Google Play Store belum juga tersedia metode pembayaran via pulsa sesuai operator yang saat itu saya gunakan. Mulai dari mencopot kartu sim ke 2, sehingga hanya saya pasang satu kartu saja pada slot kartu sim 1. Karena menurut informasi yang saya cari sebelumnya, hal ini bisa menyelesaikan masalah namun nyatanya belum juga berhasil.

Setelah lika-liku yang dirasa cukup panjang, dan akhirnya berhasil juga untuk menambahkan pulsa sebagai metode pembayaran di Google Play Store sesuai provider yang saya gunakan.
Cara Menambah Metode Pembayaran di Play Store dengan Pulsa
Nah apabila teman-teman mengalami masalah yang sama, pada kesempatan kali ini Davar Pedia akan membagikan tutorial kepada teman-teman cara mengatasi metode pembayaran pulsa tidak tersedia dan langkah untuk menambahkan metode pembayaran di Google Play Store via Pulsa. Oke tanpa berbasa-basi, selengkapnya teman-tekan dapat simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Pulsa di Google Play Store Tidak Tersedia

Apabila kalian juga mengalami hal serupa, yaitu tidak tersedia menu pilihan metode pembayaran via pulsa, teman-teman dapat simak tips supaya menambahkan metode pembayaran di google play store berhasil sebagai berikut.


  1. Langkah pertama silahkan kalian ubah provider nomor hp yang kalian gunakan untuk metode pembayaran di Play Store saat ini ke slot sim 1 di hp kalian.
  2. Selanjutnya ubah setelan pesan teks dan panggilan di ponsel menjadi kartu sim 1.
  3. Silahkan hapus cache dan data aplikasi Google Play Store melalui menu pengaturan pada perangkat.
  4. Pastikan kalian sudah mengizinkan aplikasi Google Play Store dapat mengirimkan pesan dan panggilan melalui menu pengaturan, caranya buka setting atau pengaturan >> pilih menu aplikasi >> pilih pada aplikasi Google Play Store >> buka menu perizinan aplikasi >> apabila izin sms dan telepon ini mati, silahkan Aktifkan, apabila sudah aktif kalian biarkan saja dan bisa melanjutkan langkah-langkah cara menambah metode pembayaran di Play Store dengan pulsa dibawah ini.

Cara Menambah Metode Pembayaran di Google Play Store via Pulsa


1. Apabila langkah-langkah di atas sudah kalian lakukan, langkah selanjutnya buka aplikasi Google Play Store.
2. Tap ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas layar.
3. Selanjutnya buka menu metode pembayaran.
Cara Menambahkan Metode Pembayaran Pulsa di Google Play Store
3. Pilih metode pembayaran via pulsa sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini, kemudian isikan nomor hp pada kolom yang tersedia. Setelah itu tunggu sebentar sampai proses selesai. Google Play Store akan mengirimkan sebuah kode ke nomor hp yang kalian isikan. Apabila sudah muncul pesan berupa kode untuk verifikasi dari Play Store, silahkan segera isikan pada kolom kode verifikasi yang tersedia.
4. Setelah itu apabila sudah selesai, maka proses penambahan metode pembayaran via pulsa di Google Play Store sudah berhasil. 
5. Terakhir kalian bisa melakukan pembayaran terhadap konten yang ingin kalian beli seperti biasa, dan sekarang sudah bisa memilih metode pembayaran via pulsa yang semula tidak ada.
Cara Menambahkan Metode Pembayaran Pulsa di Google Play Store

Setelah saya lakukan trik di atas, dan ternyata alhamdulillah metode pembayaran via pulsa dari kartu Axis milik saya sudah muncul pada menu metode pembayaran di Google Play Store. 

Apabila masih kurang jelas, teman-teman bisa simak video tutorialnya sebagai berikut.

Itulah dia tutorial cara menambahkan metode pembayaran di Google Play Store menggunakan pulsa, serta tips dan trik supaya opsi pembayaran dengan pulsa bisa muncul sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami berikan pada tutorial kali ini, apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan di kolom komentar dibawah.
David Ardianto
David Ardianto Senang berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama, khususnya seputar games, tips & trik, gadget, teknologi, serta otomotif. Dan berharap ridho dari Allah

10 komentar untuk "Cara Menambahkan Metode Pembayaran Pulsa di Google Play Store"

  1. Wah, pengetahuan baru bagi saya. Bintangin dulu ini informasinya. Pas mau coba balik lagi ke sini, buat mengikuti instruksinya pelan-pelan. Terima kasih kakak. Nice info.

    BalasHapus
  2. Terkadang top up di playstore untuk beli item game sedikit lebih mahal tetapi untuk membeli hal lain seperti ebook cukup membantu. Ada org yang suka dgn buku cetak ada pula buku digital. Siap-siap minus hehe

    BalasHapus
  3. Saya pernah membeli di google play books, pembayaran juga pakai pulsa. Mudah sekali mirip yang dijelaskan artikel ini. Tkyou kakak :D

    BalasHapus
  4. Oh begitu cara top up menggunakan pulsa di google playstore, saya kira tidak malah ribet dengan menggunakan pulsa tetapi tidak juga ternyata

    BalasHapus
  5. Wah ilmu baru ini.. Jadi tahu bagaimana cara menambahkan metode pembayaran di Google Play Store menggunakan pulsa. terimakasih gan informasinya
    Terbaik..

    BalasHapus
  6. tapi saya lebih suka lewat gopay karena pulsa kadang tidak mencukupi haha. Biasanya untuk beli google play books kalau untuk game jarang.

    BalasHapus
  7. Baru tau ane broo mantapp lanjutkann

    BalasHapus
  8. Baru tau saya. He He He. Thank infonya nanti di coba

    BalasHapus
  9. Saya sudah lama pakai pembayaran via gopay di google play sangat memudahkan kita kalau mau membeli aplikasi berbayar

    BalasHapus
  10. Untuk yang belom punya akun-akun emoney cara ini bakal lebih gampang dan gak bikin ribet :)

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar, asalkan sopan dan tidak spam